Manfaat Minyak Zaitun, Kandungan, dan Cara Menggunakannya

Manfaat Minyak Zaitun

Inilah Kandungan, Cara Menggunakan Dan Manfaat Minyak Zaitun – Banyak orang yang sudah familiar dengan penggunaan minyak zaitun. Olahan dari buah zaitun yang sering dikenal dengan minyak zaitun mempunyai banyak manfaat dan lebih bergizi untuk tubuh.

Jika seseorang ingin mengurangi bahaya dari gorengan, alternatifnya adalah menggunakan minyak zaitun. Melalui penelitian ditemukan bahwa minyak zaitun lebih sehat daripada minyak kelapa biasa, apakah itu berarti tidak mengandung lemak? Tentu tidak.

Minyak Zaitun dibuat dari proses perasan buah zaitun berupa kandungan konsentrat lemak dari buahnya. Biasanya buah zaitun diproses melalui proses maserasi yang ditumbuk dengan pisau baja dan digiling menjadi pasta. Nah, mungkin Anda ingin beralih menggunakan manfaat minyak zaitun.

Ini bisa menjadi awal yang baik jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat. Kegunaan dari minyak zaitun yaitu untuk mencegah beberapa risiko penyakit akibat konsumsi kandungan lemak berlebih di dalam tubuh.

Yuk, kenali lebih jauh tentang minyak zaitun.

Kandungan Minyak Zaitun

Kandungan lemak yang berasal dari minyak zaitun adalah ekstrak murni dan lebih bergizi. Melansir dari artikel, berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 ml minyak zaitun.

  • Kalori 884 gram (44% RDA harian)
  • 100 gram lemak (153% dari kebutuhan lemak harian tubuh)
  • Omega 3
  • Omega 6
  • Kandungan Vitamin E 15 mg (72% dari kebutuhan harian tubuh)
  • Kandungan dari Vitamin K 61 mg (75% dari kebutuhan harian tubuh)

Minyak zaitun juga mengandung kalsium, kalium, kandungan natrium, kolin, kandungan flavonoid, dan kandungan polivenol yang berguna untuk kesehatan tubuh. Biasanya, umur simpan minyak zaitun adalah satu tahun untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Sobat hanya perlu menyimpannya di suhu ruangan dan hindari area yang terkena sinar matahari langsung.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Manfaat  Minyak Zaitun

Agar dapat merasakan sebuah manfaat minyak zaitun yang cukup optimal, sebaiknya pilih produk minyak zaitun yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada jenis minyak zaitun yang dimurnikan dan minyak zaitun yang tidak dimurnikan atau dikenal juga dengan sebutan extra virgin olive oil (EVOO).

Nah, berikut ini cara menggunakan minyak zaitun untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Saus salad (EVOO)
  • Saus celup tambahan (EVOO)
  • Tumis (EVOO atau minyak zaitun olahan)
  • Menggoreng, memanggang, memanggang (minyak zaitun olahan)

Pada umumnya extra virgin olive oil (EVOO) dapat dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, sebaiknya gunakan minyak zaitun olahan untuk kebutuhan memasak bersuhu tinggi.

Usahakan untuk tidak menggunakan minyak zaitun di atas 180 derajat Celcius. Jika suhu terlalu panas, sifat dari antioksidan dan anti inflamasi dapat rusak dan mengurangi fungsi dari manfaat minyak zaitun, khususnya EVOO.

Manfaat Minyak Zaitun

Jika dipakai sebagai kebutuhan dalam sehari-hari, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk segala kebutuhan. Ya, tentunya dengan memilih minyak zaitun yang sesuai dengan kebutuhan, baik minyak zaitun rafinasi maupun minyak zaitun unrefined.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mengkonsumsi minyak zaitun.

Kendalikan Kolesterol

Sebenarnya konsumsi lemak berbahaya tersebut disebabkan oleh kadar lemak jenuh dan memicu kadar kolesterol jahat (LDL). Untuk meminimalisir kadar LDL yang berbahaya, minyak zaitun ternyata mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi minyak zaitun adalah dengan mengkonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari.

Melindungi Kesehatan Jantung

Penumpukan kolesterol juga bisa berbahaya bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rajin mengontrol konsumsi lemak agar jantung tetap sehat.

Jantung memiliki fungsi vital bagi kesehatan. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan jantung. Terutama untuk menghindari risiko stroke dan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Kandungan polifenol pada minyak zaitun akan berguna untuk pencegahan penyakit pada jantung. Jika dikonsumsi secara rutin. Anda dapat meminumnya langsung atau mencampurkan minyak zaitun dengan campuran makanan lainnya.

Meminimalkan Risiko Kanker

Minyak zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan, antiinflamasi, dan senyawa fenolik tingkat tinggi. Hal ini dapat mencegah risiko kanker kulit dengan mengoleskannya seperti body lotion.

Tak hanya itu saja, mengkonsumsi minyak dari buah zaitun dengan secara teratur juga bisa memperbaiki suatu kerusakan pada sel akibat radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang

Berdasarkan penelitian, manfaat minyak zaitun juga dipercaya dapat meningkatkan ostecalcin dalam tubuh. Kandungan zat ini berfungsi sebagai protein yang dapat membentuk sel-sel tulang.

Asupan minyak zaitun secara teratur juga dapat meningkatkan kalsium dalam darah. Hal ini dapat berdampak baik pada kesehatan dan kepadatan tulang, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

Mencegah Obesitas

Konsumsi makanan berlemak merupakan salah satu pemicu kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas. Jika Anda mengganti penggunaan minyak kelapa dengan minyak zaitun, kandungan lemak jahatnya bisa diminimalisir.

Namun Anda tetap perlu membatasi pola asupan kalori dan juga berolahraga secara teratur. Olahraga ringan seperti joging atau jalan kaki sangat membantu penurunan berat badan.

Menjaga Fungsi Otak

Otak memiliki fungsi penting untuk menjaga sistem koordinasi dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga fungsinya agar tetap optimal. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan minyak zaitun juga penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Anda bisa terhindar dari resiko penyakit yang terjadi pada otak seperti stroke atau demensia. Pada orang lanjut usia, ada kemungkinan penumpukan plak beta amiloid di sel otak yang menyebabkan Alzheimer.

Minyak zaitun juga dapat mengurangi dua protein jahat yang menyebabkan kerusakan otak, yaitu plak amiloid dan fosforilasi.

Mengatasi Sembelit

Tak kalah pentingnya, Anda juga perlu menjaga sistem pencernaan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan dan konsumsi makanan berserat.

Jika malas makan sayur dan buah, maka kotoran yang ada di dalam tubuh akan sulit dikeluarkan dan membuat tubuh tidak nyaman.

Nah, alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pencernaan dan pembuangan limbah lebih mudah adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kotoran dalam tubuh yang dibuang dalam bentuk feses akan lebih mudah dikeluarkan secara rutin.

Pelembab Kulit

Selain bisa dikonsumsi langsung dengan cara diminum atau dijadikan campuran bahan makanan, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk kulit. Salah satu fungsinya bisa mencegah kanker, Anda bisa membuat kulit lebih lembab dengan mengoleskannya pada kulit yang kering.

Jika kulit terasa gatal atau teriritasi, minyak zaitun juga bisa meredakan peradangan dengan kandungan oleochanthal di dalamnya.

Mengkonsumsi minyak zaitun bisa menjadi salah satu rutinitas yang biasa Anda lakukan secara rutin untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat. Dengan begitu,Anda akan terhindar dari risiko berbagai penyakit berbahaya dan tetap sehat.

Mulai sekarang, biasakan untuk menyimpan minyak zaitun sebagai bahan utama di rumah, setelah Anda mengetahui lebih banyak lagi manfaat minyak zaitun.

Untuk Informasi lainnya : 7 Perawatan Rambut Indah Dengan Bahan Alami

Rekomendasi Produk Minyak Zaitun Milik Brand Lokal

Minyak zaitun sangat sering Anda dengar sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh maupun kesehatan. Namun, ketika Anda berpikir untuk membeli dan mulai menggunakannya, tidak jarang Anda akan bingung mau membeli yang mana atau minyak zaitun yang mana.

Mana yang dibutuhkan, karena ada beberapa jenis minyak zaitun yang beredar di Indonesia yang memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing.

Siapa yang tidak tahu serbagunanya manfaat minyak zaitun? Minyak yang diperoleh dari penggilingan buah zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga dikenal baik untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin E dan polifenol dalam minyak zaitun berfungsi sebagai anti aging dan membuat kulit terasa lebih sehat dan kenyal.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kecantikan ini, Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda.

Saat ini, beberapa brand lokal ternama di Tanah Air sudah memperkenalkan produk minyak zaitun ke dalam lini produk perawatan kulitnya, lho! Nah, berikut rekomendasinya.

Herborist Minyak Zaitun

Hingga saat ini, ini adalah salah satu produk terlaris dari merek Herborist. Brand lokal yang dikenal sering menggunakan bahan-bahan alami tradisional untuk setiap produk kecantikannya.

Memadukan khasiat minyak zaitun dengan biji mojokeling yang memiliki manfaat untuk menyegarkan kulit. Diperkaya dengan vitamin E sebagai anti oksidan, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering atau sangat kering.

Efek pelembabnya sekaligus menjaga elastisitas kulit. Herborist Olive Oil juga memiliki aroma aromaterapi mawar dan melati yang memberikan efek relaksasi.

Ovale Olive Oil For Body

Brand lokal ini kerap menjadi andalan para wanita Indonesia untuk mendapatkan produk perawatan kulit berkualitas dengan harga terjangkau.

Selain produk lotion wajah dan masker wajah yang terkenal, Ovale juga menghadirkan produk minyak zaitun yaitu Ovale Olive Oil for Body.

Jika digunakan secara teratur, produk ini dapat membantu mencegah kulit yang terlalu kering pada wajah, leher dan tubuh. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat digunakan untuk menutrisi dan melembabkan ujung rambut yang kering.

Wardah Pure Olive Oil

Brand lokal yang inovatif ini juga menghadirkan produk minyak zaitun yang berfungsi sebagai pelembab alami untuk kecantikan kulit Anda.

Tidak hanya digunakan untuk merawat kelembapan wajah, Minyak Zaitun Murni Wardah juga dapat digunakan untuk mengurangi lingkaran hitam di area kantung mata dan mengurangi munculnya kerutan pada perut akibat kehamilan.

Mustika Ratu Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk minyak pijat, produk Minyak Zaitun Mustika Ratu juga dapat digunakan sebagai pelembab yang dapat menghaluskan kulit kering atau bahkan bersisik.

Jika digunakan secara teratur sebagai bagian dari perawatan kulit tubuh, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih halus dan lembut.

Sama seperti produk Herborist, Minyak Zaitun Mustika Ratu juga mengandung biji mojokeling yang dapat membantu menyegarkan kulit.

Sariayu Minyak Zaitun

sari ayu minyak zaitun
Sari Ayu Minyak Zaitun

Produk minyak zaitun yang dihadirkan oleh brand Sariayu tidak hanya terdiri dari minyak zaitun murni, tetapi juga diperkaya dengan minyak esensial neroli yang memiliki efek menenangkan.

Sariayu Olive Oil dapat membantu meningkatkan kelembapan pada kulit terutama jenis kulit yang sangat kering dan kasar.

Anda dapat menggunakan produk ini setiap hari pada kulit wajah dan tubuh Anda, serta area yang biasanya membutuhkan kelembapan ekstra seperti siku, tumit, atau lutut. Anda pun dapat mengandalkan manfaat minyak zaitun dari brand lokal yang terus berinovasi ini.

Demikian ulasan tentang Inilah Kandungan, Cara Menggunakan Dan Manfaat Minyak Zaitun semoga bermanfaat.

tips kevantikan lainnya : Awet Muda Secara Alami, Cara Mudah Untuk Wajah Cantik!

1 komentar untuk “Manfaat Minyak Zaitun, Kandungan, dan Cara Menggunakannya”

  1. Pingback: 6 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Di Wajah Dengan Bahan Alami - JENGSUSAN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top