Manfaat Tidur Siang Untuk Anak yang Harus Diketahui Oleh Orangtua

https://jengsusan.com/cara-mengatasi-anak-yang-semaunya-sendiri/

Tidur siang adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh pada siang hari. Maka dari itu, seseorang harus memiliki waktu tidur yang ideal utamanya bagi anak. Waktu tidur yang ideal bagi anak adalah 11 sampai 14 jam lamanya dan sudah termasuk tidur siang. Manfaat tidur siang untuk anak memang sangat banyak utamanya bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi distribusi untuk tidur anak semakin berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah seorang anak lebih cenderung menolak diajak tidur siang. Dengan alasan bahwa tidur siang adalah hal yang mengganggunya untuk bermain. Padahal sangat banyak manfaat tidur siang untuk anak yang bisa dirasakan langsung. Berikut paparan lengkapnya mengenai manfaat tidur siang:

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak
Gambar oleh Daniela Dimitrova dari Pixabay

1. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak memang sangat penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Salah satunya dengan membiasakan anak tidur siang. Dengan tidur siang yang rutin dilakukan maka anak bisa memiliki pertumbuhan lebih optimal dibandingkan anak yang tidak rutin tidur siang. Hormon pertumbuhan anak akan lebih berfungsi jika tidur di waktu siang.

2. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

Menurut penelitian, manfaat tidur siang untuk anak dapat meningkatkan kemampuan dalam menyerap pelajaran saat sekolah. Mengapa demikian? Karena seorang anak yang baru bangun akan merasakan kondisi yang segar sehingga membuat anak mudah berkonsentrasi. Anak lebih relatif pintar dalam hal akademis dan juga memiliki energi yang lebih untuk melakukan aktivitas.

3. Tidur Malam Anak Lebih Nyenyak

Ada anggapan bahwasanya orangtua tidak membiarkan anak untuk tidur siang. Dengan tujuan agar tidur anak di malam hari akan lebih nyenyak. Akan tetapi anggapan tersebut merupakan anggapan yang salah karena tidak tidur siang akan membuat anak menjadi stres. Selain membuat anak stres juga anak akan lebih mudah tersinggung. Sehingga anak sulit untuk tidur di malam hari.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Yang Semaunya Sendiri

4. Dapat Memperbaiki Suasana Hati Sang Anak

Sebagian anak lebih mudah merasa gelisah ketika sedang menghadapi peristiwa yang kurang menyenangkan. Untuk menghindari hal tersebut, tidur siang bisa menjadi salah satu solusi yang bisa diterapkan oleh orangtua. Tidur siang mampu memberikan suasana hati yang lebih menyenangkan untuk anak ketika bangun tidur. Selain itu, tingkat emosi anak cenderung berkurang jika rutin tidur siang.

5. Kemampuan Bahasa Dapat Bertambah

Anak yang masih berstatus prasekolah, belajar bahasa adalah perkembangan utama yang harus dijalani. Untuk meningkatkan perkembangan dalam hal bahasa, anak sebaiknya rutin tidur siang. Selain itu, tidur siang juga sangat sering dikaitkan dengan perbendaharaan kata untuk anak. Meskipun begitu tidur siang tetap memiliki peran yang sama dengan tidur malam dalam perkembangan bahasa.

6. Meningkatkan Daya Ingat Bagi Anak

Daya ingat anak penting untuk ditingkatkan dengan melakukan tidur siang secara rutin. Sehingga pada saat anak memasuki usia sekolah, pelajaran yang didapat bisa lebih optimal. Selain itu, konsolidasi memori anak untuk mengerjakan sebuah tugas tentu lebih baik. Manfaat tidur siang memang memiliki peran yang baik dalam hal ini.

7. Dapat Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas dapat diartikan sebagai berat badan yang dimiliki oleh seseorang akibat kelebihan berat badan. Biasanya anak lebih mudah terkena obesitas jika tidak rutin tidur siang dibanding anak yang rutin tidur siang. Anak akan lebih cenderung makan lebih banyak saat lelah melakukan aktivitas. Dengan kata lain bahwa nafsu makan anak lebih meningkat.

Tidur siang memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh anak utamanya dalam meningkatkan daya ingat anak. Selain itu, penyakit obesitas bisa lebih rentan terkena untuk anak yang lebih rutin tidur siang. Emosi anak juga lebih terkontrol dan membuat suasana hati anak menjadi lebih baik jika dihadapkan dengan suatu peristiwa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 5 =

Scroll to Top