Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok

Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat berpengaruh pada penampilan. Kesehatan rambut yang tidak terjaga seringkali membuatnya rusak dan rontok sehingga menyebabkan kurangnya rasa percaya diri. Apalagi jika hal itu terjadi saat show-up di depan khalayak ramai, pastinya akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut sangat penting untuk dilakukan.

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok
Gambar oleh Marfa Bogdanovskaya dari Pixabay

Siapa sangka, kebiasaan sehari-hari yang salah dan tidak disadari dapat menjadi faktor utama penyebab rambut rontok. Kurangnya pengetahuan akan hal itu jika dibiarkan terus berlanjut, tentunya akan memperparah kerusakan rambut. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut!

1. Paparan Suhu Panas Berlebih

Sering melakukan styling pada rambut seperti memakai catokan atau hair-dryer, dapat menyebabkan kerusakan protein keratin pada batang rambut. Akibatnya, kutikula pada rambut akan mudah rusak sehingga keseimbangan kelembaban rambut akan terganggu. Oleh karena itu, rambut akan mudah patah dan rontok.

2. Paparan Berlebih dari Sinar UV

Tidak memakai pelindung kepala saat beraktivitas di luar ruangan dapat memudahkan rambut dan kulit kepala terpapar sinar UV. Kandungan sinar UV-A yang dapat mengubah pigmen rambut dan UV-B yang dapat mendegradasi protein keratin tentunya tidak baik bagi rambut.

3. Stress

Stress dapat menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh meningkat dan mengakibatkan berkurangnya sirkulasi darah sehingga rambut akan kekurangan nutrisi. Jika hal itu terjadi, maka akar rambut juga akan menjadi lebih rapuh kemudian mengalami kerontokan.

4. Jarang Melakukan Keramas

Debu dan kotoran di kulit kepala tidak akan menghilang jika jarang melakukan keramas. Oleh karenanya, folikel rambut menjadi tersumbat hingga menyebabkan pertumbuhan rambut pun terhambat. Kerontokan dan rapuhnya rambut sudah pasti akan terjadi setelah itu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Setelah mengetahui kebiasaan sehari-hari penyebab rambut rontok, tidak akan lengkap bila tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Tentu saja, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Termasuk mengatasi rambut rontok juga. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan tentang rambut rontok yang pastinya alami dan bahannya mudah didapatkan!

1. Menggunakan Masker Rambut Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya khususnya untuk rambut sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Asam amino dan vitamin E nya yang tinggi dapat memelihara kesehatan dan kekuatan rambut, serta mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, rambut akan terlihat lebih berkilau dan lembut.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni mengupas daun lidah buaya lalu mengambil dagingnya, kemudian oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit kepala. Jika ingin menumbuknya agar halus terlebih dahulu, tentu sangat diperbolehkan. Diamkanlah selama 30 menit kemudian dibilas dengan air bersih.

Advertisement. Scroll to continue reading.

baca juga: Cara Cuci Muka Yang Benar

2. Rutin Melakukan Oil Hair Treatment

Melakukan perawatan dengan minyak-minyakan sangat baik untuk kesehatan rambut, khususnya rambut rontok. Asam lemak dan protein serta sejumlah vitamin yang terkandung pada minyak-minyakan tentunya sangat berguna untuk rambut. Eits, namun bukan sembarang minyak yang dapat digunakan. Minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak kemiri adalah minyak-minyak terbaik untuk dijadikan sebagai oil hair treatment tersebut.

3. Mengonsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Protein dan Zat Besi

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi merupakan salah satu cara mengatasi dan mencegah timbulnya rambut rontok. Protein sangat baik untuk keratin dan pertumbuhan rambut, sementara zat besi berperan penting untuk menjaga kekuatan rambut.

Memperbanyak konsumsi makanan seperti ikan salmon dan bayam merupakan salah satu cara untuk mendapatkan protein dan zat besi tersebut. Pemenuhan kebutuhan itu dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan memeliharanya dari kerusakan.

Menjaga kesehatan rambut harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga, penyebab dan cara mengatasi rambut rontok di atas dapat menjadi motivasi untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan rambut dari kerusakan. Rambut adalah mahkota alami, maka kesehatan rambut harus juga diutamakan oleh pribadi. Saatnya say no to rambut rontok!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....