Connect with us

Hi, what are you looking for?

Culture

Intip Sajian Menu Syukuran 4 Bulanan Adat Jawa yang Menggoda Selera

4 Bulanan Adat Jawa

Menyambut hari kelahiran si kecil menjadi perjalanan mendebarkan bagi pasangan suami-istri. Terlebih kehadiran seorang anak sudah dinantikan sejak lama. Setiap momen harus dirayakan, itulah mengapa salah satunya ada acara syukuran 4 bulanan dalam kebudayaan Jawa. Ada hidangan khusus yang disajikan sehingga menu syukuran 4 bulanan adat Jawa perlu disiapkan sebaik mungkin sesuai tradisi.

Nama upacara syukuran 4 bulanan ini adalah “mapati” atau beberapa menyebutnya dengan “ngupati”. Meskipun tidak begitu familiar di masyarakat Indonesia secara umum, bagi orang Jawa acara ini tergolong sakral. Tempat pelaksanaannya di rumah orangtua si calon bayi atau tempat di mana pasangan suami-istri tersebut tinggal. Terdapat menu syukuran 4 bulanan adat Jawa yang wajib disediakan sebagai penyempurna prosesi upacara.

Apa Itu Mapati?

4 Bulanan Adat Jawa
source: www.lucedale.co

Mapati merupakan sebuah upacara yang digelar saat seorang wanita Jawa tengah hamil 4 bulan. Pada usia kandungan ini, roh mulai masuk ke dalam janin sehingga menjadi hidup. Adanya ucapara mapati sebagai bentuk permohonan agar roh yang dimasukkan adalah roh baik.

Upacara ini termasuk selamatan kenduri, artinya sebuah ritual yang diselenggarakan di tempat calon orangtua tersebut tinggal. Persyaratan lainnya harus ada hidangan menu syukuran 4 bulanan adat Jawa. Jenis makanan yang disajikan berupa bubur abang putih, kupat sumpel, nasi megono, dan berbagai macam jajanan khas pasar. Tak hanya itu, waktu pelaksanaannya pun harus ditetapkan berdasarkan perhitungan Jawa.

Tambahan lainnya adalah si penyelenggara acara harus menyediakan besek bagi tamu yang hadir. Besek adalah wadah penyimpanan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Bentuknya kotak dan memiliki penutup. Tamu yang hadir dalam acara 4 bulanan adat Jawa saat akan meninggalkan tempat diberi besek yang berisi sajian kupat.

Macam-Macam Menu yang Dihidangkan

Acara syukuran 4 bulanan atau mapati harus dipersiapkan sebaik mungkin. Sebab tujuan dari kegiatan ini sangat serius, yakni memohon kehidupan yang baik bagi si calon bayi. Selain ruh yang ditiupkan, pada masa kandungan 4 bulan juga ditetapkan rezeki, amal, hingga nasibnya sang anak begitu lahir ke dunia. Sebagai pelengkap tradisi, inilah menu syukuran 4 bulanan adat Jawa yang harus disediakan:

1. Nasi Megono

Nasi megono berasal dari Pekalongan. Di daerah asalnya orang-orang menyebutnya juga dengan sego megono. Tak sulit mencari nasi megono di sana karena seperti sudah menjadi makanan wajib kapan pun waktu menyantapnya. Dulu, nasi megono dijadikan sesaji oleh masyarakat Mataram Kuno bagi Dewi Sri.

Isi besek nasi megono adalah nasi putih, nangka muda (gori), dan urapan cecek (nangka muda yang dipotong cacah lalu diberi bumbu parutan kelapa). Dalam beberapa menu syukuran 4 bulanan adat Jawa, si penyelenggara ada yang menambahkan isinya dengan tempe mendoan, bacem-baceman, dan ikan pe (ikan sungai).

2. Bubur Abang Putih

Bubur abang putih sebenarnya adalah bubur merah putih. Nama lain dari bubur ini adalah bubur sengkolo. Warna merah dan putih dihasilkan dari perpaduan gula aren dan bubur ketan yang berwarna putih polos. Selain itu, sebelum disantap, bubur akan dituangkan kuah santan di atasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bagi masyarakat Jawa, bubur ini memiliki filosofis untuk menangkal bala atau kesialan. Adanya bubur ini sebagai salah satu menu syukuran 4 bulanan adat Jawa diharapkan mampu mengusir hal-hal buruk bagi si calon bayi. Selain pada acara mapati, bubur abang putih pun bisa ditemui pada acara syukuran lainnya, seperti upacara musim panen atau acara pernikahan.

3. Kupat Sumpel

Layaknya seperti ketupat pada umumnya, kupat sumpel pun terbuat dari beras. Namun, hal yang membedakan kupat sumpel dengan ketupat lebaran adalah bentuknya. Bentuk kupat sumpel tidak persegi empat, melainkan limas segitiga. Selain itu, daun pembungkusnya pun menggunakan daun bambu.

Bentuk limas segitiga memiliki makna yang mendalam, yaitu bagian atas melambangkan hubungan manusia dengan Tuhan, sedangkan bagian bawah mencirikan hubungan antar sesama manusia. Nama kupat sumpel dikenal juga dengan “kupat sumpil” yang kerap digunakan untuk tradisi weh-weh-an.

Baca juga: 7 Bulanan Adat Jawa

4. Wajik

Ini adalah salah satu jajanan khas Jawa yang sangat populer dan enak dijadikan kudapan. Bahan dasar pembuatnya adalah beras ketan, gula Jawa, dan santan. Begitu cemilan ini digigit, pasti rasa manis yang khas langsung lumer di mulut. Meskipun teksturnya lengket, orang-orang sering menjadikannya sebagai sajian pendamping.

Wajik tidak hanya menjadi salah satu opsi menu di acara mapati. Wajik juga sering ditemui pada acara pernikahan. Bahkan teksturnya yang lengket memberikan makna filosofis agar kedua mempelai terus bersama hingga akhir hayat mereka.

5. Arem-Arem

Sekilas bentuknya seperti makanan sushi yang terkenal dari Jepang. Bedanya, daging yang ada di dalam arem-arem sudah matang, bukan lagi daging mentah. Daging yang digunakan pun daging ayam halus dengan lumuran sambal. Setelah dimasukkan ke dalam beras, bagian luar dibungkus dengan daun pisang.

Ada yang bilang arem-arem juga mirip lemper. Meski sama-sama dibungkus daun pisang, tekstur lemper lebih berminyak karena supaya permukaan ketannya tidak menempel ke daun pembungkus. Sedangkan, arem-arem tidak begitu karena isinya adalah nasi pulen.

6. Klepon

Jajanan pasar lainnya yang menjadi menu syukuran 4 bulanan adat Jawa adalah klepon. Bentuknya bulat seperti bola-bola kecil dan diselimuti parutan kelapa putih. Bahan dasar pembuatnya adalah tepung beras ketan, lalu pada bagian dalam diisi dengan gula Jawa cair. Itulah sebabnya begitu klepon digigit ada rasa manis yang meleleh pada lidah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Klepon disajikan di atas wadah yang dilapisi dengan daun pisang. Biasanya, kalau ada klepon, ada juga cenil dan getuk. Bagi masyarakat Jawa, kue klepon biasa disantap untuk cemilan sore selain menjadi kudapan pada saat acara-acara khusus. Ada dua jenis warna klepon, yaitu hijau dan putih. Warna hijau diciptakan dari daun pandan atau daun suji.

7. Kue Mendut

Pernah dengar cerita tentang Roro Mendut? Beberapa orang meyakini kalau nama kue ini terinspirasi dari kisah tersebut. Kue yang mulai jarang ditemui ini biasa menjadi hidangan pendamping pada acara-acara spesial orang Jawa, termasuk upacara 4 bulanan. Bagi yang ingin mencicipinya, bisa mencari di pasar Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Kue tradisional ini berwarna hijau. Teksturnya kenyal dan lengket, serta memiliki rasa manis. Kue mendut dibungkus dengan daun pisang. Begitu dibuka, aroma pandan yang kuat akan langsung tercium. Cara memakannya ditambah dengan kuah santan supaya lebih nikmat.

8. Cenil

Sekilas nama kue ini sudah disinggung di atas saat membahas kue klepon. Memang benar, kurang lengkap rasanya kalau menghadirkan klepon tanpa cenil. Bentuk kue ini mirip klepon hanya saja lebih menarik karena permukaannya berwarna-warni. Bahan utamanya tepung kanji yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk lonjong atau kotak kecil.

Tidak seperti klepon yang sangat kental dengan rasa manisnya, rasa cenil lebih unik, yakni manis yang bercampur gurih. Itulah sebabnya cenil pendamping yang cocok bagi jajanan pasar manis lainnya. Selain itu, tekstur cenil pun kenyal sehingga nikmat disantap secara santai.

Itulah sejumlah menu syukuran 4 bulanan adat Jawa yang menggugah selera. Tapi sebenarnya di balik menariknya menu-menu ini ada makna tersendiri bagi si tuan rumah. Salah satunya adalah doa supaya anak yang dikandung menjadi anak yang baik dan diberikan berkah. Meskipun upacara 4 bulanan ini merupakan kebudayaan Jawa, ada juga beberapa masyarakat Indonesia yang turut menggelarnya namun tidak menyuguhkan menu-menu khusus di atas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...