Travel

Liburan Berkesan di Pantai Widara Payung Cilacap

Liburan Berkesan di Pantai Widara Payung Cilacap

Pantai Widara Payung Cilacap, bisa menjadi destinasi wisata menarik. Terutama, saat libur datang. Pantai ini, terletak di Desa Widara Payung Wetan, Binangun. Banyak orang yang lebih kenal, pantai teluk penyu. Dibandingkan, pantai widara payung. Tetapi, pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Keindahan Lengkap dari Pantai Widara Payung Cilacap

Keindahan pantai widara payung, dikelola oleh penduduk setempat. Pantai memiliki ukuran, yang sangat luas. Sampai mencakup tiga desa. Yaitu, Desa Sidayu, Desa Widarapayung Wetan dan Desa Widarapayung Kulon.

Biasanya, pantai selatan terkenal dengan ombak besarnya. Berbeda dengan pantai widara payung. Ombaknya justru sangat tenang. Tapi, suara ombak masih terdengar. Suasana ini, sangatlah romantis. Bagus untuk mereka, yang datang bersama pasangan. Terlebih, dengan suasana yang tidak terlalu ramai.

Ombak yang cukup tenang. Dimanfaatkan oleh para peselancar awal, untuk latihan. Anda juga bisa belajar selancar di pantai ini.

Pohon kelapa sudah biasa dijumpai di pantai. Begitu juga dengan pantai ini. Tapi, bukan hanya pohon kelapa. Anda akan menjumpai tanaman liar, di sekitar pantai. Tanaman itu mirip dengan pandan. Tapi tidak mengeluarkan bau wangi sedikit pun. Teksturnya pun lebih tebal. Ditemukan duri juga di dedaunannya. Tanaman ini, mirip dengan tanaman gurun pasir. Suasana pun terasa seperti di padang pasir.

Ingatkah Anda dengan tragedi tsunami di Cilacap 2006? Pantai ini, sebenarnya tidak mengalami tsunami. Tapi, ikut merasakan dampaknya dari pantai lain. Tugu di sekitar pintu masuk menjadi saksi bisu. Ombak tsunami menerjang kawasan ini, hingga pada tugu. Biasanya, tugu ini digunakan untuk beristirahat. Tapi, kini banyak yang teringat masa itu, melalui tugu tersebut.

Fasilitas lengkap, tersedia bagi para wisatawan. Seperti, kolam renang, gubuk pantai, naik kuda, penginapan, dan warung. Semua fasilitas memudahkan wisatawan, dalam berwisata. Kolam renang cocok untuk anak-anak. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir. Tapi, tetap harus diperhatikan dengan baik.

Gubuk pantai digunakan untuk beristirahat. Menikmati pantai dan cemilan. Banyak warung di sekitar pantai. Berbagai makanan dan minuman juga ditawarkan. Anda akan betah berlama-lama. Keindahan dan kesegaran udara, menjadi daya tarik tersendiri. Jika memang satu hari belum cukup. Anda bisa mencari penginapan. Banyak penginapan yang bisa dipilih. Harga dan fasilitasnya juga bervariasi.

Terdapat tiga pintu masuk. Pintu masuk utama ada di desa Widara Payung Wetan. Harga tiket masuknya Rp 5.000. Untuk pintu masuk di perbatasan desa Widara Payung Wetan, dengan sidayu Rp 3.000. Harga Rp 3.000 juga diberikan untuk pintu masuk perbatasan, desa sidayu dan widayapayung kulon.

Jika Anda pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh. Makanan bisa dijadikan pilihan oleh-oleh. Seperti, rempeyek yutuk, urap kluban, dan gembus. Masih banyak oleh-oleh lain. Pilih sesuai selera Anda. Jangan lupa perhatikan budget Anda.

Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata

Terdapat dua akses jalan. Yaitu, dari Purwokerto dan Cilacap atau Kebumen. Jika Anda melalui Puwokerto. Anda harus melalui jalan buntu kroya, pertigaan jepara kulon, kanan, perempatan binangun, kiri, tiba di lokasi. Berbeda, jika Anda menggunakan akses jalan Cilacap atau Kebumen. Menuju arah timur, melalui jalan diponegoro. Anda akan melalui desa widarapayung.

Jika Anda merasa bingung. Gunakan map di google. Petunjuk arah akan lebih jelas dan lengkap. Dengan mengikutinya, Anda akan sampai ke tujuan. Demikian pesona alam pantai Widara Payung Cilacap.

Baca juga rekomendasi tempat wisata menariknya dari Jeng Susan

Related posts

Wisata Alam Pantai Indrayanti Jogja yang Lengkap

Jeng Susan

Tempat Wisata Onrust di Pulau Seribu yang Bikin Ketagihan

Jeng Susan

Pesona Air Terjun Benang Kelambu Geopark Rinjani di Lombok

Jeng Susan

Leave a Comment