Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Kenali Kemampuan Anak Usia 2 Tahun Ini, Jangan Sampai Ada yang Terlewat

Kenali Kemampuan Anak

Punya anak di usia golden age memang harus memperhatikan tumbuh kembangnya dengan baik. Di setiap usia anak pasti mengalami tumbuh dan berkembang yang berbeda. Tingkatan perkembangan anak-anak sudah pasti akan naik. Semakin bertambah usia semakin pintar si anak. Kenali Kemampuan anak usia 2 tahun dengan usia di bawah atau di atas tentu berbeda.

Nah, di sini akan diulas apa saja kemampuan anak usia 2 tahun. Hal-hal berikut ini harus diperhatikan dengan baik oleh orang tua. Memantau tumbuh dan kembang anak sangat lah penting:

Kenali Kemampuan Anak Usia 2 Tahun Ini

Kenali Kemampuan Anak
Gambar oleh Bessi dari Pixabay

1. Kemampuan Motorik

Kemampuan yang pertama adalah kemampuan motorik atau keterampilan dalam gerakan. Anak usia 2 tahun normalnya sudah bisa melakukan gerakan menendang, berdiri, berjinjit, naik turun tangga, melempar, dan juga membawa mainan dengan ukuran yang besar.

Dalam bermain anak usia 2 tahun secara alami akan mengalami peningkatan keterampilan bergerak. Tentu saja hal ini masih butuh dampingan orang tua agar anak tidak sampai cedera apalagi saat bermain di luar rumah. Perbanyak bermain di taman bermain atau alam sekitar agar anak bisa lebih terstimulasi mengembangkan kemampuan motoriknya.

2. Kemampuan Bicara

Untuk anak usia 2 tahun dalam berbicara idealnya sudah bisa menyebutkan nama benda di sekitar balita. Mengenali nama anggota keluarga anak, dan mulai berbicara dengan 2 hingga 4 kata. Anak usia 2 tahun memang sangat cocok diajari berbicara karena memang inilah usia anak menirukan ucapan orang lain.

Anak-anak juga sudah bisa mengerti perintah sederhana dari orang di sekitar. Namun, tentu hal tersebut bukan patokan. Jika belum semua terpenuhi di usia 2 tahun jangan panik. Kemampuan berbicara pada setiap anak berbeda-beda. Yang penting sering-seringlah mengajak bicara anak, membacakan buku atau dongeng agar bisa menaikkan kemampuan bicara anak itu sendiri.

3. Kemampuan Bersosialisasi

Anak usia di bawah 5 tahun khususnya anak 2 tahun belum mengenal konsep berbagi. Jadi jika anak di usia ini tidak mau berbagi mainannya dengan anak lain itu adalah hal yang sangat wajar. Jangan sampai dimarahi, coba alihkan saja perhatiannya.

Namun disisi lain, di usia 2 tahun anak sudah mulai memperlihatkan kemandiriannya. Anak kecil juga sedang suka meniru setiap perbuatan orang tua, serta sudah bisa menolak kepada hal-hal yang anak tidak suka.

Di masa ini akan ada fase tantrum. Fase dimana anak akan menangis terus-menerus jika ada yang tidak sesuai dengan keinginannya. Itu adalah tahapan anak untuk menjadi lebih mandiri dan belajar batasan yang berlaku untuk anak itu sendiri. Hal ini termasuk dalam perkembangan emosi pada anak usia 2 tahun.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap

4. Kemampuan Berpikir

Di usia ini anak yang sudah mengenal benda di sekitarnya, sudah bisa mengerti perintah sederhana, menggunakan cara berpikir anak sudah berkembang dengan baik. Dalam situasi ini anak pun sudah mampu berhitung bahkan melakukan instruksi ganda dalam satu waktu.

Anak juga sudah mengerti atau mulai mengenal waktu. Kapan saatnya mandi, tidur, dan sikat gigi anak sudah paham di usia ini.

5. Kemampuan Berbahasa

Melihat anak yang sudah mengalami perkembangan dalam pola berpikir, tandanya anak sudah bisa membuat kalimat saat ia berbicara. Kosa kata yang semakin banyak membuat anak sudah bisa membuat satu kalimat penuh. Tandanya adalah anak sudah mengerti perintah dan melaksanakan perintah tersebut dengan benar dan selesai.

Nah, itulah kemampuan anak usia 2 tahun jika dilihat secara ideal. Namun tentu saja ini semua tidak bisa dijadikan patokan sebab tumbuh dan kembang setiap anak itu unik dan berbeda satu dengan yang lain.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...