Lifestyle

Makanan super untuk usia lanjut

Bukan rahasia lagi bahwa, seiring bertambahnya usia, tubuh kita mulai rentan. Pekerjaan atau kegiatan favorite yang biasa dilakukan di masa muda, menjadi...

Written by Jeng Susan · 4 min read >
Makanan super untuk usia lanjut

Bukan rahasia lagi bahwa, seiring bertambahnya usia, tubuh kita mulai rentan. Pekerjaan atau kegiatan favorite yang biasa dilakukan di masa muda, menjadi mungkin tidak bisa lagi dilakukan secara berlebihan.

Selain kegiatan fisik, beberapa makanan favorit juga tidak cocok lagi dengan metabolisme tubuh. 

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa pola makanan yang perlu Anda ketahui. Ini berguna untuk perubahan tubuh sesuai usia. Anda bisa memasukannya dalam pola makan baru, untuk memperlambat proses penuaan itu.

Makan makanan seimbang adalah; salah satu solusi terbaik yang dapat Anda lakukan, untuk memperpanjang hidup. Menjaga  Anda tetap sehat dan bugar. Menjalani hari-hari selanjutnya, dalam kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

Ada makan makanan tertentu yang baik untuk Anda di segala usia. Teruntuk bagi Anda yang telah memasuki usia 50 tahun, sebaiknya memilih makanan yang memiliki manfaat khusus. Demi menjaga kesehatan dan tetap energik di usia setengah abad. Penasaran apa saja itu ? silahkan simak beberapa jenis makanan itu dibawah ini.

Berikut ini beberapan jenis,

Makanan super untuk Anda yang berusia 50 tahun keatas.

1. Kacang

Ketika seseorang mendekati usia paruh baya, masalah kesehatan menjadi hal yang paling sering dirasakan. Berbagai keluhan penyakit mulai bermunculan, seperti diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi, mulai meningkat.

Menambahkan kacang ke dalam menu diet harian Anda, adalah cara yang baik untuk menghindari risiko itu . Hanya ¾ cangkir kacang atau lentil setiap hari, mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 5%. Kacang juga dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang yang sudah menderita diabetes.

Ada beragam kacang dan lentil yang bagus, jadi Anda harus dapat menemukan satu atau dua varietas yang sangat Anda sukai.

Mengkonsumsinya dalam keadaan fresh, baru dimasak lebih baik. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa saja mengkonsumsi makanan siap saji kacang kaleng.

Hal yang kemudian harus diperhatikan dan diingat dari konsumsi kacang kaleng adalah mencucinya kembali, dengan air bersih. Sebelum di makan. Karena makanan kaleng mengandung natrium yang sangat tinggi.

2. Oat

Risiko penyakit jantung adalah salah satu gangguan kesehatan yang meningkat, seiring bertambahnya usia. Penyakit jantung sering menyerang mereka yang sudah usia lanjut.

Meskipun kita semua juga tahu, mereka yang masih usia mudapun tidak terhindarkan dari penyakit jantung.

Kesehatan jantung menurun drastis begitu seorang pria mencapai usia 45 tahun. Dan wanita mencapai usia 55 tahun. Oleh karena itu, semakin banyak makanan penurun kolesterol yang dapat Anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari, semakin baik.

Oat salah satu yang sangat bagus untuk ini. Darena jenis serat larut yang disebut beta glukan.

Serat larut mengikat kolesterol, selama proses pencernaan dan membawa kolesterol jahat keluar dari tubuh. Tanpa sempat menempel pada pembuluh arteri.

Konsumsi setidaknya 3 gram beta glukan setiap hari, untuk mengurangi kadar kolesterol total dan LDL 5-10%.

Sama halnya orang yang makan banyak gandum, diketahui memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah, daripada orang yang tidak makan gandum dalam menu makananya.

Oats adalah bahan pokok yang sangat terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak memasukan dalam daftar menu wajib anda mulai saat ini.

3. Apel

Apel adalah salah satu makanan dari jenis buah-buahan. Apel menurunkan risiko diabetes dengan membantu mengatur kadar gula darah. Buah ini mengandung rata-rata 5 gram serat, membantu menurunkan kolesterol.

Apel juga mengandung zat yang disebut quercetin yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah, pada penderita hipertensi.

Apel dikenal sebagai sumber vitamin C, potasium, dan antioksidan yang handal. Pilihlah apel organik untuk hasil yang terbaik.

Jika tidak mendapatkan apel organik, Anda harus benar-benar mencuci bersih kulit buahnya. Sebab kandungan residu peptisida yang menempel dikulit buah, selama masa perawatan sebelum panen, ditengarai cukup tinggi.

4.Kacang-kacangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu ons kacang campuran setiap hari mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sebesar 28%.

Tidak harus kacang campur, kacang jenis kesukaan Anda pun bisa tetap dikonsumsi sperti biasa.

Anda bisa memakan kacang utuh begitu saja setelah dimasak. Anda juga bisa mengolahnya menjadi selai kacang, sebagai toping atau bumbu. Memasukannya sebagai topping sayuran atau salad.

Segenggam kacang-kacangan, dipanggang, sebagai topping renyah, sangat baik untuk salad, sayuran panggang, atau casserole.

5. Sayuran Hijau

Kami sudah banyak berbicara tentang makanan yang meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme Anda, tetapi bagaimana dengan kekuatan otak Anda? Di situlah sayuran berdaun masuk.

Penelitian terbaru telah menentukan bahwa orang yang makan banyak sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, atau collard, dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya, dengan orang yang berusia 11 tahun lebih muda yang jarang mengonsumsi makanan ini.

Satu peringatan adalah bahwa sayuran berdaun hijau tidak bercampur sangat baik dengan Coumadin pengencer darah, jadi bicarakan dengan dokter Anda tentang ukuran porsi yang tepat jika Anda minum obat ini.

6. Berry

Pendorong otak lain yang fantastis termasuk buah beri dari segala jenis. Variasi buah ini tinggi kandungan phytochemical tertentu. Ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak. Juga mengurangi peradangan pada saat yang sama.

Hasilnya adalah penurunan memori yang berkaitan dengan usia menjadi lebih lambat. Dan risiko terkena Alzheimer menjadi lebih rendah. Buah beri juga bagus secara umum. Karena kandungan seratnya yang tinggi serta berbagai vitamin dan mineral.

7. Yogurt 

Jika Anda tidak bisa mendapatkan buah segar sepanjang tahun, yohurt bisa sama baiknya.

Jika sudah memiliki otak dan sistem internal Anda bersenandung karena sehat, sekarang; bagaimana dengan otot Anda?

Jawabannya adalah mendapatkan protein yang cukup. Dan yogurt (terutama varietas Yunani), bisa menjadi sumber yang bagus. Massa tubuh tanpa lemak cenderung menurun pada tahun-tahun berikutnya. Dan penelitian menunjukkan bahwa, penyebaran asupan protein harian sepanjang hari dapat memperlambat proses ini.

Sebagai bonus, yogurt mengandung banyak kalsium, penting untuk menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Wanita di atas 50 dan pria di atas 70, harus memperhatikan asupan kalsium mereka.

8. Wortel

Karena kita berbicara tentang makanan super, mari kita lihat wortel. Inilah sayuran yang dapat bermanfaat bagi setiap bagian tubuh Anda. Terutama mata, mulut, kulit, dan jantung.

Wortel menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pencernaan, dan menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Alasan mengapa wortel sangat baik untuk Anda? Adalah profil nutrisinya yang unik, yang meliputi serat, vitamin A, B8, C, E, dan K, mineral. Seperti zat besi, kalium, tembaga, dan mangan, dan beberapa jenis antioksidan, termasuk beta karotin.

9. Bit

Sayuran akar lain dengan komposisi nutrisi yang beragam adalah bit. Makan secara teratur akan memberi Anda banyak vitamin A dan C, serta asam folat, serat, dan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, dan zat besi.

Ini dikemas dengan antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker Anda.

Beetroot juga dianggap meningkatkan kinerja olahraga, mencegah demensia, dan menurunkan tekanan darah.

10. Dark Chocolate

Siapa yang mau pencuci mulut? Jauh dari memberi tahu Anda bahwa Anda harus menjauhkan diri dari semua hal manis, kami akan mendorong Anda untuk makan lebih banyak cokelat hitam.

Di suatu tempat dalam kisaran 30-60 gram per hari, sebenarnya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan ketajaman otak, dan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, (tetapi tetap menggunakan tabir surya Anda).

Yang terbaik adalah memilih cokelat yang mengandung setidaknya 70% kakao. Untuk mendapatkan hal-hal yang paling bermanfaat dan paling sedikit gula.

Lakukan itu dan Anda akan mendapatkan dosis kalium, fosfor, seng, besi, magnesium, tembaga, mangan, dan selenium harian yang baik setiap hari. Dan karena makan cokelat terasa enak, ia melepaskan endorfin yang mencerahkan suasana hati.

11. Alpukat

Alpukat adalah makanan yang hebat. Sumber dari hampir 20 vitamin dan mineral, seperti kalium, tembaga, dan vitamin B, C, E, dan K.

Makan alpukat secara teratur, memastikan Anda mendapatkan cukup lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan mempertahankan tekanan darah yang optimal.

Kesimpulan Makanan Super

Banyak makanan dalam daftar kami yang cocok untuk Anda. Dan kami harap Anda benar-benar merasa senang. 

Yoghurt atau oatmeal dengan beberapa berry yang dicampur saat sarapan, menjadi pembangkit tenaga listrik di tubuh Anda. Untuk makan siang, cobalah salad sayuran hijau, wortel, alpukat, dan kacang panggang. Saat makan malam, makanlah kacang dan nasi merah dengan sepotong cokelat hitam yang enak sebagai hidangan penutup.

Anda bebas untuk mencampur dan mencocokkan 11 maknan super ini, sesuai dengan selera. Sebagai sumber protein tanpa lemak, biji-bijian, dan produk susu lainnya. Ini bisa menjadi makanan untuk rencana diet seimbang. Yang akan membuat Anda merasa dan tampak muda seumur hidup.

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile
Keindahan Rafting Ubud

Keindahan Rafting Ubud

SEO Expert in Lifestyle, Travel
  ·   3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *