Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Beberapa Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab Bayi Rewel Dan Susah Tidur

Bayi rewel dan susah tidur memang menjengkelkan dan harus diatasi secepatnya. Hal itu tentu saja bisa mengganggu kesehatan si bayi itu sendiri. Atas dasar itu, orangtua harus tahu penyebab bayi rewel dan susah tidur sebelum mulai melakukan tindakan pencegahan.

Nah, jika ingin tahu penyebab yang sebenarnya, silakan baca artikel ini. Di bawah akan diuraikan tentang penyebab si kecil rewel dan susah tidur yang paling umum. Ini penyebab yang dimaksud:

Beberapa Penyebab Bayi Rewel Dan Susah Tidur

Penyebab Bayi Rewel Dan Susah Tidur
Gambar oleh Regina Petkovic dari Pixabay

1. Lapar dan Haus

Jika anak lapar dan haus di malam hari, pasti akan menangis. Maka dari itu, masalah ini dianggap penyebab bayi rewel dan susah tidur yang pertama.

Kalau masalah ini yang terjadi, maka segera si ibu bangun untuk menyusui si kecil. Biasanya, kalau sudah puas si bayi akan tenang dan tertidur dengan sendirinya. Kecuali, ada masalah lain yang membuat si kecil tetap menangis.

2. Kepanasan atau Sumuk

Jangankan bayi, orang dewasa pun pasti terbangun dari tidurnya jika kepanasan. Apalagi sampai mengeluarkan keringat yang cukup banyak.

Terkadang, bayi bangun tengah malam, menangis dan rewel juga disebabkan oleh hal tersebut. Maka dari itu, orangtua harus memastikan kalau suhu di dalam kamar tetap sejuk namun tetap normal. Alasannya karena jika terlalu dingin juga bisa membuat pernafasan si kecil tidak maksimal.

3. Terbangun Dari Tidur Singkat

Seorang bayi membutuhkan waktu tidur yang cukup. Nah, jika terbangun dari tidur yang singkat, bisa dipastikan anak tidak bisa tidur lagi dan terus menangis.

Solusinya ialah tidurkan bayi di waktu yang tepat. Pastikan juga, kalau durasi waktunya ideal dengan cara tidak melakukan distraksi atau gangguan yang membuat anak terbangun dari tidurnya.

Baca juga: Penyebab Bayi Rewel

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Mengalami Demam

Anak demam juga berpotensi mengganggu tidur malamnya. Bahkan ini menjadi penyebab bayi susah tidur dan rewel yang harus segera diatasi secepatnya. Termasuk membawanya ke dokter spesialis bayi.

Gejala ini salah satunya ialah, tubuh si bayi menghangat dan mengeluarkan keringat. Jika ini yang terjadi, tindakan penurunan demam adalah langkah yang tepat sebelum anak mengalami step atau kejang.

5. Tidur di Waktu yang Tidak Tepat

Terkadang orangtua membiarkan anaknya tidur di sembarang waktu. Seperti tidur saat senja atau pagi hari setelah subuh.

Ini sangat tidak baik bagi kesehatan si bayi dan berpotensi membuatnya terbangun di tengah malam. Akhirnya, si bayi akan susah tidur dan terus menangis.

6. Buang Air

Penyebab yang berikutnya ialah anak sedang buang air kecil atau buang air besar. Jika popoknya tidak bagus dan meluber, tentu itu membuat tidur si kecil terganggu.

Solusi untuk masalah ini yang pasangkan bayi popok yang bagus dan berkualitas tinggi. Paling tidak yang memiliki kemampuan menyerap tinja dan urine terbaik agar tubuh si kecil tetap kering.

7. Gatal Biang Keringat

Jika anak susah tidur dan rewel di malam hari coba periksa di sekujur tubuhnya. Jangan-jangan si kecil sedang mengalami kulit gatal akibat biang keringat.

Masalah ini memang terasa gatal saat malam hari. Terlebih di waktu tersebut suasananya lebih sejuk dan dingin yang membuat bakteri di bawah kulit leluasa melakukan pergerakan.

Jika ingin mengatasi tidur malam si kecil yang terganggu, silakan cek dulu penyebab bayi rewel dan susah tidur yang sebagian besarnya sudah dijelaskan di atas. Setelah itu, baru orangtua mencari solusi yang tepat agar anak bisa tidur dengan nyaman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...