Perlengkapan Safety

Perlengkapan Alat Kerja Untuk Keamanan Pekerja

Dalam negara yang berkembang secara pesat, akan ada banyak pembangunan dan proyek baru. Daerah urban terus dibangun dan mulai menggantikan daerah perkotaan....

Written by Dennis · 5 min read >
perlengkapan alat kerja

Dalam negara yang berkembang secara pesat, akan ada banyak pembangunan dan proyek baru. Daerah urban terus dibangun dan mulai menggantikan daerah perkotaan. Untuk mendorong dan menjadi terlaksananya semua proyek, harus ada pekerja yang gigih dalam melakukan pembangunan. Biasanya, sebuah proyek akan melibatkan hingga ratusan orang. Perlengkapan alat safety bangunan sangat penting untuk menjamin kesehatan ratusan orang.

Angka orang yang tinggi ini juga berarti ada banyak sekali risiko hal hal yang bisa terjadi. Itulah mengapa para kontraktor wajib mengetahui standar prosedur terlebih dahulu. Setelah mengetahui standar prosedur pun, masih ada banyak kecelakaan dan hal hal tak terduga yang bisa terjadi. Perlengkapan alat kerja menjadi salah satu solusi utama dan kebutuhan dalam proyek proyek.

Semua proyek yang memiliki kontraktor pasti akan juga mempunyai yang namanya alat kerja. Alat kerja ini bisa berupa alat berat, palu, bor, dan alat alat lainnya. Setiap kali para kontraktor menggunakan alat tersebut, akan ada risiko yang harus ditanggung. Itulah mengapa semua proyek wajib memiliki perlengkapan alat kerja yang memadai untuk semua kontraktor. Ini sangat penting untuk menjamin keselamatan semua pekerja. Dari proyek mulai berjalan hingga proyek berakhir, semua orang akan terus melakukan kerjaan mereka dengan aman. Memang betul hal hal seperti kecelakaan tidak akan selalu terjadi. Namun ada baiknya jika kita bisa melakukan antisipasi dan pencegahan terlebih dahulu.

Safety Vest

Alat yang paling pertama dan paling sering anda temukan adalah safety vest. Dimana mana, semua kontraktor wajib menggunakan safety vest saat sedang bekerja. Rompi ini akan membedakan siapa yang sedang aktif dalam shift mereka dan siapa yang sudah selesai. Safety vest juga memiliki banyak ragam warna dan jenisnya. Biasanya, safety vest ini dibuat dengan warna neon atau warna yang terang. Sehingga pakaian tersebut sangat mudah untuk memantulkan cahaya yang datang. Tidak hanya para kontraktor, namun semua orang yang ingin mengunjungi tempat konstruksi wajib mengenakan safety vest. Contohnya, ada manager atau juga direktur yang ingin melihat perkembangan pembangunan. Semua orang yang menginjak di daerah proyek diwajibkan untuk menggunakan safety vest.

Bahan dari safety vest juga sangat penting untuk anda perhatikan. Rompi keselamatan ini adalah pakaian yang dikenakan diluar baju anda. Karena proyek pastinya memiliki lahan yang lebar, ini menjadi pakaian yang penting untuk mengidentifikasi semua pekerja. Bahan bahan utama dalam rompi adalah seperti polyester dan juga bahan lain yang cepat dalam menyerap air. Ada juga bahan bahan dari rompi keselamatan ini yang tahan air. Semua safety vest wajib memiliki reflektor dan anda bisa menambah bordiran sendiri.

Helm Keselamatan

Bagian tubuh yang paling penting diantara semua bagian lainnya adalah kepala. Kepala adalah bagian yang sangat sensitif. Terutama jika anda bekerja di bidang seperti konstruksi. Ada banyak sekali risiko risiko yang bisa terjadi ketika anda melakukan konstruksi tanpa perlengkapan. Itulah mengapa helm menjadi alat standar dan diwajibkan saat anda memasuki kawasan project aktif. Helm menjadi alat yang penting untuk melindungi bagian tubuh anda yaitu kepala. Beda dari helm helm pada umumnya, helm keselamatan bisa menjadi alat penyelamat hidup manusia. Helm sendiri terbuat dari bahan yang sangat ringan namun memiliki daya tahan yang tinggi. Sebuah helm dapat menahan tekanan dari puluhan hingga ratusan kilogram beratnya. Kepala pun akan sangat aman dengan perlindungan tambahan ini.

Sebagai seorang project manager, anda harus bisa menyediakan semua kebutuhan para pekerja. Perlengkapan alat kerja dibutuhkan supaya perusahaan tidak perlu menanggung risiko apa apa. Dengan meminimalisir faktor risiko, anda dapat mengembangkan project dengan efektif dan juga efisien.

Harness dan Tali Safety

Semua proyek konstruksi di perkotaan akan memiliki ketinggian yang lumayan tinggi. Ini karena daerah perkotaan akan membangun semua bangunan dengan arah keatas. Jika tidak, maka tidak akan ada lahan yang cukup besar untuk membangun proyek tersebut. Saat berada pada ketinggian yang tinggi, para kontraktor diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sesuai.

Salah satu alat atau perlengkapan kerja adalah harness. Harness adalah besi yang berfungsi sebagai sebuah penjepit. Penjepit ini akan dipasangkan ke sebuah tali dan juga ke pakaian pada kontraktor. Sehingga anda pun bisa menerima keamanan yang lebih bagus saat berada pada ketinggian yang tinggi. Alat kerja industri ini menjadi komponen penting dalam beraktivitas.

Harness bisa menjadi alat penyelamat nyawa pada sebuah proyek konstruksi. Dalam ketinggian ratusan meter diatas permukaan bumi, anda pun harus bisa melindungi diri anda. Dengan adanya harness, anda tidak perlu takut jika terpeleset saat berada pada ketinggian yang sangat tinggi. Ini karena harness bisa menampung daya berat yang sangat tinggi hingga ratusan kilogram. Anda juga harus memiliki tali safety yang sesuai dengan harness.

Tidak akan ada gunanya jika anda membeli harness yang bagus, namun tali berkualitas rendah. Untuk mendapatkan keamanan terbaik, anda harus memastikan bahwa bahan kedua alat tersebut sudah sesuai. Harga akan sedikit berbeda dengan masing masing merek dan juga kualitas. Membeli harness dan perlengkapan lainnya adalah seperti investasi. Semakin banyak yang anda beli, maka semakin aman juga semua kontraktor yang bekerja buat anda.

Baca juga: Cara memilih toko alat safety

Sepatu Safety

Perlengkapan alat kerja berikutnya di daftar hari ini adalah sepatu safety. Sebagai seorang pekerja kontraktor, anda akan melakukan banyak sekali pergerakan. Dari naik turun tangga hingga berjalan di atas batu batu. Ada juga material atau bahan lain yang mungkin saja bisa menyebabkan bahaya. Peralatan seperti paku adalah salah satu contohnya.

Paku sangat banyak sekali ditemukan di sekitar area konstruksi. Jika anda memijak salah satu paku ini dengan tidak sengaja, maka paku pun bisa melukai kaki anda. Untuk mencegah peristiwa ini, para kontraktor menggunakan sepatu safety. Sepatu safety sangat berbeda dengan sepatu pada umumnya. Biasanya, sepatu safety akan jauh lebih berat karena dibuat menggunakan bahan yang berbeda beda. Kegunaan sepatu safety sendiri ada banyak sekali.

Secara garis besar, sepatu safety bisa menahan tekanan hingga ratusan kilometer beratnya. Ada beberapa kasus di mana kaki anda akan tertimpa dengan sesuatu yang berat. Contohnya adalah seperti batu atau juga semen. Sepatu safety dapat menampung semua tekanan tersebut dan melindungi kaki anda tanpa ada goresan sedikut pun. Ini membuat sepatu safety menjadi alat safety pengelasan yang wajib dimiliki oleh para kontraktor.

Saat membeli sepatu safety, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Hal hal seperti berat dari sepatu safety juga menjadi sesuatu yang harus anda perhatikan. Terkadang, ada sepatu safety yang terlalu berat dan bisa menjadi kendala untuk para pengguna. Itulah mengapa anda wajib mencari sepatu safety yang paling ringan dan juga paling kuat.

Baca juga: Alat safety kapal pesiar yang perlu dimiliki

Alat Pelindung Telinga

Selain bagian bagian badan, para kontraktor juga harus dilengkapi dengan alat untuk melindungi indra mereka. Indra yang penting untuk dilindungi adalah bagian mata dan juga telinga. Kedua organ tersebut sangat penting dan fatal bagi semua manusia. Terutama di bidang pekerjaan kontraktor, suara akan menjadi hal yang sangat mengganggu para pekerja. Alat berat yang digunakan seperti mesin bor dan lain lain pun akan menghasilkan suara yang besar.

Seringkali, suara ini menjadi suatu gangguan bagi para pekerja. Mereka pun akan susah berkonsentrasi ketika harus mendengar suara mesin yang sangat besar. Ternyata, sudah ada solusi untuk masalah yang satu ini. Sekarang, anda sudah bisa langsung menggunakan sebuah alat pelindung telinga untuk menjaga telinga anda.

Alat pelindung telinga akan bekerja sesuai dengan namanya. Alat ini dilengkapi dengan peredam suara serta teknologi lainnya. Cara penggunaan juga sangat mudah dan sederhana. Para kontraktor hanya perlu memasang alat pelindung telinga ini seperti sebuah headset. Suara akan diredamkan secara keras. Sehingga para kontraktor bisa fokus dalam mengerjakan kerjaan mereka masing masing.

Pastikan kontraktor anda dalam suatu proyek memiliki semua alat alat yang sudah di tuliskan sejauh ini. Organ seperti telinga sangat fatal, karena akan sangat susah untuk diobati jika terjadi sesuatu. Berhati hati saat bekerja bisa anda lakukan. Alat yang dikenakan sudah lebih dari cukup untuk melindungi anda dari kadang suara yang besar.

Kacamata Konstruksi dan Masker Debu

Seperti yang sudah kita sebut sebelumnya, organ berikutnya yang tidak kalah penting adalah mata. Mata menjadi organ yang sangat berguna bagi manusia dan selalu digunakan setiap harinya.

Saat melakukan pekerjaan kontraktor, anda akan sering menemukan bahan bahan seperti debu, pasir, dan tanah. Ini bisa sangat mengganggu ketika kotoran sampai di mata anda. Untuk menjadi kesehatan para pekerja, anda wajib memiliki kacamata konstruksi. Partikel kecil ini sangat sering ditemukan di daerah pertambangan. Maka dengan itu, kacamata dan masker menjadi alat safety pertambangan yang wajib dimiliki.

Kacamata konstruksi ini tidak akan memiliki minus. Jadi jika anda memiliki gangguan mata, maka anda bisa mencoba sambi lemnggunakan kacamata lainnya. Dengan adanya kacamata ini, maka anda bisa melihat di tempat tempat yang dulunya tidak bisa terjangkau.

Item terakhir di list hari ini adalah masker debu. Masker sangat penting terutama di bidang pekerjaan kontraktor. Jika dilihat secara sekilas, masker ini memiliki banyak sekali fungsi. Namun fungsi dan tujuan satu satunya adalah untuk melindungi pengguna.

Meskipun masker digunakan secara eksternal, organ internal yang akan langsung merasakan dampaknya adalah paru paru. Paru paru manusia sangat sensitif terhadap hal seperti ini. Ketika ada debu yang masuk ke dalam saluran pernafasan, maka anda harus dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Masker memiliki berbagai macam jenis dan harga.

Fungsi masker dengan tujuan untuk melindungi dari debu hanya ada satu. Masket ini disebut dengan masker n95. Masker jenis n95 bisa melindungi saluran pernafasan dari para pekerja dari molekul molekul kecil. Pastikan anda menggunakan masker ini saat datang di tempat tempat yang industrial. Ini akan sangat sering untuk digunakan dimana saja di dunia. Anda bisa menemukan semua alat safety ini di toko alat safety online atua terdekat dengan anda.

Baca juga: Risiko keselamatan kerja dalam bidang pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *