Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Ketahui 5 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Adanya respon dari kulit yang berkelanjutan terhadap kedatangan benda maupun zat asing membuatnya terkelupas dan berganti dengan sel yang baru. Setiap orang memiliki perbedaan tanggapan tentang hal ini, karena beragam faktor penyebabnya. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab kulit wajah mengelupas paling sering terjadi, antara lain:

5 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas
Gambar oleh Natálie Šteyerová dari Pixabay

1. Kulit Pada Wajah Kering

Pada saat wajah terasa kaku dan aneh ketika digerak-gerakkan suatu pertanda bahwa kulitnya mengalami kekeringan. Keberadaan sel-sel kulit menjadi sulit untuk menempel sesuai dengan tempatnya yang akhirnya terkelupas. Butuh pelembab yang menolong agar keadaan kembali normal serta tidak memperparah kondisi muka.

Lembabnya kulit untuk muka itu dapat menggunakan produk kecantikan yang cocok dan tepat. Tidak bisa asal memilih obat, jika berada pada posisi ini karena akan berpengaruh untuk jangka panjang. Perawatan bisa dilakukan dengan disesuaikan keadaan lingkungan serta bahan-bahan yang dibutuhkan.

2. Penggunaan Obat

Suatu obat memiliki kandungan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Apalagi untuk menangani kulit pada wajah tidak bisa sembarangan. Kesalahan dalam pemilihan produk yang dimasukkan dalam tubuh menjadi  penyebab kulit wajah mengelupas hingga tidak terkendalikan. Ada sisi positif saat terjadi pengelupasan yaitu pergantian sel kulit mati dengan yang baru.

Adanya obat-obatan yang biasanya berdampak seperti ini yang mengandung retinol, benzoyl peroxide dan juga asam salisilat. Tidak hanya itu, terdapat jenis lainnya yang merupakan dampak samping dari penggunaan obat-obatan. Apalagi bagi wajah yang sensitif sangat rawan mengalami hal serupa dan terjadi dalam kurun waktu cukup lama.

3. Reaksi Alergi

Tanpa disadari adanya reaksi alergi yang terjadi pada muka setelah memakai produk tertentu. Hal ini dapat berakibat fatal jika tak ditangani dengan segera, karena bukan hanya mengelupas tapi bisa sampai melepuh. Keadaan setiap kulit berbeda saat menerima benda asing yang menempel padanya.

Apabila dibiarkan terus-menerus tanpa penanganan khusus, akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri. Butuh pemeriksaan lebih lanjut, jika mendapatkan alergi pada wajah yang semakin memburuk agar segera membaik. Baca dengan teliti produk yang akan digunakan untuk bagian muka, supaya tidak mengalami hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Wajah

4. Hipotiroid

Pada waktu kelenjar yang disebut tiroid ini tidak bisa membuahkan hormon sebagaimana kebutuhan dalam tubuh dengan kadar yang cukup. Hal ini akan menimbulkan beberapa efek buruk pada tubuh. Biasanya paling terlihat pada muka seseorang, sebagaimana kulit yang mengelupas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Keadaan seperti ini sering terjadi pada kulit yang kering. Hal itu juga merupakan efek lainnya dari gangguan pada sistem metabolisme yang berlangsung dalam tubuh. Penggunaan obat dalam menangani pengelupasan yang terjadi pada kulit sangat diperlukan.

5. Kulit Terbakar Matahari

Suatu kulit yang sering terserang sinar matahari secara berkelanjutan dapat kemerahan hingga mengelupas serta berganti kulit. Hal ini tidak begitu baik, maka adanya produk yang dapat melindungi kulit dari terpaan matahari saat berada pada area luar ruangan.

Dampak yang ditimbulkan ada banyak tidak hanya pengelupasan, kondisi ini juga tidak baik untuk tubuh. Apabila kulit terbakar tanpa konsultasi dengan dokter bisa berakibat hal yang tidak diinginkan terjadi pada wajah. Peradangan beserta dengan iritasi pada kulit merupakan efek dari panas matahari.

Demikian pembahasan tentang penyebab kulit wajah mengelupas bisa dibuat pengetahuan tambahan dalam menangani kejadian ini. Tujuannya agar pembaca dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pengelupasan kulit pada wajah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...