Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Ini Penyebab Miss V Perih Dan Gatal, Jangan Lupa Lakukan Perawatannya!

Penyebab Miss V Perih Dan Gatal

Organ intim kewanitaan menjadi hal yang perlu dijaga. Terkadang, rasa gatal dan perih mungkin pernah dialami. Ada beberapa penyebab miss v perih dan gatal yang bisa saja terjadi. Keadaan itu pasti tak nyaman dan membuat seseorang ingin melakukan rebahan di rumah saja. Padahal, rasa perih ini sebenarnya bisa diatasi.

Penyebab Miss V Terasa Perih

Penyebab Miss V Perih Dan Gatal
Gambar oleh Alicia Harper dari Pixabay

Ada berbagai sebab yang membuat rasa perih pada miss v muncul. Untuk itu, perlu penanganan yang berbeda pada setiap penyebab yang terjadi. Berikut hal-hal yang biasanya menjadi penyebab miss v terasa perih:

1. Cedera Fisik

Salah satu penyebab perih pada miss v adalah adanya cedera fisik. Biasanya, cedera fisik terjadi karena goresan dan menyebabkan luka saat mencukur bulu di sekitar vagina atau kecelakaan yang pernah dialami sewaktu kecil.

Selain itu, prose persalinan yang pernah dialami juga bisa membuat cedera fisik. Hal ini lantaran saat proses melahirkan ada robekan yang mungkin terjadi, sehingga miss v biasanya akan terasa perih. Meskipun, hal itu tak akan berlangsung lama.

2. Infeksi Jamur

Penyebab miss v perih juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Biasanya, infeksi pada vagina terjadi karena jamur candida albicans. Saat terkena infeksi jamur maka akan muncul rasa gatal, perih serta adanya cairan berbau tak enak yang keluar.

Untuk mengatasinya, obat anti jamur khusus bisa dikonsumsi. Obat anti jamur bisa berupa tablet atau krim oles. Jangan lupa lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter khusus yang menangani masalah ini.

3. Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis terjadi karena adanya bakteri pada miss v. Selain keperihan, kondisi ini juga dapat membuat aroma tidak sedap muncul dan adanya rasa gatal-gatal yang menyelimuti sekitar miss v.

Apabila terjadi hal ini, lakukan konsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dengan begitu, masalah tersebut akan dapat segera diatasi serta diberikan pengobatan yang sesuai. Jadi, tidak akan berlangsung dalam waktu yang tidak singkat.

Baca juga: Bahaya Haid Di Usia 10 Tahun Ke Bawah

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Vulvodynia

Biasanya, bagi wanita yang mengalami ini akan merasakan nyeri berkelanjutan. Apalagi ketika melakukan hubungan suami istri, rasa sakit seakan tak bisa terhindarkan. Untuk tingkatan sakitnya pun berbeda-beda tergantung keparahannya.

Maka dari itu, perlu penanganan serta perawatan tertentu dalam mengatasi sakitnya. Konsultasikan pada dokter, jika merasakan sakit berlebihan pada vagina. Jangan sekali-kali untuk membeli obat sembarangan tanpa resep di apotik.

Cara Merawat Miss V

Merawat miss v adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Pastikan menjaga kebersihan miss v dan lakukan perawatan standar lainnya. Adapun cara merawat miss v adalah sebagai berikut:

1. Hindari Penggunaan Celana Ketat

Menggunakan celana yang terlalu ketat tidak baik untuk kesehatan miss v. Celana yang  terlalu ketat akan membuat miss v tertekan, sehingga tidak punya cukup ruang untuk bernapas. Jangan gunakan pula bahan celana yang tidak menyerap keringat. Hal ini akan membuat keringat tidak dapat terserap dengan baik dan membuat rasa gatal yang mendera.

2. Kontrol Kesehatan Miss V

Apabila miss v terasa tidak enak, seperti tiba-tiba gatal atau perih maka segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk mengetahui penyebab serta obat yang bisa untuk mengatasinya. Jangan lupa, cek berkala kesehatan miss v agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Gantilah Pakaian Dalam Secara Teratur

Mengganti pakaian dalam secara teratur perlu dilakukan untuk menghindari jamur yang kemungkinan terjadi pada miss v. Pastikan mengganti pakaian dalam minimal 2 kali sekali. Jangan gunakan pula pakaian dalam yang basah, karena akan memicu timbulnya jamur serta penyakit lainnya.

4. Jangan Gunakan Sabun Mandi Untuk Membersihkan Miss V

Sabun mandi mempunyai Ph yang berbeda dengan miss v, sehingga terkadang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman.  Gunakan air bersih  yang mengalir untuk membersihkan miss v. Jangan lupa keringkan dengan handuk yang bertekstur lembut untuk menghindari cedera pada miss V.

Itulah beberapa penyebab miss v perih serta cara merawat miss v secara baik. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan miss v. Jangan lupa lakukan cek berkala pada miss v. Jika  terjadi rasa yang tidak nyaman pada miss v, maka segera konsultasikan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...