Skip to content →

4 Perempuan Inspiratif Indonesia dengan Prestasi di Panggung Dunia

Ini Dia 4 Perempuan Inspiratif Indonesia dengan Prestasinya di tingkat Dunia

Menjadi seorang perempuan masa kini bukanlah hal yang mudah apalagi jika harus berperan ganda sebagai wanita karir dan juga sebagai Ibu dan istri. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang sulit untuk beberapa perempuan inspiratif yang satu ini. Mereka dapat membuktikan tetap bisa berkarya, berbakti hingga berprestasi di tingkat internasional meski harus berperan ganda. Hal tersebut sejalan dengan impian R.A Kartini yang ingin setiap perempuan bisa menjadi hebat dengan caranya sendiri.

Ingin tahu siapa saja perempuan penuh dengan inspirasi tersebut hingga karya dan prestasinya diakui hingga internasional, berikut ini adalah deretan 4 perempuan luar biasa tersebut:

Perempuan inspiratif Indonesia

Sri Mulyani

Wanita yang pernah menjabat sebagai menteri keuangan Republik Indonesia ini adalah perempuan inspiratif yang pernah menjadi menteri terbaik di dunia dalam ajang World Goverment Summit yang diadakan di Dunai, Uni Emirat Arab.

Hal tersebut adalah hal yang lumrah karena sebagai menteri keuangan saat itu, seorang Sri Mulyani telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dengan berbagai gebrakan yang membuat ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Pada tahun 2019 ini, Sri Mulyani pun berhasil meraih penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik dari majalah keuangan The Banker. Hal ini berkaitan juga dengan berbagai upaya serta kebijakan yang diberlakukan Sri Mulyani di mana tetap bisa mempertahankan ekonomi Indonesia terus stabil di tengah berbagai bencana alam yang melanda negeri.

Evvy Kartini

Semangat Kartini mungkin menjadi sebab hingga orang tuanya memberinya nama Evvy kartini. Berharap perempuan inspiratif ini juga bisa meneladani dan meneruskan cita-cita seorang R.A Kartini.

Rupanya mimpi tersebut terkabul, Evvy akhirnya dikenal sebagai salah satu Kartininya Indonesia , perempuan hebat yang banyak menginspirasi. Ia terkenal sebagai  seorang ilmuwan dengan gelar Prof Dr rer nat, akronim rerum naturalium. Bidang yang ia tekuni tergolong langka di dunia, apalagi untuk Indonesia. Namun, dunia nuklir telah membuatnya namanya dikenal hingga seantero mancanegara. Evvy dikenal sebagai salah satu dari sepuluh ahli nuklir terbaik di dunia. Di dunia internasional Evvy mempunyai reputasi yang terhormat.

Dalam dunia nuklir ia dikenal sebagai ilmuwan yang menemukan penghantar listrik berbahan kaca dengan menggunakan teknik hamburan neutron yang mempunyai daya hantar sepuluh ribu kali lipat dari bahan sebelumnya. Bahkan Google Scholar mengindex namanya sebagai pakar energi terhormat yang ada di dunia. Prestasi yang sungguh luar biasa untuk seorang perempuan.

Rini Sugianto

Animasi dan perempuan adalah hal yang  masih baru. Mengingat dunia animasi masih dikuasai sebagian besar laki-laki. Namun perempuan hebat ini telah mendobrak stigma tersebut dan membuktikan karyanya hingga tingkat dunia.

Perempuan inspiratif selanjutnya adalah Rini Sugianto yang berkiprah dalam dunia seni dan perfilman. Dunia yang akhirnya mengantarkannya menjadi perempuan hebat dan juga animator hebat yang berasal dari  Indonesia.

Karyanya yang luar biasa dan mendunia bisa disaksikan dalam beberapa film Hollywood seperti  Avengers: Age of Ultron dan Teenage Mutant Ninja Turtles. Perempuan lulusan jurusan Animasi Academy of Art University, San Fransisco ini berkarier sebagai animator dan visual effect. Hingga kini Rini tetap berkarya dan mengibarkan bendera Indonesia di tingkat Internasional dengan karyanya yang luar biasa.

Tri Mumpuni Wiyatno

Selain 3 perempuan di atas terdapat satu lagi sosok perempuan penuh  inspiratif yang namanya sempat heboh tatkala presiden Amerika Barack Obama menemuinya secara langsung. Presiden Obama ternyata sangat mengagumi sosok Tri Mumpuni karena keberhasilannya dalam membangun kawasan pedesaan.

Dari tangan dingin perempuan ini muncul penemuan projek listrik mikro hidronya yang akhirnya berhasil menerangi kurang lebih 60 pelosok desa dengan listrik mandiri. Hal itu menjadi salah satu penemuan penting mengingat banyak sekali kawasan desa di pelosok Indonesia yang belum tersentuh fasilitas listrik untuk penerangan.

Bahkan dengan keberhasilannya yang menarik dunia internasional ini ,kini ilmu dan penemuan Tri mulai diaplikasikan di salah satu desa yang ada di Filipina. Penemuan ini tentunya tidak hanya berguna dan bermanfaat untuk Indonesia saja bahkan juga untuk dunia karena masih banyak kawasan terpencil di dunia yang belum bisa menikmati fasilitas listrik.

Yang membuat penemuannya terasa berbeda adalah karena ia menciptakan tenaga listrik bukan dari bahan bakar fosil melainkan dari aliran sungai yang biasanya banyak terdapat di kawasan desa terpencil. Artinya penemuannya adalah energi listrik yang ramah lingkungan.

Kini kiprah seorang perempuan tidak bisa dianggap sebelah mata. Perempuan inspiratif juga mempunyai banyak potensi yang apabila dilakukan secara maksimal maka akan membuatnya berhasil tidak hanya dalam bidang yang ia tekuni saja. Bahkan apa yang ia lakukan pun bisa mendapat pengakuan hingga internasional seperti apa yang dilakukan keempat perempuan tersebut,

Dari ulasan perempuan hebat tersebut ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dan bermanfaat untuk masa depan generasi berikutnya yaitu:

Jangan Takut Bermimpi

Mempunyai mimpi adalah hal yang lumrah dan wajib. Keempat perempuan penuh inspiratif tersebut juga melakukan hal yang sama. Mereka mempunyai mimpi untuk bisa menjadi seorang perempuan yang dapat berkarya dan bermanfaat tidak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain dan sekitarnya.

Perempuan Pun Bisa

Selama ini banyak yang menganggap bahwa hanya laki-laki yang bisa bekerja dan berkarya, seorang perempuan haruslah duduk di rumah menangani pekerjaan domestik. Namun, dengan semangat Kartini kini perempuan pun bisa sejajar dengan laki-laki dalam semua bidang bahkan berprestasi hingga tingkat internasional.

Tekuni Passion

Kunci keberhasilan yang dapat diambil dari kesuksesan keempat perempuan di atas adalah menekuni apa yang menjadi passion hingga akhirnya mudah untuk meraih segala prestasi.

Terus Mengembangkan Diri

Menekuni passion saja tidak cukup, untuk dapat terus berprestasi dan menelurkan karya yang bermanfaat adalah dengan terus melakukan pengembangan diri terhadap apa yang ditekuni dan juga hal lain yang bisa mendukung.

Jangan Berhenti Menuntut Ilmu dan Berkarya

Mendapatkan prestasi yang diakui dunia internasional bukan berarti langkah tersebut berhenti sampai di situ saja. Jangan pernah untuk berhenti mencari dan mendalami ilmu yang dibutuhkan dan terus membuat karya yang bermanfaat dan membanggakan.

Menjadi perempuan inspiratif dan hebat adalah sebuah pilihan. Setiap perempuan telah dianugerahi potensi yang sama. Namun, apakah potensi tersebut dapat dimanfaatkan atau tidak adalah tergantung keinginan masing-masing.

Setiap perempuan adalah hebat di bidangnya masing-masing. Ada yang berhasil di sektor luar ada pula yang berhasil di sektor domestik sebagai Ibu dan istri.  Apa pun profesi yang ditekuni tetap harus belajar dan mengembangkan diri hingga bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Published in Tokoh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *