Lifestyle

Superfood: Manfaat Granola Makanan Lezat Banyak Nutrisi

Superfood sedang naik daun saat ini. Masyarakat kini telah mengerti mengenai makanan baik yang memiliki nutrisi tinggi. Tingginya peminat masyarakat pun berpengaruh...

Written by Dennis · 3 min read >
manfaat granola - Superfood

Superfood sedang naik daun saat ini. Masyarakat kini telah mengerti mengenai makanan baik yang memiliki nutrisi tinggi. Tingginya peminat masyarakat pun berpengaruh terhadap inovasi olahan superfood. Terutama pada kandungan gandum.

Kini masyarakat sudah sangat familiar dengan oats. Bahkan kini varian oats pun sudah mulai memasuki kancah pasar.

Walaupun begitu, masih terdapat yang tidak menyukai dan cenderung bosan dengan makanan tersebut. Hal tersebut dikarenakan masyarakat masih awam untuk mengolahnya. Padahal oats atau gandum tidak hanya disajikan sebagai sereal saja.

Banyak sekali cara memasak oats yang menarik untuk mengolahnya. Bahkan karena inovasi olahan superfood kini banyak sekali snack sehat yang menarik. Tak hanya menjanjikan sehat saja, tapi juga memiliki rasa yang sangat enak. Sehingga tidak kalah dengan jajanan yang lainnya.

Tidak hanya gandum saja yang sedang memiliki banyak peminat. Jenis superfood lain seperti kacang – kacangan dan buah buahan juga sedang diminati.  Namun bagaimana jika jenis superfood diatas digabung menjadi satu. Inovasi olahan superfood tersebut kini telah hadir. Olahan tersebut kini dikenal masyarakat sebagai granola.

Baca juga: Super Food: Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan

Gabungan Superfood

Granola merupakan olahan superfood yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering. Biasanya olahan ini ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Pemanis yang digunakan pada umumnya adalah pemanis alami. Maka dari itulah granola lebih memiliki banyak peminat. Granola memiliki rasa yang lezat tapi tidak jahat. Namun, setiap granola dapat mengandung bahan yang berbeda-beda. Sehingga nilai gizi yang dikandung oleh setiap granolapun berbeda – beda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak.

Ciri khas granola adalah memiliki kandungan utama dari oat dan kacang-kacangan. Hal inilah yang membuat granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola inilah yang dapat  membuat granola sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan kandungan serat dan hal baik lainnya granola dipercaya memiliki banyak sekali manfaat.

Kacang-kacangan yang terdapat didalamnya mengakibatkan granola mdalam granola mengandung lemat yang sehat. Pada umumnya satu porsi granola dapat memberikan empat gram asam lemak tidak jenuh tunggal. Selain itu juga memberikan empat gram asam lemak tidak jenuh ganda. Dua jenis asam lemak tersebut dipercaya  memiliki manfaat yang sangat banyak.

Seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Sehingga dengan mengonsumsi granola daoar menghindari resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu asam lemak omega tiga dalam granola juga penting terhadap kesehatan otak.

Manfaat Superfood Granola

Perlu diingat, penelitian terhadap manfaat granola masih sangat terbatas. Namun, beberapa bahan yang dikandungnya, seperti gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan, memang terbukti memiliki manfaat kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat granola yang dipercaya baik untuk kesehatan secara ilmiah.

1. Mengenyangkan dan kaya akan serat

Mayoritas dari produk granola memiliki protein dan serat yang tinggi.  Sehingga Tidak heran lagi apabila kini granola kerap disantap saat sarapan. Karena memang mengenyangkan ketimbang sereal yang lain.

Protein yang dimiliki oleh granola pun dapat menghambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1. Kedua hormon tersebut dikenal sebagai hormon yang  dapat mengatur rasa lapar.

Biasakan memilih granola yang mengandun kacang almond, kenari, hingga kacang mede. Sebab, kacang-kacangan tersebut kaya akan protein dan serat.

2. Dilengkapi antioksidan

Olahan superfood ini dipercaya kaya akan kandungan antioksidan. Namun hal tersebut tergantung dengan bahan yang terdaoat pada granola. Biasanya granola yang mengandung hal tersebut berbahan kelapa serut hingga chia seeds. Karena bahan tersebut dikenal sebagai sumber antioksidan seperti asam galat, vitamin E, kuersetin, dan selenium.

Deretan antioksidan tersebut  dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, sekaligus melawan radikal bebas yang menghantui kesehatan.

3. Menurunkan berat badan

Granola memiliki protein yang dapat menghambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1. Hal inilah yang mendukung banyak orang percaya bahwa manfaat granola mampu membantu menurukan berat badan.

Terlebih lagi, granola juga dianggap sebagai makanan ringan yang mengenyangkan. Hal tersebut dikarenakan granola memang rendah kolesterol, tapi kaya akan serat.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat granola yang sangat menggiurkan kini datang dari kandungan serat. Sebab, kandungan serat yang melimpah milik granola, dianggap mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) . Selain itu juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan menurunkan kadar kolesterol di aliran darah, risiko penumpukan plak di pembuluh darah pun dapat berkurang. Namun kandungan yang dimiliki oleh granola harus yang megandung lemak baik.

5. Menambah energi tubuh

Siapa sangka bahwa manfaat olahan superfood ini juga dapat mendatangkan energi untuk tubuh. Tenang saja energi yang dihasilkan oleh granola tidak dalam bentuk gula, melainkan zat mineral mangan.

Mangan sendiri merupakan zat mineral yang penting bagi kesehatan. Terutama pada organ hati, ginjal, dan mendukung aktivitas metabolik dalam tubuh. Apabila metabolisme tubuh sudah terjaga dengan baik, maka “stok” energi pun dapat didistribusikan dengan maksimal ke seluruh tubuh.

6. Mencegah anemia

Anemia dapat terjadi apabila kekurangan zat besi didalam tubuh. Jutaan orang di dunia mengalaminya, tapi mungkin banyak dari mereka yang tidak sadar. Untungnya, salah satu manfaat granola yang dimiliki dipercaya dalam mencegah anemia. Sebab granola  mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Hati-hati, anemia bisa menyebabkan gejala lelah lesu, sakit kepala, depresi dan gangguan fungsi kognitif pada penderitanya. Penuhilah kebutuhan tubuh terhadap asupan zat besi dari makanan seperti granola.

7. Menurunkan tekanan darah

Granola juga berperan dalam menurunkan tekanan darah. Hal tersebut berbanding lurus terhadap kesehatan jantung juga. Namun kembali lagi dengan bahan – bahan granola.  Manfaat granola yang satu ini hanya didapat apabila salah satu kandungan granola ialah kalium. Pada umumnya granola yang mengandung kalium memiliki tambahan buah-buahan di dalamnya.

8. Menjaga kulit dari kerusakan

Manfaat granola lainnya ialah dapat menjaga kulit dari kerusakan. Sebab, granola sendiri memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai anti aging ( mencegah kulit dari penuaan dini ). Selain itu juga bermanfaat sebagai pelindung kulit dari sinar matahari kulit seperti keriput dan terbakar.

9. Menurunkan gula darah

Selain manfaat yang diatas, menurunkan kadar gula darah juga merupakan  manfaat olahan superfood ini. Hal ini dikarenakan bahan-bahan seperti gandum, buah-buahan keringnya, hingga kacang. Bahan – bahan tersebut dipercaya  dapat menurunkan dan mengontrol gula darah di dalam tubuh . Namun manfaat tersebut lebih dianggap efektif bagi para penderita obesitas dan prediabetes.

10. Meningkatkan bakteri baik di usus

Granola memiliki manfaat untuk Meningkatkan bakteri baik di usus. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Terdapat penelitian mengenai hal olahan superfood yang satu ini. Granola dinilah lebihh “ dalam meningkatkan produk bakteri baik di usus. Penelitian tersebut telah membandingkan granola dengan jenis sereal sarapan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *