Connect with us

Hi, what are you looking for?

Culture

Kelebihan dan Kekurangan Alat Tenun Tradisional serta Cara Penggunaannya

Kelebihan Dan Kekurangan Alat Tenun

Indonesia memiliki banyak jenis kain yang indah dan salah satunya adalah kain tenun yang dibuat dengan alat khusus. Penggunaan alat tenun tradisional atau gedogan sudah ada sejak lama dan banyak kain yang memiliki motif indah, ada juga Kelebihan Dan Kekurangan Alat Tenun Tradisional. Penggunaan kain ini bisa untuk berbagai macam kebutuhan, salah satu yang terbanyak adalah terbuatnya sarung.

Kelebihan Membuat Tenun dengan Gedogan

Kelebihan Dan Kekurangan Alat Tenun Tradisional
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Selain di Indonesia banyak negara lain yang melakukan kegiatan tenun kain ini salah satunya India. Warga sana dikenal dengan perayaan yang selalu dirayakan besar-besaran. Menggunakan kain tenun dengan motif indah tersebut dapat digunakan sebagai pajangan atau dikenakan. Disana juga menggunakan alat tradisional untuk melindungi kelestarian lingkungan.

Sebelumnya ada beberapa jenis alat tenun untuk menghasilkan kain yang indah dan salah satunya penggunaan tradisional. Menggunakan gedogan akan memakan waktu untuk menjadi sehelai kain karena harus digerakkan oleh tenaga manusia. Hasil dari waktu pembuatannya yang cukup lama akan terbalas dengan kualitas dan kelebihan lainnya, berikut ini:

1. Lebih Tahan Lama

Hasil tenunan menggunakan alat tradisional membuat kain yang digunakan akan lebih tahan lama. Membuat sehelai kain membuat kemampuan yang handal dan sudah berpengalaman. Namun kain tenun yang tahan lama harus didapatkan dalam waktu yang cukup lama. Setiap helai benang akan diperhatikan dengan baik sehingga tidak mudah robek.

2. Varian Motif yang Banyak

Pembuatan kain tenun dengan alat tradisional lebih banyak memiliki varian motif yang tidak serupa satu sama lain. Setiap kain yang ditenun memiliki makna motif yang berbeda dari pembuat kain tersebut. Akan sangat indah jika memiliki banyak varian motif sehingga dapat dimodelkan menjadi pakaian atau bawahan.

3. Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

Pembuatan secara tradisional membutuhkan ketelitian sehingga memakan banyak waktu, namun hal ini menghasilkan nilai estetik yang tinggi. Dengan nilai estetika tersebut membuat harganya lebih mahal. Akan sangat terlihat hasil dari pembuatan menggunakan gedogan lebih baik dan banyak yang menawar dengan harga tinggi.

Baca juga:  Alat Musik Tradisional Beserta Asalnya

4. Banyak Fungsinya

bisa digunakan sesuai kebutuhan pemilik dengan pandai mengaturnya. Seperti membuatnya menjadi pakaian atau bawahan yang dapat di ubah-ubah modelnya. Merubahnya menjadi fashion sangat cocok digunakan bagi pecinta kain tenun. Selain itu menjadi bawahan dan jilbab yang dapat dipadukan dengan warna pakaian agar lebih fresh dengan motifnya.

5. Memiliki Kualitas Terbaik

Kualitas yang didapatkan akan lebih tinggi dan membuat kain terlihat sempurna dengan kerapiannya. Menggunakan alat tenun tradisional akan terlihat jelas bagian mana yang rusak sehingga bisa diperbaiki saat itu juga. Pembuatan benang menjadi helaian kain dengan godogan akan menghasilkan daya tahan kuat serta berkualitas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Banyak Diincar

Kain tenun yang terbuat menggunakan alat tradisional banyak dicari oleh banyak kalangan. Tujuannya adalah untuk memperindah diri ketika menggunakannya atau kebutuhan lain sehingga banyak orang yang mencarinya. Setiap berkunjung di daerah yang masih menggunakan alat tenun tradisional maka wisatawan itu akan membeli sebagai oleh-oleh dan juga koleksinya.

7. Memiliki Bahan yang Tebal

Bahan yang dihasilkan akan lebih tebal karena menggunakan alat tradisional dan sedikit mengambil kerusakan benang. Meskipun tidak setebal selimut, jika digunakan menjadi pakaian atau bawahan tidak akan transparan. Benang yang digunakan berbeda dengan benang jahit seperti biasanya yang menghasilkan kain tebal dan lembut.

Kekurangan Menghasilkan Kain dengan Penggunaan Gedogan

Hanya beberapa daerah yang masih membudayakan alat tenun tradisional untuk menghasilkan kain yang indah. Sebagai orang Indonesia harus membudayakannya agar bisa digunakan banyak negara. Kualitas yang dihasilkan tidak membuat rugi pembeli yang banyak mengeluarkan uang untuk selembar kain tersebut.

Selain memiliki kelebihan, gedogan memiliki kekurangan juga dalam penggunaannya bagi pemula maupun profesional. Diketahui penggunaannya sudah ada sejak lama dan ditemukan sebagai salah satu benda prasejarah. Saat ini masih digunakan meskipun hanya beberapa daerah yang masih mempertahankan untuk menggunakannya.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kain tenun yang berkualitas. Jika hanya menggunakan alat ini maka pembeli harus menunggu untuk selembar kain saja. Sangat kurang efisien untuk menghasilkan banyak kain yang dibutuhkan banyak pelanggan. Zaman semakin maju kecepatan dan kecanggihan akan hadir untuk memadai kehidupan saat ini.

Sulit digunakan untuk pemula yang baru mencoba untuk menghasilkan kain yang bagus. Dengan menggunakannya sebagai penghasil kain akan sulit jika memiliki karyawan baru yang tidak mengetahui cara penggunaannya. Hal ini tidak efektif jika harus digunakan untuk menghasilkan kain yang banyak.

Sangat sulit dicari saat ini karena sudah banyak alat lebih canggih untuk menghasilkan kain yang juga berkualitas. Diketahui untuk mendapatkan satu kain membutuhkan waktu yang lama berkisar sebulan. Saat ini kain tersebut banyak diinginkan masyarakat namun produksinya sulit karena waktu dan kecepatan alat.

Cara Penggunaan Alat Tenun Tradisional

Sangat banyak keunikan ketika digunakan dalam pembuatan kain yang indah sehingga dapat menghasilkan motif yang indah. Alat tenun tradisional ini sudah ada sejak lama dan hingga sekarang masih digunakan. Menggunakan alat ini akan membutuhkan waktu yang lama dalam membuat kain. Bentuk dari alat ini sangat simpel dan berasal dari bambu.

1. Mempelajari Terlebih Dahulu

Selain harus membeli dapat mengunjungi museum atau tempat melakukan pembuatan tenun secara langsung. Disana pemula bisa mempelajarinya dan memperhatikan bagian yang ada beserta fungsinya. Pembelajaran dalam menggunakan alat tenun tradisional akan menjadikan pemuda dan pemudi Indonesia tidak meninggalkan budaya leluhurnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Kaitkan Benang Pada Alat

Penggunaannya terlihat mudah dengan mengaitkan benang di alatnya untuk menghasilkan kain tenun yang bermotif. Helaian yang rusak akan terlihat dengan jelas sehingga dapat dibentuk dengan rapi dan juga indah. Orang yang menggunakannya memiliki ketelitian dan juga kemampuan dalam menghasilkan kain yang indah.

3. Latihan Pembuatan Kain Kecil

Sebelum pemula mempelajari lebih jauh maka dapat dilanjutkan dengan latihan membuat kain yang kecil terlebih dahulu. Dengan praktek pembuatan tenun akan menambah kemampuan menenun yang baik. Pelajari pembuatan motif sesuai yang diinginkan sehingga menghasilkan banyak kain dengan motif terbaik.

Diketahui cara menggunakannya ini cukup lama dalam menghasilkan sehelai tenun. Ada banyak orang menginginkannya karena pembuatan berasal dari gedogan. Kesulitan dan hasilnya membuat nilai harga jual dari kain ini sangat fantastis, hal ini terbayarkan bagi pembuat kain tersebut.

Saat ini alat tenun tersebut masih banyak dijual untuk yang menginginkannya. Sangat mudah dicari baik di toko online dan juga offline dengan harga yang bervarian. Pengguna alat tersebut akan membelinya agar bisa menghasilkan kain yang dibuatnya sendiri. Dengan membuka bisnis tersebut akan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan.

Itulah kelebihan dari alat tenun tradisional dan cara menggunakannya yang cukup sulit bagi pemula. Hasil yang didapatkan lebih memiliki kualitas dan daya tahannya lebih baik dibandingkan dengan menggunakan mesin. Selain itu kain ini akan terlihat rapi karena diperhatikan setiap helai dalam pembuatannya yang cukup lama.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...