Kapal

Perlengkapan Navigasi Dan Peralatan Untuk Kapal

Di zaman sekarang, sudah ada banyak sekali perkembangan yang terjadi di alat transportasi seperti kapal. Biasanya, kapal menjadi transportasi yang penting bagi...

Written by Dennis · 5 min read >
perlengkapan navigasi

Di zaman sekarang, sudah ada banyak sekali perkembangan yang terjadi di alat transportasi seperti kapal. Biasanya, kapal menjadi transportasi yang penting bagi para nelayan untuk menangkap ikan. Masing masing kapal yang digunakan pun berbeda dengan kebutuhan anda saat berlayar di lautan atau sungai. Beberapa orang akan membutuhkan perlengkapan navigasi yang lebih canggih terutama untuk para nelayan yang berlayar ke laut.

Peralatan yang dibutuhkan untuk berlayar di laut dan juga berlayar di sungai akan berbeda. Untuk nelayan yang berlayar ke laut, biasanya mereka akan menggunakan peralatan yang lebih memadai. Ada juga peralatan yang lebih sederhana yang akan kita bahas hari ini.

Sebelum berlayar, anda harus memastikan bahwa kapal yang dinaiki memiliki peralatan yang lengkap. Artikel hari ini akan membantu anda dalam mendapatkan peralatan yang lengkap. Semua peralatan ini wajib anda miliki di kapal anda. Jadi pastikan anda simak artikel berikut yang satu ini.

Pentingnya Peralatan Navigasi Menggunakan Kapal

Kapal adalah kendaraan yang harus diperhatikan keamanannya. Ada banyak sekali bahaya dan juga hal hal yang harus anda perhatikan sebelum menaiki kapal. Kapal menggunakan sistem navigasi seperti lampu dan juga radar. Terutama di malam hari, semua kapal pun akan kesusahan saat melakukan navigasi.

Saat berada di tengah tengah laut, tidak akan ada apa apa yang bisa anda lihat. Semuanya akan sangat gelap dan anda tidak akan bisa melihat jarak yang jauh. Satu satunya lampu yang bisa dilihat saat berada di laut adalah lampu dari mercu suar. Selain itu, anda juga membutuhkan peralatan penerangan di kapal anda masing masing.

Dalam pelayaran, ada banyak sekali hal yang bisa berubah menjadi fatal. Peristiwa seperti kecelakaan atau kejadian di tengah laut pun sering terjadi. Dengan semua peralatan yang lengkap, anda akan bisa selamat saat menghadapi situasi apa saja.

Namun saat berlayar, apa saja bisa terjadi. Memiliki suatu peralatan saja belum tentu cukup untuk menyelamatkan anda dari suatu kondisi. Meskipun demikian, peralatan akan membantu anda dalam pelayaran. Tidak hanya membantu, namun navigasi ini akan membantu anda dengan pemeliharaan kapal dan menghindari kecelakaan.

Kompas

Barang pertama yang wajib anda miliki di saat berlayar adalah kompas. Alat atau perlengkapan besi seperti yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lamanya. Kompas pertama kali digunakan dan diperkenalkan oleh negara China. Saat berada di laut, anda hanya bisa mengandalkan inovasi yang dinamakan sebagai peta dan juga kompas. Ini wajib anda miliki, karena jika hanya memiliki peta, maka anda tidak akan tau arah gerak kapal. Dan jika anda hanya memiliki kompas saja, maka anda pun tidak tau destinasi atau tujuan kapal tersebut.

Tujuan dari kompas adalah untuk menunjukkan arah perjalanan anda. Pada zaman dahulu, orang sangat bergantung kepada bintang bintang di langit. Bintang tersebut pun menjadi panduan untuk arah perjalanan. Namun bintang bukanlah alat yang tepat untuk memberikan anda arah jalan. Di saat ratusan tahun lalu, bintang menjadi alat navigasi yang handal bagi para pelayar. Tapi sejak saat ada kompas, para pelayar pun mulai bergantung dengan kompas untuk mencari jalan pulang.

Kompas memiliki berbagai bentuk. Umumnya, orang orang akan mencari kompas yang bisa tahan lama. Ada juga kompas yang bisa anda gunakan dari handphone melalui aplikasi. Ini bisa menjadi solusi yang bagus, namun anda membutuhkan baterai untuk menghidupkan kompas tersebut. Setelah baterai habis, maka anda tidak bisa lagi menggunakan kompas tersebut. Kompas yang bagus akan memiliki arah untuk 4 mata angin.

Mata angin tersebut adalah timur, barat, selatan, dan juga utara. Panah besi pada kompas akan berputar sesuai dengan medan magnet dari bumi. Jadi ini bisa memberikan anda arah ke destinasi yang dituju. Kapal kapal besar seperti pesiar hingga kapal kapal nelayan pun masih menggunakan alat ini. Alat ini bisa anda beli dengan mudah di toko peralatan kapal atau toko peralatan mana saja.

Lampu Sorot

Pada zaman dahulu, lampu sorot sudah menjadi komponen penting dalam kapal. Terutama di kapal kapal perang, lampu sorot akan sangat besar dan digunakan untuk memberikan kode ke kapal kapal lain. Ini karena kapal kapal perang tidak akan bisa menggunakan radio untuk berkomunikasi.

Lampu sorot pun menjadi alternatif dan memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah untuk mengirimkan pesan melalui kedipan, dan fungsi kedua adalah menerangi sekeliling kapal tersebut. Ini menjadi perlengkapan navigasi wajib anda miliki. Lampu sorot juga menjadi jenis pencahayaan terbaik untuk kapal.

Setiap kapal pasti membutuhkan penerangan supaya bisa dilihat dari kejauhan. Nyatanya, ada banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena penerangan pada kapal tersebut tidak memadai. Ini bisa anda perbaiki dengan mudah dan bisa anda lakukan dengan menggunakan lampu sorot. Lampu sorot sudah menjadi alat yang penting dalam dunia perkapalan. Berlayar di malam hari bisa menjadi tantangan yang besar karena tidak akan ada sumber cahaya lainnya selain bulan dan bintang bintang di langit.

Lampu sorot berfungsi sebagai alat pencahayaan untuk jarak dekat ataupun jarak jauh. Saat anda mendekati kapal lain, anda bisa memberikan signal melalui cahaya anda. Pendekatan dengan kapal lain biasanya bisa anda ketahui dari radar yang dimiliki.

Setelah menemukan kapal lain dari radar, maka anda bisa mengkedip kedipkan cahaya dari lampu sorot. Kapal kapal dari jauh pun akan melihat signal anda dan berwaspada. Melakukan signal menggunakan lampu sorot sangat penting untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: Kenali komponen kapal yang harus dimiliki

Telefon Satelit

Perlengkapan navigasi berikutnya di list hari ini adalah alat komunikasi dan juga navigasi. Alat yang satu ini tidak biasanya dimiliki oleh banyak orang. Kapal kapal yang memiliki peralatan yang satu ini adalah seperti kapal pesiar atau juga kapal yang besar. Telefon satelit merupakan salah satu alat komunikasi dan alat keselamatan yang paling penting untuk dimiliki. Saat berada di tengah tengah laut, tidak akan ada sinyal untuk berkomunikasi.

Alternatif untuk berkomunikasi adalah dengan menggunakan telefon satelit. Telefon satelit adalah telefon genggam yang anda bisa bawa kemana mana. Ukurannya akan sedikit lebih besar dibandingkan dengan telefon genggam biasanya. Ini karena telefon satelit memiliki antena yang cukup besar untuk mendapatkan jangkauan sinyal yang luas.

Telefon satelit juga memiliki harga yang mahal. Itulah mengapa tidak banyak orang bisa membeli telefon satelit. Harga untuk telefon satelit memiliki rentang dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Keunggulan yang anda bisa dapatkan dari telefon satelit adalah tentunya menghubungi orang. Namun keunggulan utama terletak di kata kunci satelit. Karena telefon satelit menggunakan sinyal yang khusus, telefon ini bisa menghubungi siapa saja di dunia.

Telefon dengan antena besar ini dapat menghubungi orang dari segala penjuru dunia. Jadi saat anda berada di tengah tengah laut, telefon satelit bisa menggapai sinyal dan bisa digunakan untuk menghubungi orang yang jauh. Ini menjadi alat yang penting dalam navigasi. Tidak semua orang memiliki perlengkapan navigasi yang satu ini. Tapi jika anda memiliki biaya yang memadai, maka telefon satelit wajib dimiliki sebagai alat untuk berjaga jaga.

Alat Auto Pilot

Salah satu perlengkapan navigasi papan atas yang anda wajib miliki adalah auto pilot. Auto pilot bisa membantu anda mendeteksi dan juga mengendarai kapal secara otomatis. Ini bisa menjadi salah satu alat penting saat anda berlayar di malam hari. Di malam hari, tidak akan ada banyak hal yang perlu anda perhatikan. Selain itu, berlayar malam cukup mudah karena kapal hanya perlu berjalan di arah yang lurus.

Untuk membantu anda dalam berlayar di malam hari, anda bisa membeli mesin atau perlengkapan navigasi yang satu ini. Tentunya anda semua sudah pernah mendengar fitur auto pilot yang ada pada pesawat. Fitur ini akan membantu dan mengendarai suatu kendaraan secara otomatis. Fitur ini juga sudah diterapkan pada kendaraan seperti mobil.

Kini, anda bisa mengubah kapal anda menjadi lebih canggih. Dengan bantuan alat seperti perlengkapan navigasi auto pilot, anda tidak perlu lagi terus mengemudi kapal di malam hari. Fitur auto pilot sendiri harus di instalasi oleh seorang ahli teknisi terlebih dahulu.

Seluruh mesin yang ada pada kapal anda akan dikendalikan oleh auto pilot tersebut. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Dengan biaya yang anda keluarkan, anda bisa mendapatkan kemudahan ini. Fitur yang satu ini biasanya dimiliki oleh perusaahan perkapalan besar. Contohnya adalah seperti kapal cruise, dan juga kapal ferry. Ini karena harga dari auto pilot sendiri bisa mencapai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah mahalnya.

Radar Kapal

Radar adalah hal paling utama dan juga paling sederhana. Dari zaman dahulu, semua kapal yang berlayar akan menggunakan radar. Radar adalah alat yang memanfaatkan gelombang radio untuk mendeteksi kapal yang dekat. Ini sangat penting karena anda harus mengetahui keberadaan kapal kapal disekitar anda. Biasanya, radar yang digunakan akan menggunakan gelombang radio yang bisa mendeteksi kapal dari beberapa kilometer jauhnya.

Perlengkapan navigasi seperti radar ini penting terutama jika kapal anda ingin berlayar di malam hari. Saat malam hari, anda tidak bisa selalu menggunakan lampu sorot. Ini adalah peraturan penting karena lampu sorot akan membuat orang lain bingung dengan mercu suar. Jika anda menggunakan lampu sorot di malam hari, maka jenis kapal laut lain pun akan berpikir bahwa sumber lamput tersebut datang dari mercu suar.

Radar bisa memberikan solusi tersebut. Dengan adanya perlengkapan radar, anda bisa menghindari kecelakaan dan juga tabrakan dengan kapal kapal yang ada di sekeliling. Radar menjadi kebutuhan utama dan bisa dengan mudah anda jumpai di toko peralatan alat keselamatan kerja kapal. Harga untuk radar pun sangat murah dan tidak mencapai hingga jutaan rupiah mahalnya. Semua kendaraan kapal wajib memiliki alat navigasi yang satu ini. Harga yang terjangkau ini membuat semua pelayar lebih waspada akan sekeliling mereka. Membeli alat perlengkapan navigasi seperti radar akan menjadi investasi pada jangka panjang. Anda bisa menghindari hal hal seperti kecelakaan yang akan menghabiskan uang yang jauh lebih banyak.

Berikut adalah 5 perlengkapan navigasi yang wajib anda miliki di kapal anda.

alat keselamatan pekerja

Alat Keselamatan Kerja Awak Kapal Laut

Dennis in Kapal
  ·   3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *