Baru Pertama Kali Melahirkan? Ini Persiapan Kelahiran yang Diperlukan

Baru Pertama Kali Melahirkan + Ini Persiapan Kelahiran yang Anda Perlukan

Persiapan Kelahiran yang Harus Diketahui Sebelum Proses Persalinan

Hari kelahiran merupakan hari yang paling di nanti sekaligus hari yang mengkhawatirkan. Hari kelahiran menjadi hari yang penting. Sebagai calon ibu baru Anda mungkin kurang tahu hal yang harus dipersiapkan saat kelahiran si kecil.

Persiapan kelahiran memang harus dilakukan dengan matang. Hal ini berguna untuk memastikan kelahiran berjalan dengan aman dan lancar. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pahami agar proses melahirkan berjalan dengan baik.

Penentuan Rumah Sakit atau Dokter

Rumah sakit tentu saja jadi hal yang harus Anda siapkan. Carilah rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Setelah itu buatlah daftar kontak penting rumah sakit terdekat.

Jika memungkinkan Anda bisa mengunjungi rumah sakit terdekat sekali selama kehamilan berlangsung, sebab ada beberapa rumah sakit mengutamakan pasiennya untuk mendapat pertolongan selain dokter jaga. Hal ini tentu terkait catatan medis dan menghindari terjadinya kesalahan penanganan pada pasien.

Jadi, saat Anda membutuhkan tindakan darurat Anda dapat menghubungi rumah sakit dengan segera. Jika Anda sudah punya dokter langganan untuk menangani persalinan. Pastikan Anda menentukan jadwal dengan tepat sesuai anjuran dokter.

Persiapkan Barang Bawaan

Ketika Anda menginap untuk persalinan, Anda membutuhkan beberapa perlengkapan penting. Beberapa barang wajib yang harus Anda bawa antara lain, bawa barang untuk menambah kenyamanan tidur Anda, pakaian yang nyaman, jam tangan, peralatan mandi, pakaian dalam, serta pembalut khusus ibu melahirkan.

Pastikan Anda mengepak barang dengan ringkas dan jangan bawa terlalu banyak.

Persiapan barang juga diperlukan untuk suami Anda. Suami Anda sebaiknya membawa baju ganti, perbekalan, dan perlengkapan ponsel. Anda tidak boleh lupa dengan perlengkapan bayi Anda. Seperti, selimut kecil, topi bayi, baju bayi, sarung tangan, kaus kaki, serta keranjang atau gendongan bayi.

Bawalah secukupnya agar tidak memberatkan saat Anda harus bergegas ke rumah sakit.

Pahami Tentang Kontraksi

Kontraksi merupakan tanda kelahiran yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak mungkin tentang tanda kontraksi sebelum kelahiran. Cari tahu mengenai ciri-ciri kontraksi dan intensitas kontraksi saat akan melahirkan.

Anda bisa mencari info dari internet atau dokter Anda. Pastikan Anda menanyakan pada dokter Anda, tanda kontraksi dan gejala yang harus segera mendapat penanganan dokter. Lalu tanyakan pula tentang hal yang harus dilakukan saat kontraksi terjadi serta hal yang harus dihindari agar Anda dan bayi tetap aman.

Tanya Pada Orang yang Pernah Melahirkan

Ketidaktahuan terkadang menjadi hal yang bisa menambah kecemasan Anda menjelang kelahiran. Untuk mengurangi rasa cemas, cobalah mencari tahu informasi kelahiran dan pasca kelahiran dengan orang dekat Anda.

Tanyakan pengalaman mereka tantang persalinan dan setelah melahirkan. Walaupun pengalaman dan kondisi melahirkan tiap orang akan berbeda-beda, tetapi informasi yang Anda dapat akan membuat Anda lebih tenang.

Persiapan Kelahiran – Suami Siap Siaga

Saat Anda merasakan kontraksi atau menghadapi proses kelahiran, Anda tidak bisa menghadapinya sendiri. Anda memerlukan dukungan dari suami Anda untuk memastikan kelahiran berjalan dengan baik. Anda harus membagi berbagai informasi tentang kelahiran serta berdiskusi dengan suami tentang persiapan dan hal yang harus dilakukan.

Suami Anda harus memahami waktu kelahiran serta cara membantu saat Anda mengalami kontraksi. Persiapan dan pengetahuan yang matang akan membuat Anda dan suami tidak terlalu panik saat momen tersebut terjadi. Jadi, langkah antisipasi merupakan hal yang sangat penting.

Persiapan kelahiran menjadi suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang bagus akan meminimalisir masalah saat kelahiran terjadi. Anda dapat mempersiapkan rumah sakit atau dokter yang akan digunakan, menyiapkan barang bawaan, mengumpulkan informasi penting dan lain sebagainya.

Relevan : Baru Saja Melahirkan? Ini Tips Hadapi Baby Blues Pasca Lahiran

Baca juga kategori Motherhood lainnya

Kesimpulan

Persiapan kelahiran tidak hanya tentang dokter specialist langganan, tetapi juga rumah sakit yang biasa Anda datangi atau rumah sakit terdekat sebagai bagian dari antipasi melahirkan. Peranan suami untuk mengetahui tentang proses kehamilan, pemeriksaan dan rumah sakit pilihan akan membuatnya lebih cepat serta tanggap bertindak.

Berbagi informasi antara suami istri sebagai calon orang tua, akan memberi banyak kemudahan menjelang persalinan, apalagi jika itu adalah persalinan pertama Anda.

Demikian sedikit yang dapat saya bagi kepada calon ibu dan calon bapak untuk menyongsong kelahiran putra/putrinya, semoga memberi solusi

Salam Bahagia dan Selalu Sehat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + thirteen =

Scroll to Top