8 Tips Menulis SEO Dan Konten Artikel Online

Konten Artikel Online

Konten Artikel Online yang berkualitas akan membantu situs web untuk mendapatkan trafik, dengan penulisan SEO akan lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur atau mesin pencarian.

Jika kita sering membaca artikel di suatu situs web yang dapat ditemukan melalui pengetikan kata kunci, artikel tersebut ditulis menggunakan tehnik SEO.

Menggunakan anchor text secara khusus sesuai dengan tema situs tersebut, dengan tujuan mengenalkan situs webkepada para pembaca dan calon pembaca yang dalam pencarian.

Apa itu SEO?

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah proses mengoptimalkan situs web dan halaman web Anda untuk mendapatkan lalu lintas gratis dan organik dari mesin pencari seperti Google.

Misalnya ketika kita mencari referensi mengenai konten artikel online

Saya mencari penulis konten artikel online berkualitas bagus tapi murah, dan saya ingin mencari inspirasi dari jajak pendapat informasi Google yang luas. Saya akan mengetik di bilah pencarian “artikel online” berkualitas Jakarta’. 

Jika ada web penulis konten artikel online di wilayah Jakarta yang memperhatikan desain situs web mereka dan konten yang sesuai dengan aturan SEO, situs web tersebut akan muncul tinggi di halaman hasil pencarian.

Beberapa web yang menjualan jasa menulis artikel online, cenderung memiliki kriteria dari A sampai Z kualitas penulis yang berarti juga berpengaruh pada hasil tulisannya.

Mengapa SEO itu penting?

Orang mencari informasi di berbagai mesin pencari sepanjang waktu. Sangat berharga bagi sebuah situs web untuk mendapatkan lalu lintas spesifik ini. 

Untuk situs web mana pun yang memiliki banyak artikel dari penulis yang berbeda, penulis konten perlu mengingat bahwa jika situs web tersebut muncul di peringkat atas dalam hasil pencarian, konten mereka akan lebih banyak dibaca, dibagikan lebih banyak, dan pada gilirannya, memiliki reputasi yang lebih baik. 

Ini memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dan membantu menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah mereka, dan menjadi sumber tepercaya bagi mereka.

Menulis Artikel Online dengan Mudah

SEO tidak terbatas pada pembuatan konten artikel online, namun beberapa poin di bawah ini dapat membantu memposisikan situs web dan konten di dalamnya untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di berbagai mesin pencari, salah satu yang paling penting adalah Google.

1. Perhatikan kata kunci

Anda dapat menyiapkan kata kunci dalam bidang keahlian Anda, yang menyertakan kata kunci dan frasa teratas yang dicari orang. Pentingnya memahami target pembaca dan kata-kata serta frasa yang mereka cari. 

Untuk mengetahuinya, Anda bisa bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti:

  • Apa minat mereka?
  • Bagaimana saya memecahkan masalah mereka?
  • Apa bahasa pilihan mereka, perangkat yang mereka gunakan, dll…?
  • Siapa pesaing Anda? (Situs web serupa, penulis serupa, dll.)

Ada banyak alat online untuk membantu Anda memeriksa kata kunci yang sesuai seperti Uber Suggest, WordStream, Google Trends, dan SEM Rush.

Beberapa tools SEO yang dapat diketemukan ada yang gratis penggunaannya. Ada yang berjangka waktu untuk mengikuti trialnya. Dan ada yang berbayar, untuk yang berbayar tentu lebih lenkap dengan kelas premium dan pro.

2. Pastikan Untuk Memasukkan Kata Kunci Dalam Artikel

Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci Anda dalam judul, pendahuluan, deskripsi meta, slug, dan heading H1 atau H2 pertama. Kumpulan dari kata kunci penting juga disebut frase kunci.

Mesin pencari mempelajari topik artikel/halaman dengan menemukan frasa kunci yang berulang di dalamnya. Karena itu kepadatan kata kunci yang baik akan membantu SEO. Ini berarti Anda harus memasukkan atau menyisipkan frasa kunci Anda secara alami ke dalam tulisan Anda.

Kepadatan frasa kunci yang disarankan adalah antara 0,5% – 3%. Setidaknya konten artikel online yang Anda buat harus benar-benar dikuasai.

Karena segala sesuatunya harus dalam keseimbangan yang baik, tips mudahnya adalah menjaga frasa kunci pada jumlah yang tepat di artikel Anda. Terlalu sedikit dapat merusak peringkat, terlalu banyak juga dapat muncul spam dan mungkin dihukum oleh mesin pencari.

3. Tulislah konten berkualitas tinggi

Saat mempertimbangkan apa yang akan Anda tulis, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 

  • Apa yang dapat saya tawarkan yang tidak dapat diberikan oleh orang lain? 
  • Layanan unik apa yang dapat saya berikan? 
  • Ilmu apa yang bisa saya bagikan?

Jenis konten yang dapat dibagikan:

  • Sesuatu yang memecahkan masalah pembaca
  • Cari tahu apa yang trend dan baru atau yang sedang viral di bidang profesional Anda, dan tambahkan beberapa wawasan atau pendapat Anda mengenai hal tersebut.
  • Membuat orang lain terlihat baik. Wawancarai seseorang yang dianggap ahli dan bagikan kontennya. Orang itu lebih cenderung membagikan dan mempromosikan artikel yang Anda buat.

4. Buat konten cukup panjang untuk dihitung

Mesin pencari lebih suka artikel yang lebih panjang secara umum 600 kata tidak buruk, tetapi jika Anda dapat mencapai 1000 kata atau bahkan lebih, lebih baik lagi. 

Dengan konten yang lebih panjang, Anda akan memberi nilai lebih kepada pembaca Anda, serta membuat mereka bertahan lebih lama di situs web yang Anda asuh. Namun tetap perhatikan kualitas.

5. Judul dan ukuran gambar yang optimal

Mesin pencari perlu ‘membaca’ gambar melalui judul dan memberi peringkat yang sesuai. Pastikan untuk menyertakan frasa kunci misal ; konten artikel online dalam judul gambar.

Ini meningkatkan peringkat gambar ketika pengguna internet mencari gambar menggunakan kata kunci atau frasa terkait.

Contoh sederhana:

Bagaimana orang biasanya menamai gambar: “konten ramah SEO “, “konten artikel online “, dll.

Bagaimana seharusnya judul gambar Anda: “konten-artikel-online” atau “ konten-ramah-SEO-2021″…

Ukuran gambar yang ideal adalah di bawah 70kb. Jika gambar Anda lebih besar, coba gunakan situs kompresi gambar online seperti TinyPNG, TinyJPG, Pengoptimal gambar, WeCompress, EzGif untuk membuatnya lebih kecil. 

Gambar yang lebih kecil membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dimuat, sehingga meningkatkan pengalaman penelusuran pengguna.

6. Pilih tautan berkualitas tinggi

Kuantitas dan kualitas tautan (ke situs web lain) di halaman Anda juga merupakan bagian dari perhitungan algoritma mesin telusur Google.

Mesin pencari lebih memilih situs yang lebih tepercaya seperti Wikipedia, daripada tautan dari blog yang tidak dikenal. 

Artikel dengan sumber tepercaya tentu akan dianggap jauh lebih baik kualitasnya. Dan situs tersebut akan membuat web Anda ikut naik tingkat kepercayaannya dalam pikiran pembaca Anda.

7. Sempurnakan tulisan Anda

Baca lebih banyak artikel berkualitas tinggi dari situs web terkemuka dan latih mata Anda untuk gaya penulisan yang lebih menyenangkan. Cobalah untuk menggunakan paragraf dan kalimat yang singkat dan padat. 

Temukan seseorang yang pandai menulis untuk mengoreksi dan mengedit artikel Anda. Dengan begitu proses Anda dalam memperbaiki akan semakin baik. 

Jika Anda ingin mencari penulis konten artikel online untuk membantu meringankan, Anda bisa dapatkan di Conten Digital.

Jangan lupa untuk terus berlatih setelah mengamati artikel-artikel ‘mahal’ tersebut, ya. Karena walau bagaimanapun, berlatih dengan konsisten adalah kunci untuk sukses.

8. Dukunglah diri Anda sendiri dan promosikan artikel Anda

Menyelesaikan penulisan dan penerbitan seharusnya tidak menjadi akhir dari perhatian Anda terhadap artikel Anda. Pastikan untuk membagikannya dengan teman, mantan kolega, dan siapa pun yang menurut Anda akan tertarik.

Posting di media sosial Anda dan cobalah untuk terlibat dengan audiens Anda. Semakin sering Anda mempromosikan, maka satu persatu orang akan tertarik dan penasaran dengan artikel yang Anda buat.

Last but not least, tidak semua orang ahli dalam menulis online, apalagi dalam SEO. Anda selalu dapat kembali dan membaca tips mudah ini sambil mempersiapkan setiap artikel Anda. Santai saja dan bersenang-senanglah dengan menulis! 

Bagaimana? Menulis konten dengan SEO tidak begitu sulit bukan? Kita harus percaya dan yakin bahwa semua yang kita usahakan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil yang tidak main-main juga.

informasi lainnya : Jasa Content Placement

Selamat menulis dan semangat dalam mempelajari apapun itu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + two =

Scroll to Top