Ayo Kurangi Konsumsi 4 Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Ini

Penyebab Jerawat Dan Komedo

Komedo adalah benjolan kecil pada wajah yang berwarna hitam, merupakan cikal bakal dari jerawat. Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit wajah akibat adanya kulit mati dan produksi sebum (minyak) berlebih pada wajah. Produksi hormon yang berlebih serta makanan penyebab jerawat dan komedo, merupakan faktor pendukung penyebab masalah pada kulit wajah.

Jerawat dan komedo yaitu masalah kulit yang paling sering terjadi pada wajah, terutama saat masa pubertas. Perubahan kondisi hormon terjadi pada masa pubertas, hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada permukaan kulit wajah. Malas membersihkan wajah setelah menggunakan riasan dan mencuci wajah dengan sabun cuci muka merupakan sebab jerawat dan komedo muncul pada perempuan.

Menjaga kebersihan kulit wajah, faktor utama lainnya yaitu makanan penyebab jerawat dan komedo. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga dapat berpengaruh pada produksi sebum (minyak) di kulit wajah jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut 4 makanan penyebab jerawat yang patut dikurangi jumlah konsumsinya.

Kurangi Konsumsi 4 Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Ini

Penyebab Jerawat Dan Komedo
www.medicalnewstoday.com

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak tinggi, sehingga berdampak buruk bagi tubuh, terutama pada kulit wajah. Lemak tinggi, kandungan garam dan gula yang cukup tinggi juga terdapat dalam makanan cepat saji. Makanan cepat saji memiliki risiko tinggi sebagai makanan penyebab jerawat dan komedo, yaitu sekitar 24%.

Kesehatan jantung juga terganggu ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, karena kandungan lemak jenuh yang berisiko pada meningkatkan kadar kolesterol, sehingga mengganggu kinerja jantung. Penikmat makanan cepat saji tidak harus langsung berhenti mengonsumsi. Mengurangi jumlah makanan cepat saji yang dikonsumsi merupakan salah satu solusi untuk mulai menghindari makanan ini.

2. Produk Olahan Susu

Es krim dan yogurt merupakan contoh dari produk olahan susu yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Produk olahan susu memiliki kemungkinan memicu peningkatan hormon insulin yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah. Cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan olahan susu, seperti yogurt dan es krim terlalu banyak, menghindari peningkatan berlebih dari hormon insulin yang dapat menjadi masalah pada kulit wajah.

3. Makanan Tinggi Gula

Makanan penyebab jerawat dan komedo selanjutnya yaitu makanan yang memiliki kandungan tinggi gula, seperti permen, sereal instan dan roti putih. Apabila makanan tersebut merupakan menu sarapan kesukaan, bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi sereal instan dan roti putih untuk sarapan pagi selamanya, hanya mengurangi konsumsinya saja. Makanan-makanan karbohidrat olahan dan mengandung kadar gula, cenderung memiliki kadar glikemik. Apabila makanan mengandung glikemik yang tinggi, tubuh mampu memproduksi insulin dan kadar gula tinggi lebih cepat. Faktor tersebut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga timbul jerawat dan komedo.

baca juga: Cara Mengatasi Iritasi Kulit

4. Produk Olahan Biji-Bijian

Biskuit, kue, dan pasta yang terbuat dari tepung terigu merupakan contoh dari makanan olahan dari biji-bijian. Olahan biji-bijian mengandung lebih banyak lemak yang mampu menyebabkan produksi sebum (minyak) pada wajah menjadi lebih banyak. Jerawat dan komedo muncul karena penumpukan sebum (minyak) yang terdapat pada wajah melebihi kapasitasnya. Mulai sekarang, coba kurangi konsumsi makanan olahan dari biji-bijian untuk menghindari pertumbuhan jerawat dan komedo pada kulit wajah.

Dari 4 daftar makanan penyebab jerawat dan komedo tersebut, adakah yang menjadi makanan favorit ? Apabila ada makanan favorit, bukan berarti tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk selamanya. Dianjurkan untuk mengurangi jumlah dalam mengkonsumsinya pada batas wajar, tidak melebihi batas wajar (berlebih). Makanan-makanan tersebut memiliki dampak buruk pada wajah dan memicu pertumbuhan jerawat dan komedo yang mengganggu. Makanan tersebut juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =

Scroll to Top