Info

Begini Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Sangat Mengganggu

Siapapun seharusnya tahu cara menghilangkan bau kamar mandi yang sangat mengganggu. Hal ini karena kamar mandi adalah penyumbang besar bau dalam sebuah...

Written by SEO Expert · 3 min read >
Begini Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi yang Sangat Mengganggu

Siapapun seharusnya tahu cara menghilangkan bau kamar mandi yang sangat mengganggu. Hal ini karena kamar mandi adalah penyumbang besar bau dalam sebuah rumah selain saluran pembuangan air atau got.

Jika kita biarkan, maka bau dari kamar mandi ini akan menyebar kedalam ruangan rumah. Jika ini terjadi maka akan sangat mengganggu dan membuatmasalah dalam rumah dan seisi rumah.

Pada edisi kali ini kita akan mempelajari bersama berbagai cara menghilangkan bau kamar mandi agar tidak menimbulkan masalah baru didalam rumah.

Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi

1. Perhatikan ventilasi di kamar mandi

Bau di kamar mandi biasanya disebabkan oleh sirkulasi udara yang buruk. Oleh karena itu, ventilasi di dalamnya perlu diperhatikan.

Perlu Anda ketahui bahwa memiliki ventilasi yang baik dan cukup bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau lembab di kamar mandi. Akan lebih baik lagi jika kamar mandi di rumah Anda memiliki jendela untuk membiarkan udara segar masuk.

2. Gunakan deodoran kamar mandi khusus

Cara termudah menghilangkan bau kamar mandi adalah dengan menggunakan deodoran ruangan. Namun, Anda tidak bisa begitu saja memilih produk pewangi agar tidak membahayakan kesehatan keluarga di dalam rumah Anda. Pilih wewangian yang memiliki aroma lembut atau tidak terlalu kuat.

Selain menggunakan deodoran kamar mandi khusus, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial untuk menghilangkan bau di kamar mandi guna menghilangkan bau tak sedap.

Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan lilin aromaterapi. Biasanya lilin ini digunakan untuk menetralkan bau tidak sedap pada sebuah ruangan.

3. Bersihkan kamar mandi dengan soda kue dan cuka

Tahukah Anda bahwa Anda tidak selalu harus menggunakan cairan pembersih yang mengandung banyak bau untuk membersihkan kamar mandi? Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda menghilangkan bau kamar mandi yang membandel.

Campurkan soda kue, cuka, dan sedikit minyak esensial untuk menetralkan bau tak sedap itu. Bilas cairan tersebut ke seluruh kamar mandi setiap hari. Tidak ada lagi bakteri atau bau di kamar mandi Anda, dijamin.

4. Cara menghilangkan bau kamar mandi: Gunakan wewangian mandi alami

Selain menggunakan baking soda dan cuka seperti di atas, biasanya Anda membuat pengharum yang menggunakan alkohol untuk pengharum mandi. Siapkan botol semprot bekas yang sudah dibersihkan.

Isi botol dengan air hangat dan bersih, lalu tambahkan alkohol yang tersedia di apotek. Tambahkan minyak esensial agar aromanya semakin harum.

Dengan cairan ini Anda cukup mengelap wastafel dan dinding serta membersihkan lantai kamar mandi agar tidak ada lagi bau yang tidak sedap.

5. Jangan malas membersihkan toilet

Cukup banyak orang yang hanya memperhatikan kebersihan dudukan kloset dan lubangnya. Padahal, ada banyak bagian kamar mandi yang juga bisa menjadi sumber bau tak sedap. Salah satunya ada di bagian bawah dudukan toilet.

Gosok dan bersihkan toilet kamar mandi secara menyeluruh hingga semua bagian yang terjangkau. Lakukan minimal seminggu sekali. Meski tidak bisa terlihat oleh mata, semua bagian toilet berisiko terkena kotoran setiap hari.

Maka tidak heran jika Anda mencium bau yang menyengat dari kamar mandi karena tidak rutin membersihkannya.

6. Gantilah keset kamar mandi secara teratur

Bau kamar mandi terkadang berasal dari keset yang sudah lama tidak kita ganti. Perlu Anda tahu, keset merupakan sarang bakteri yang lepas dari kaki dan lantai, yang bercampur dengan air pancuran.

Idealnya, Anda harus mengganti keset kamar mandi seminggu sekali. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan setiap bagian kamar mandi, misalnya bagian antara lantai dan bak mandi.

Lakukan ini secara rutin agar bakteri tidak menyebar dan menjadi sarang bau dan penyakit bagi keluarga.

7. Batasi jumlah barang dan pastikan kamar mandi tetap kering

Mungkin Anda bingung, bagaimanabisa Anda bisa menjaga kamar mandi tetap kering? Eits, jangan salah, menjaga kamar mandi tetap kering adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau kamar mandi yang membandel.

Hal ini disebabkan, kondisi kamar mandi yang lembap justru memungkinkan bakteri penyebab bau tak sedap bersarang di sana. Jadi usahakan untuk menjaga area yang sensitif terhadap kelembaban seperti dinding dan lantai agar tetap kering untuk meminimalkan bau.

Caranya cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan pintu atau jendela kamar mandi terbuka setelah digunakan. Kemudian keringkan peralatan seperti pancuran dan barang lainnya agar tidak lembap.

8. Bersihkan kamar mandi secara rutin untuk menghindari bau tak sedap

Kunci utama agar kamar mandi tidak berbau adalah dengan membersihkan kamar mandi dengan seksama. Kamar mandi di rumah Anda mungkin tidak berbau atau mungkin sudah ada celah udara yang cukup. Namun, itu semua akan sia-sia jika kamar mandi masih kotor dan tidak pernah dibersihkan.

Baca juga: Ini Dia 9 Cara Membersihkan Kamar Mandi yang Kamu Bisa Kerjakan Tanpa Bantuan Orang Lain

Pahami, bahwa bau tak sedap juga bisa disebabkan oleh menumpuknya kuman seperti bakteri dan jamur yang jarang dibersihkan. Maka tidak heran jika Anda membiarkan keadaan ini terlalu lama, hal tersebut menimbulkan bau tidak sedap yang membuat seluruh keluarga berasa tidak nyaman.

Sekali lagi bersihkan bak mandi, wastafel, keran, dinding, bahkan sudut-sudut lantai kamar mandi, yang kerap menjadi sarang bakteri. Kerak jenis ini tidak hanya berbau tapi juga menjadi penyebab perubahan warna pada kamar mandi yang pastinya akan membuat tampilan menjadi menjijikkan. Sediakan juga toilet atau sikat toilet khusus agar bisa dibersihkan setelah digunakan.

Bukan hanya jamur dan bakteri yang bisa dengan mudah tumbuh di kamar mandi. Aroma yang menyengat juga bisa mengundang hewan kotor seperti kecoa dan lalat ke rumah.

9. Cara menghilangkan bau kamar mandi: letakkan tanaman di kamar mandi

Anda juga bisa menjadikan tanaman sebagai alternatif menghilangkan bau kamar mandi. Selain tanaman di dalam rumah, Anda juga perlu meletakkan tanaman di kamar mandi.

Letakkan saja tanaman seperti sansevieria atau palem waregu di kamar mandi untuk menetralkan bau. Namun, Anda tetap perlu membersihkan kamar mandi meski mendapat bantuan dari tanaman tersebut.

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *