Intermezzo

Mengintip 8 Tips Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker

Platform Facebook yang viral sejak tahun 2000-an sampai sekarang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Sehingga tidak mengherankan banyak orang melakukan aktifitas...

Written by Jeng Susan · 3 min read >
Mengintip 8 Tips Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker

Platform Facebook yang viral sejak tahun 2000-an sampai sekarang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Sehingga tidak mengherankan banyak orang melakukan aktifitas dunia maya, seperti berbisnis, menyebarkan berita, membuat forum, dan mengemukakan pendapat. Sayangnya ada juga yang berniat merugikan orang lain dengan cara mengacaukan akun facebook. Berikut ini berbagai tips mengamankan akun facebook yang layak diterapkan.

Biasanya aktifitas mengacau akun facebook milik orang lain dilakukan demi memperoleh keuntungan secara ilegal. Ada jutaan akun facebook yang dapat dimanfaatkan untuk media penipuan dan penyebaran hoax oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Dalam masyarakat dengan kemajuan digital yang masif tentu tidak asing dengan istilah hacker. Ya, mereka adalah kelompok orang-orang yang mampu meretas akun media sosial dan perangkat software. Akibat ulah para hacker ini akun facebook yang diretas tidak dapat diakses dan menampilkan unggahan yang tidak pernah pemiliknya lakukan.

Baca juga : Mekanisme Pemesanan di Konveksi Baju Online

Intip 8 Tips Mengamankan Akun Facebook

Tips Melindungi Akun Facebook dari Hacker

Meskipun Anda sudah bijak dan berhati-hati menggunakan media sosial, tetapi keberadaan hacker menimbulkan kewaspadaan. Lindungi akun facebook dari serangan hacker dengan menerapkan 8 tips mengamankan akun facebook dari kangsandi berikut. Check this out!

1. Mengganti Password Dengan Kombinasi Rumit

Apabila mulai mencurigai akun Facebook kena hack sebaiknya langsung memperbarui password supaya aman. Sangat direkomendasikan mengganti password dengan perpaduan rumit. Seperti kombinasi huruf kapital, huruf kecil, tanda baca, dan angka.

Coba lihat apakah facebook memberitahukan bahwa password yang Anda masukkan rumit, sedang, atau lemah. Semakin panjang dan rumit password akun facebook akan mempersulit hacker melakukan pembobolan.

Selain itu, mengganti password dalam jangka waktu tertentu atau berkala. Minimal mengganti password setiap 3-6 bulan sekali. Tips pertama ini sangat direkomendasikan agar akun facebook senantiasa terlindungi.

2. Hindari Fitur ‘Remember Password’ Saat Login

Biasanya banyak orang mengakses akun facebook miliknya dimana saja dan menggunakan perangkat siapa saja. Contohnya, menggunakan perangkat PC di warnet, kantor, dan smartphone milik teman.

Saat mengakses akun facebook biasanya muncul menu ‘remember password’. Apabila melihat tanda tersebut sebaiknya hindari mengaktifkan mengingat password. Alangkah baiknya tidak log-in ke perangkat orang lain apabila tidak mendesak dan penting. Belajarlah bijak dalam hal mengakses akun milik Anda melalui perangkat asing.

3. Manfaatkan Fitur ‘Peringatan Login’

Platform facebook memiliki fitur canggih yaitu ‘Peringatan Login’. Fitur satu ini akan memberikan informasi berupa notifikasi jika akun facebook diakses oleh browser atau perangkat mencurigakan.

Pihak facebook juga dapat memberikan informasi terkait jenis perangkat dan lokasi dimana akun facebook diakses. Aktifkan fitur peringatan log-in melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Membuka Facebook melalui browser, klik ‘tanda panah ke bawah’ yang ada pada bagian pojok kanan atas;
  2. Memilih Pengaturan & Privasi, klik ‘Pengaturan’ dan pilih ‘Keamanan dan Info Login’
  3. Lakukan scroll ke bawah, kemudian klik ‘Edit’ dalam kolom ‘Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal’;
  4. Pilih ‘Dapatkan Pemberitahuan’ menggunakan opsi yang diinginkan. Dapat memilih  Notifikasi, E-mail, maupun Messenger;
  5. Terakhir mengklik menu ‘Simpan Perubahan’.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication

Autentikasi Dua-Faktor merupakan fitur facebook yang meminta kode rahasia apabila ingin login pada perangkat baru. Kode rahasia ini muncul diperangkat milik Anda yang dipilih sendiri. Biasanya kode akses akan tampil pada smartphone pribadi.

Jadi, pastikan smartphone selalu berada di tangan Anda. Jangan biarkan orang lain tahu kode rahasia yang dikirim dari pihak facebook. Berikut ini cara mengaktifkan Two-Factor Authentication yang daat diikuti :

  1. Membuka Facebook melalui browser dan mengklik ‘tanda panah ke bawah’ yang ada pada pojok kanan atas;
  2. Memilih ‘Pengaturan & Privasi’, klik ‘Pengaturan’;
  3. Pilih menu ‘Keamanan dan Info Login’;
  4. Selanjutnya scroll ke bawah, pilih Edit pada bagian ‘Gunakan autentikasi dua-faktor’;
  5. Aktifkan dan simpan perubahan.

5. Tidak Menggunakan Password yang Sama

Setiap orang dapat memiliki akun facebook lebih dari satu. Nah, apabila Anda pernah membuat beberapa akun maka ingatlah lagi jumlah akun milik Anda. Periksa satu per satu password akun tersebut apakah sama atau berbeda.

Apabila akun-akun facebook tersebut memiliki password sama sebaiknya langsung diubah. Jangan lupa pilih perpaduan huruf, angka, dan tanda baca sebanyak minimal 6 karakter. Perhatikan tingkat kerumitannya agar tidak mudah diterka oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Setiap akun media sosial online idealnya memiliki kata kunci berbeda-beda satu dengan lainnya. Disamping itu, hindari menggunakan kata-kata umum, tanggal lahir, nama sendiri untuk dijadikan password. Setelah password baru dinilai rumit, maka jangan sesekali memberitahukan kepada orang lain.

6. Menghindari Phising

Maraknya kejahatan internet terjadi saat ini melalui aktivitas phising. Phising merupakan jebakan dilakukan melalui medium palsu yang sengaja dirancang supaya terlihat dirilis oleh pihak resmi.

Umumnya pelaku kejahatan dunia maya akan mengirim e-mail dan membuat situs abal-abal yang identik dengan situs asli. Melalui situs tersebut, para korban diminta log in menggunakan e-mail dan password. Selanjutnya pelaku akan memanfaatkan e-mail untuk mengirimi pesan spam.

Oleh sebabnya, sebelum memasukkan informasi log-in facebook melalui platform apapun pastikan situs tersebut resmi dan asli. Jika terlanjur terkena phising maka tindak lanjuti dengan mengatur ulang password dengan karakter yang rumit dan sulit ditebak.

Jangan lupa log out akun facebook Anda dari perangkat publik atau milik orang lain. Anda dapat melakukan proses log-out secara jarak jauh. Ikuti cara-cara berikut ini yang dinilai efektif, antara lain :

  1. Membuka akun facebook Anda, dan mengklik tanda segitiga kecil yang berada di pojok kanan atas;
  2. Pilih menu “pengaturan”, selanjutnya klik “Keamanan dan info log in”;
  3. Klik menu “Di mana Anda log in” dan cek mana saja perangkat yang tidak dikenali;;
  4. Setelah itu, pilih satu persatu dari perangkat tersebut dan klik tombol “log out”.

7. Bijak Memilih Teman Facebook

Rata-rata pengguna akun facebook ingin memiliki teman berjumlah banyak. Sebenarnya tindakan ini sah-sah saja asalkan berteman dengan orang yang dikenali dalam dunia nyata. Dalam hal memilih teman facebook juga harus bijak dan hindari menerima permintaan pertemanan dari akun tidak dikenal.

Pasalnya, bisa saja akun tidak dikenal itu palsu atau dibuat dengan niat memata-matai Anda. Selain itu bermanfaat meminimalisir potensi orang asing mengirim pesan spam dan menandai akun dengan hal-hal serampangan.

8.Tidak Asal Mengklik URL

Seringkali Anda menerima tautan dari facebook dan platform lainnya. Perhatikan apakah URL tersebut aman dibuka atau tidak. Hindari membuka URL yang menghubungkan langsung dengan akses masuk akun facebook Anda.

URL yang memuat informasi clickbait juga wajib diwaspadai. Ingat bahwa pihak facebook tidak akan meminta email dan password facebook Anda melalui URL lain. Ketika menemukan URL mencurigakan, sebaiknya segera laporkan agar dapat ditangguhkan atau diblokir oleh pihak facebook.

Seperti itulah 8 tips mengamankan akun facebook yang efektif dari gangguan hacker. Sebaiknya diterapkan karena mencegah lebih baik daripada mengatasi.

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *