Skip to content →

7 Tips Menjaga dan Merawat Organ Intim Wanita yang Wajib Diketahui

Tips Menjaga dan Merawat Organ Intim Wanita Dengan Cara Sederhana

Tips menjaga dan merawat organ intim wanita, sejatinya tidak boleh diabaikan. Perawatan wajah dan tubuh adalah hal yang selalu diperhatikan oleh kaum perempuan, namun sayangnya, masih sedikit yang peduli terhadap kesehatan organ intimnya.

Padahal, organ tersebut penting untuk diperhatikan perawatannya. Organ intim yang kurang atau tidak dirawat sama sekali, dapat menimbulkan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap hingga penyakit seksual.

Lalu, bagaimana cara menjaga dan merawatnya? Yuk, simak berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sehari-hari:

Baca artikel lainnya; MOTHERHOOD

Hindari menyemprotkan air dari selang langsung ke arah vagina

Jika Anda sering menyemprotkan air ke arah vagina atau organ intim, segera hentikan kebiasaan tersebut. Usahakan untuk tidak langsung mengarahkan selang ke bagian vagina.

Arahkanlah air dan selang dari arah depan vagina, agar nantinya air turun lagi ke bawah, sehingga bakteri tidak akan masuk ke bagian vagina.

Bersihkan organ intim hanya dari luar

Pada dasarnya, organ intim wanita ternyata memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri bagiannya. Jadi, Anda hanya perlu membersihkan organ intim dari luarnya saja dengan menggunakan air.

Jika sedang haid, gantilah pembalut setiap 2-3 jam sekali

Pada saat Anda sedang haid atau menstruasi, jangan pernah malas untuk mengganti pembalut. Darah haid yang Anda biarkan mengandung bakteri yang membahayakan bagi kesehatan organ intim. Maka dari itu, gantilah pembalut dalam jangka waktu 3 hingga 4 jam sekali.

Merawat organ intim wanita sebelum dan sesudah berhubungan badan

Bagi Anda yang sudah menikah, hal ini penting sekali dan tidak boleh diabaikan. Membilas organ intim sebelum dan sesudah berhubungan badan terbukti dapat mencegah penyebaran bakteri dari pasangan Anda. Selain itu, cara ini pun mampu mencegah timbulnya penyebaran penyakit seksual.

Gunakan vaksin HPV

Untuk mencegahpenyakit kanker serviks, gunakan vaksin HPV dengan cara mengunjungi dokter terdekat yang Anda percayakan. Kanker serviks adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HPV.

Virus ini tidak hanya bisa menular melalui hubungan intim saja, tapi bisa juga menyebar melalui cara lain seperti dari dudukan toilet yang kotor. Vaksinasi ini umumnya bisa diberikan pada usia 9 hingga 24 tahun.

Vaksinasi ini pun terbukti mampu mencegah kanker serviks hingga 100%.

Selalu membersihkan bagian intim minimal satu kali dalam sehari

Selain membersihkan organ intim setelah buang air kecil, jangan lupa juga untuk membersihkannya minimal satu kali dalam sehari menggunakan air hangat, terutama  setelah Anda buang air besar.

Jika Anda sedang haid, bersihkan vagina dua kali dalam sehari menggunakan air hangat untuk mencegah bakteri yang membahayakan organ intim Anda.

Jangan menggunakan sabun biasa untuk membersihkan organ intim

Sabun biasa umumnya dibuat untuk mencocokkan pH kulit yaitu 5,5, sedangkan pH organ intim wanita adalah 3,5 hingga 4,5 saja.

Jadi, jika Anda berniat atau selalu membersihkan organ intim dengan sabun biasa, sebaiknya segera hentikan. Jika Anda ingin membersihkannya dengan menggunakan sabun, sebaiknya gunakan sabun khusus untuk kewanitaan.

Ketidakcocokan pH tersebut memungkinkan bakteri tetap hidup pada organ intim Anda.

Demikian telah kami ulas secara lengkap 7 tips menjaga dan merawat organ intim wanita dengan cara sederhana. Tips di atas bisa Anda aplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dari rangkuman di atas, sedikit banyaknya kita menjadi tahu betapa pentingnya perawatan terhadap organ intim yang jarang disadari oleh beberapa kalangan wanita. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Published in Beauty Class Motherhood

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *