Fashion

Mekanisme Pemesanan di Konveksi Baju Online

Written by SEO Expert · 3 min read >

Di era digital yang sekarag merambah di dunia ini sebenarnya sangat memudahkan manusia untuk bertransaksi tanpa tatap muka. Baik membeli barang melalui konveksi baju, alat kantor, alat tulis, baju, jaket, rok dan masih banyak lagi.

Banyak sekali penjual online atau bahkan marketplace yang memudahkan anda untuk menemukan barang yang ingin anda beli. Ada yang sudah memiliki barangnya sebagai stok atau bahkan bisa pre order terlebih dahulu.

Hal-hal tersebut tentu sangat memudahkan konsumen dalam menemukan pembeli. Namun dalam mennetukan pembeli, konsumen juga harus cerdas dalam memperhatikan deskripsi barang yang sedang diperjual belikan.

Begitupun jika anda ingin membeli atau memesan baju di konveksi baju online. Banyak sekali hal-hal yang perlu anda siapkan sebelum melakukan pemesanan tersbeut. Adapun berikut apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memesannya.

Barang Yang Ingin Dipesan

Jika anda berkeinginan untuk melakukan pemesanan secara online, pastikan anda sudah memiliki tujuan atau rencana baju atau jenisbarang apapun yang ingin dipesan. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk memudahkan mencari konveksi baju yang tepat.

Karena beberapa konveksi serigkali memposisikan diri menerima pesanan sesuai dengan item yang diproduksi. Seperti khusus konveksi baju anak, konveksi baju dewasa, konveksi mukena, dan banyak lainnya.

Namun ada juga konveksi yang menerima segala jenis baju yang dipesan. Tentunya agar anda tidak kebingungan dalam menentukan konveksi baju mana yang tepat, maka sebaiknya anda menentukan dulu barang yang akan dipesan agar lebih mudah dan tepat.

Tentukan Model dan Ukuran

Setelah menemukan item tertentu yang akan dipesan, selanjutnya anda perlu memilih model barang yang akan anda pesan. Misalnya anda akan memesan baju seragam wanita, maka anda perlu menentukan modelnya apakah menggunakan krah atau tanpa krah.

Atau mungkin anda memilih kaos, maka kaos bagaimana yang ingin anda pesan. Apakah berlengan pendek atau panjang. Jika hal ini menyulitkan untuk disampaikan, mungkin anda bisa sekaligus menunjukkan gambar sebagaimana yang anda harapkan.

Selanjutnya anda perlu menentukan ukuran apa saja yang ingin anda pesan. Misalnya ukuran yang paling kecil sampai ukuran terbesar dengan jumlah yang berbeda. Hal ini sangat perlu ditentukan bagi pemesan karena akan berpengaruh pada harga dan kain yang dibutuhkan.

Tentukan Desain Baju

Setelah menentukan ukuran dan modelnya, step selanjutnya adalah mennetukan desain baju. Desain yang dimaksud disini misalnya gambar yang ditempel pada kaos, apakah menggunakan bordir atau cukup dengan sablon saja. Ini perlu ditentukan di awal pemesanan.

Bisa jug ajika baju yang anda pesan membutuhkan logo, maka logo bagaimana yang anda inginkan. Sangat dianjurkan jika anda memiliki kemampuan untuk mendesain dengan membawa desain logo atau gambar yang ingin anda pasang do baju pesanan anda.

Namun jika tidak memilikinya, anda bisa mendiskusikan hal ini pada bagian konveksi baju tersebut. Mereka bisa membantu anda dalam membuat gambar atau logo yang anda harapkan. Tentunya hal ini juga mempengaruhi pada biaya pembuatannya.

Bahan Kain

Langkah selanjutnya adalah menentukan bahan kain yang akan digunakan untuk baju pesanan anda. Anda bisa menentukan sendiri kain yang bagaimana yang ingin anda gunakan sebagai bahan pembuatan baju anda.

Jika anda ingin baju yang nyaman dan memiliki daya serap keringat yang tinggi, bahan katun bisa anda jadikan pilihan. Jika anda bingung dalam menentukannya, anda bisa bertanya pada pihak konveksi baju agar menunjukkan jenis kain apa saja yang cocok untuk model baju pesanan anda.

Semakin bagus kain yang digunakan maka akan semakin mahal juga biaya yang dibutuhkan. Karena setiap produk membawa kualitas pasti membawa harga yang berbeda daripada kualitas dibawahnya.

Jenis Aplikasi Cetak

Banyak sekali jneis aplikasi cetak yang digunakan di konveksi baju. Anda bisa menentukan sesuai dengan keinginan anda. Ada yang menggunakan sablon biasan, mesin printing atau bahkan cetak manual. Smua tergantung anda sebagai pemesannya.

Jika anda rasa hal ini kurang menguasai, anda bisa mengajak disuksi atau bertanya pada bpihak konveksi baju terkait jenis aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk baju yang anda pesan. Hal ini tentu memudahkan pemahaman anda.

Jumlah Pemesanan

Tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah pesanan. Berapa jumlah baju yang ingin anda pesan. Hal ini sangat perlu disampaikan mengingat kebutuhan jumlah kain untuk produksi juga dapat diprediksikan.

Tidak hanya itu, kadang jumlah pemesanan yang banyak juga mempengaruhi harga yang akan dibanderol pada setiap barang yang anda pesan. Semakin banyak maka biaya produksi akan semakin murah.

Waktu Pesanan jadi

Jangan lupa juga untuk memastikan kepada pihak konveksi baju untuk mengabarkan kapan waktu perkiraan baju pesanan anda akan jadi. Pastikan anda menanyakan berapa lama pwaktu produksi untuk jumlah tertentu.

Hal ini tentu akan memudahkan anda memperkirakan kapan akan mengambil barang atau menuggu datagnya barang pesanan and ajika melalui pengiriman kurir atau pihak konveksi.

Teknik Pembayaran

Tahap selanjutnya adalah pembayaran. Ini merupakan suatu hal yang perlu kesepakatan dari kedua belah pihak. Bagi anda pemesan agar tidak merasa keberatan begitupun dengan pihak konveksi baju agar tidak merasa rugi dngan perjuangannya.

Biasanya konveksi online menggunakan transfer via bank karena membutuhkan dana yang besar dan lebih memudahkan konsumen. biasanya pemesanan via online menggunakan uang DP yang jumlahnya bebas. Atau bakan ada yang menentukan pembayaran penuh di awal.

Jika anda sudah membuktikan bahwa konveksi yang akan anda tuju amanah, maka tidak masalah jika anda ingin membayar penuh di muka. Namun jika anda belum mengenal danmembuktikannya, maka system DP mungkin sementara menjadi pilihan terbaik.

Namun berneda jika pemesanan online melalui marketplace tertentu, posisi uang anda akan ditahan oleh marketplace tersebut sehingga lebih aman dan kkemungkinan besar tidak terjadi hal yang merugikan bagi pihak pembeli dan konveksi baju.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile
tips membeli

Tips Membeli Sepatu Online agar Aman

Dennis in Fashion
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *