Lifestyle

Super Food: Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan

Apakah pernah mendengar istilah ‘superfood’?. Superfood kini sedang marak dikalangan masyarakat, terutama dalam masa pandemi. Terlebih lagi dalam keadaan pandemi ini banyak...

Written by Dennis · 3 min read >
manfaat chia seed

Apakah pernah mendengar istilah ‘superfood’?. Superfood kini sedang marak dikalangan masyarakat, terutama dalam masa pandemi. Terlebih lagi dalam keadaan pandemi ini banyak kebiasaan masyarakat yang berubah drastis. Terutama dalam pola makan pada saat karantina. Artikel ini pun akan membantu anda memahami manfaat chia seed sekarang juga.

Akibat kegiatan yang terbatas, masyarakat memilih menghabiskan waktu untuk makan. Mengisi waktu entah dengan memasak atau mencoba makanan baru disekitar mereka. Bahkan rela untuk memesan makanan dari luar kota. Hal inilah yang sangat berdampak pada pola makan dan hidup masyarakat.

Superfoods

Superfood merupakan salah satu pilihan terbaik untuk beralih pola makan. Karena pada dasarnya superfood merupakan kelompok makanan (kebanyakan merupakan sumber makanan nabati). Kelompok makanan ini dianggap memiliki kekayaan nutrisi yang begitu padat dan lengkap. Sehingga superfood dianggap sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak ada pengelompokan khusus pada makanan superfood.

Masih banyak masyarakat yang berfikir bahwa makanan sehat akan hambar atau bahkan tidak lezat. Padahal banyak sekali pilihan makanan dan olahan makanan sehat yang menarik. Rasanya juga tidak kalah lezat dengan makanan lainnya. Terlebih lagi superfood memiliki banyak sekali varian olahan yang menarik. Tidak hanya dikonsumsi sebagai hidangan utama saja. Superfood juga dapat dibuat sebagai hidangan pembuka dan penutup.Tergantung kelihaian dan kepandaian dalam mengolahnya.

TANAMAN AJAIB BAGI PRAJURIT AZTEC

Salah satunya superfood yang sedang naik daun adalah chia seed. Secara ilmiah, tanaman ini dikenal sebagai salvia hispanica. Chia seed berasal dari Meksiko . Chia seed telah lama digunakan oleh suku Maya dan Aztec. Konon, zaman dahulu chia seed kerap dikonsumsi oleh prajurit Aztec sebagai suplemen penguat sistem imun tubuh. Terlebih lagi mengonsumsi sesendok chia seed dipercaya dapat menjaga kebugaran tubuh seharian. Maka dari itu prajurit Aztec mengonsumsi chia seed secara rutin. Oleh karena itu sangat penting untuk tahu manfaat dari chia seed secara lengkap.

Chia seed naik daun karena kaya akan asam lemak omega-3, serat, protein, antioksidan, dan kalsium. Chia seed juga berfungsi sebagai pencahar alami. Chia seed mempunyai indeks glikemik yang rendah. Hal inilah yang dapat membantu mengatur kadar glukosa darah harian. Sangat baik bagi penderita diabetes. Fakta menariknya lagi adalah setiap 100 gram chia seed dapat memenuhi 91% asupan serat diet harian yang direkomendasikan.

Hal inilah yang menyebabkan chia seed membantu perubahan pola makan yang baik. Sangat cocok untuk melancarkan pencernaan. Selain itu chia seed juga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf bayi dan anak-anak. Berkat kandungan omega-3 yang terdapat didalam chia seed.

Mengkonsumsi biji chia secara rutin dapat membantu meningkatkan mood sekaligus menghilangkan kegalauan Anda. Tidak hanya bermanfaat bagi pemuda yang galau saja. Manfaat chia seed juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Kandungan protein, kalsium, besi, dan omega-3 di dalamnya dapat mendukung perkembangan calon bayi dalam kandungan.

PAHLAWAN DISAAT PANDEMI

Terlebih lagi dengan keadaan pada masa pandemic seperti ini. Hampir seluruh aktivitas dan kegiatan berubah 180 derajat. Masyarakat terpaksa harus melakukan adaptasi dengan keadaan. Mulai dari kegiatan yang terbatasi hingga pola hidup yang berganti.

Tidak ada yang menyangka bahwa hobi baru masyarakat saat ini adalah makan. Seluruh jenis makanan dieksplor guna mengisi kebosanan di rumah.  Hal inilah yang sangat berdampak pada pola makan masyarakat pada saat karantina.  Selain pola makan yang berganti keadaan psikis seseorang pun juga ikut terkena dampaknya. Ruang gerak yang terbatasi menyebabkan keadaan psikologis yang cukup kaget.

Namun siapa sangka bahwa hal ini sangat berjodoh dengan khasiat dan manfaat dari chia seed.  Berikut manfaat chia seed :

Manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh

Membantu menurunkan berat badan

Banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya selama karantina dengan makan. Mulai dari jajanan, dessert, dan masih banyak lagi. Belum lagi isi sosial media penuh dengan ide serta tutorial memasak. Tentulah sangat berdampak pada pola makan yang berantakan. Hal ini sangat berbanding lurus dengan postur tubuh yang tidak lagi ideal. Chia seed adalah pilihan yang tepat.

Pada hakikatnya, memang tidak ada satupun makanan yang dapat menurunkan berat badan begitu saja. Semuanya sangat bergantung dengan kebiasaan dan gaya hidup. Namun, hal membuat biji chia dapat membantu menurunkan berat badan adalah karena sangat kaya akan kandungan serat. Dengan mengonsumsi  chia seed sebesar 25-38 gram sehari. Hal tersebut sudah dapat membantu mengurangi berat badan berlebih.

Terdapat studi di Brasil yang membuktikan hal yang sangat menarik dari chia seed. Yakni chia seed berperan dalam pengurangan lemak dan kandungan proteinnya. Hal tersebut  terbukti karena chia seed meningkatkan rasa kenyang dan penurunan berat badan.

Caranya sangat mudah, hanya dengan menambahkan dua sendok makan chia seed ke dalam segelas air lalu aduk rata. Tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu langsung minum dengan cepat.  Karena biji chia akan menyerap air di perut dan kemudian mengembang. Sehingga dapat menekan nafsu makan yang berantakan akibat karantina.

Membantu mencegah sembelit

Tidak hanya berfungsi sebagai pengatur pola makan saja. Khasiat chia seed juga dapat digunakan sebagai pencahar alami dan obat sembelit juga. Hal tersebut  dikarenakan banyaknya kandungan serat yang terdapat menjadi manfaat chia seed. Terutama serat tidak larut.  

Selain itu biji chia dapat berubah menjadi seperti jeli apabila bersentuhan dengan air. Hal Inilah yang membantu kelancaran buang air besar. Sehingga dapat membantu mengurangi sembelit. Sebuah penelitian juga telah menemukan bukti tersebut. Tertulis bahwa serat dalam chia seed juga berfungsi membantu memperbaiki pencernaan.

Oleh karena itulah chia seed sangat bermanfaat dan meledak akhir – akhir ini. Apalagi karena aktivitas dan kegiatan yang sangat terbatas. Sistem metabolisme dan pencernaan sering sekali terganggu. Belum lagi dengan pola makan yang tidak teratur.

Meningkatkan mood

Berada selama berbulan – bulan di rumah saja tentu merupakan hal yang tidak mudah. Terutama bagi seseorang yang sebelumnya selalu memiliki jadwal kegiatan di luar rumah. Hal ini tentu sangat berdampak pada pikiran dan kesehatan mental seseorang. Pikiran dapat menjadi kacau dan gusar. Namun hal tersebut kini sudah dapat mulai diatasi secara sederhana. Tidak salah memang apabila chia seed dianggap sebagai salah satu ‘superfood’. Hal ini dikarenakan biji chia diyakini dapat meningkatkan mood apabila dikonsumsi secara rutin.

Sesuai dengan penelitian di Pittsburgh, Kandungan asam lemak omega-3 yang sangat banyak didalam chia seed. Hal ini kemudian dikaitkan dengan peningkatan mood dan perilaku  seseorang. Sehingga dengan mengonsumsi chia seed hal tersebut akan membantu meningkatkan mood.

Menariknya lagi mengonsumsi bijian ini dapat sekaligus menghilangkan kegalauan dan kegusaran. Jarang sekali bukan melihat fakta bahwa terdapat makanan yang dapat meningkatkan mood. Manfaat chia seed ini pun merupakan ‘superfood’ yang sungguh super.

Baca juga: Kombinasi Kandungan Berbahaya dalam Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *