Teknologi

PERSONAL BRANDING INSTAGRAM

Aplikasi Instagram kini tidak asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari yang muda, tua, perempuan, dan laki-laki. Sebenernya apasih aplikasi Instagram...

Written by Dennis · 5 min read >
personal branding instagram

Aplikasi Instagram kini tidak asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari yang muda, tua, perempuan, dan laki-laki. Sebenernya apasih aplikasi Instagram itu?. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video.  Sehingga memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Tak hanya untuk berbagi momen, kini anda pun bisa meninggikan personal branding Instagram.

Seluruh kegiatan kini bisa dialihkan melalui Instagram dengan fitur – fitur yang tersedia. Dengan fitur tersebut kini banyak hal yang dapat dilakukan. Bahkan Instagram tidak hanya untuk akun pribadi saja. Sudah banyak masyarakat membuat platform edukasi, usaha dan lain – lain. Banyak hal yang menarik dan unik yang dapat dilakukan. Terlebih lagi dengan banyaknya fitur di Instagram. Fitur Instagram diantaranya adalah siaran langsung, snapgram, feeds, filter dan banyak lagi.

Fitur- fitur yang dimiliki oleh Instagram sangat menunjang kreativitas dan produktifitas. Karena tidak hanya dapat dinikmati saja. Namun juga dapat berkontribusi. Mulai dari mengasah kemampuan pada dunia digital. Bahkan juga menunjang dari sisi ekonomi.

Alasan Millenials Menggunakan Personal Branding Instagram

Hal inilah yang membangkitkan semangat millennials untuk mulai berkarya. Namun untuk mencapai hal tersebut tentu perlu membutuhkan pengikut untuk menjadi pendukung. Karena pada dasarnya platform edukasi, usaha ataupun public figure harus memberikan konten yang menarik.

Selain menarik, konten juga harus bermanfaat dan unik lho. Barulah akan banyak pengikut atau followers pada akun personal branding Instagram yang dimiliki. Cara lain untuk menambah followers adalah menggunakan jasa followers. Salah satu hal terpenting dalam membuat akun Instagram yang menarik adalah branding.

Menurut Kotler (2009), pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya. Hal tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.

Instagram Sebagai Wadah Personal Branding

Hal ini tentu tidak hanya berlaku pada produk barang ataupun jasa saja. Namun diri sendiri pun dapat dilakukan branding agar mudah diingat dan menarik. Salah satu platform yang dapat dijadikan wadah untuk melakukan personal branding adalah personal branding Instagram.

Followers atau pengikut sosial media sangat menyenangi sebuah platform yang memiliki konsistensi tema. Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal. Tema dapat dipilih melalui banyak hal. Mulai dari lingkungan, hobi, minat, bakat, liburan dan masih banyak lagi.

Apabila telah memiliki tema, maka lakukan itu secara konsisten. Wajib hukumnya untuk melakukannya secara terus – menerus. Karena inilah kunci agar akun terlihat sangat menarik. Hal tersebut tentu mengundang banyak orang untuk melihat.

Konsisten Terhadap Personal Branding Instagram

Konsistensi merupakan sebuah fondasi yang kokoh. Karena pada umumnya kesuksesan adalah tentang konsistensi. Antusias merupakan suatu hal yang sangat lumrah. Namun konsistensi yang stabil merupakan kunci kesuksesan. Karena apabila terdapat unsur konsistensi tentu hal tersebut lekat dengan hal penting. Hal penting tersebut adalah tanggung jawab, disiplin dan membangun kebiasaan.

Alasan awal mengapa harus konsisten terhadap tema yang dipilih ialah ingatan followers. Apabila akun personal branding Instagram kalian memiliki tema yang jelas maka akun Instagram akan mudah diingat dan dicari. Karena kita tidak dapat mengatur dan memaksa orang untuk melihat dan menyukai konten yang telah dibuat. Terlebih lagi dengan konten yang tidak jelas.

Tentu orang akan berat hati untuk melihatnya. Namun dengan konsistensi tema yang kamu lakukan, maka orang akan mudah mengingatnya. Seperti contohnya tasya farasya terkenal karena kontennya tentang make up. Nisacookie dikenal karena kontennya seputar masak – memasak. Itulah mengapa tema yang konsisten merupakan kunci utama. Konsistensi tema ini berbanding lurus dengan branding.

Pentingnya Membangun Personal Branding Instagram

Maka dari itulah pentingnya membangun sebuah branding dalam mendirikan sesuatu. Branding dapat dilihat dari suasana yang tercipta dalam akun Instagram. Hal tersebut salah satunya ialah Feeds Instagram dengan pilihan konten dan warna yang sesuai. Konten yang dapat disesuaikan dengan diri dan passionmu. Apabila ingin mengeksplorasi sesuatu yang barupun tidak menjadi masalah.

Asalkan konsisten terhadap hal yang ingin dijalankan. Pemilihan warnapun juga harus memiliki arti yang jelas. Sehingga filosofi tersebut akan menjadi keunikan dari akun Instagram tersebut. Terlebih lagi dengan pemilihan warna yang akan menjadi ciri khas sekaligus identitas. Karena pada dasarnya orang cenderung menyukai hal yang senada. Abstrak juga tidak menutup kemungkinan untuk disukai. Namun harus terdapat arti dan makna yang jelas. Sehingga orang tetap senang dan terkesima untuk melihat Instagram mu.

Terdapat beberapa manfaat yang didapatkan apabila membangun Branding. Terlebih lagi branding melalui feeds Instagram yang keren. Kali ini kita Bahas lima manfaat dari feeds Instagram yang kece. Yuk disimak manfaatnya !

MENDAPATKAN FOLLOWERS

Hal yang pertama adalah mendapaatkan pengikut. Belum lagi ini biasanya goals para anak muda di dunia. Pentingnya merapikan feeds Instagram merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Karena pada umumnya orang lain lebih senang untuk mengikuti akun dengan feeds yang rapi. Karena peforma feeds Instagram itu akan dijadikan sebuah kesan utama. Apabila feeds yang ditampilan rapi, mengandung unsur keindahan tentu dapat dijadikan patokan.

Kesan utama yang disampaikan oleh feeds sangat banyak menuai pengikut baru. Karena masyarakat cenderung menyukai feeds yang menarik dan unik. Sehingga untuk memencet tombol follow tidak ada unsur paksaan. Belum lagi terdapat orang yang juga sekiblat dan memiliki minat yang sama. Bahkan tidak jarang feeds yang rapi akan dijadikan kiblat bagi banyak orang lho.

MENAIKKAN ENGAGEMENT.

Menaikkan engagement. Hal ini sangat terasa. Ketika mulai membenahi feeds dengan rapi tentu banyak orang yang akan sadar. Sehingga secara perlahan para pengikut tidak lagi hanya sebatas melihat saja. Namun juga memberikan feedback. Entah semacam likes ataupun Komentar. Tanpa disadari pun terjalin juga komunikasi dan relasi.

Ketika apa yang diunggah untuk  enak dipandang mata, tentulah akan banyak ibu jari yang menggerakkan jempol. Entah itu untuk menekan tombol hati ataupun memberikan komentar yang sesuai. Tinggal bagaimana kita selalu memberikan perhatian penuh. Terus melakukan improvisasi dengan bekal kreativitas yang dipunya. Karena pada dasarnya dengan ini tentu para pengikut tidak lagi sungkan hanya sebatas melihat saja.

MEMIKAT HATI KLIEN

Poin yang ketiga ini telah memasuki zona komersil. Sepeti yang kita ketahui bahwa Instagram kini telah multifungsi. Terkebih lagi dengan globalisasi dan teknologi. Semakin pesatnya pangsa pasar dari dunia digital. Kini Instagram tidak hanya berfungsi sebagai akun pribadi saja.

Namun telah banyak akun usaha, management, edukasi yang meimijakkan kaki di ranah ini. Hal tersebut ditandai dengan banyak sekali brand yang mengiklankan produknya melalui Instagram. Tidak hanya melalui selebgram dan ads yang disediakan di instagram, melainkan juga melalui para micro influencer yang sekarang mulai merajalela. Karena kini telah banyak millennials dan beberapa platform yang juga melalukan hal serupa.

Siapapun kini dapat melakukan kegiatan bermanfaat. Terlebih lagi dengan feeds yang rapi orang akan senang untuk melakukan kerjasama. Kalau dipikir – pikir feeds intagram terlihat seperti portofolio seseorang. Semakin rapi feeds yang dimiliki, semakin dipercaya dan memiliki kualitas tinggi.

RELASI

Salah satu tujuan untuk membuat akun Instagram tentu untuk mendapakat relasi. Dengan memiliki feeds yang rapi berpeluang mendapatkan lebih banyak teman dengan minat yang sama. Dengan konsistensi konten yang kamu pilih. Terlebih lagi dari kelebihan dan minat bakat mu. Hal ini akan berdampak dengan relasi yang kian bertambah. Jika memiliki minat tentang foto Outfit Of The Day (OOTD).

Maka usahakan kamu untuk menuangkan konten sedemikian rupa. Berikan kulitas dan kesan yang bagus dari kontenmu. Sehingga orang yang memiliki minat yang sama tidak sungkan untuk melakukan diskusi ringan. Relasi inilah yang kamu dapatkan ketika memiliki konsistensi tema.  Hal ini juga berpengaruh dengan personal branding mu. Dengan feeds yang rapi dan konsistensi tema yang dimiliki orang akan mudah mengingatmu.

Karena sayang sekali jika Instagram hanya digunakan untuk melihat lapak orang lain. Terlebih lagi jika sudah melakukan diskusi ringan akan menambah wawasan baru mengenai minatmu. Jika kuota dihabiskan untuk scrolling Instagram tentu sangat membuang waktu.

Lebih baik untuk menambah relasi dan wawasan sekaligus, kan? ilmu baru, atau inspirasi baru dari hasil obrolan dengan teman baru yang memiliki minat sama itu sangat menarik. Rasanya menyenangkan sekali. Bikin nagih. Karena bertukar pikiran dengan orang yang sedimensi dan satu jalan pikir itu menyenangkan. Atau bisa jadi malah kamu menambah wawasan orang lain. Berkontribusi dalam hal yang baik di kehidupan orang lain itu sungguh menyenangkan. Tiada duanya.

MEMBAHAGIAKAN DIRI SENDIRI

Tentu semua hal diatas dapat menciptakan kebahagiakan pada diri sendiri. Dengan konten yang dituangkan sesuai dengan apa yang disuka tentu menjadi hal yang menyenangkan. Tidak ada tekanan yang dirasakan. Malahan sangat menikmati hal tersebut.

Jika melakukan aktivitas dengan senang hati tentu hasil yang didapatpun sangat memuaskan. Munculnya rasa sadar akan potensi yang dimiliki. Hal itulah yang semakin menciptakan kecintaan pada diri sendiri semakin terpatri. Sehingga terdapat rasa gemas apabila tidak dikembangkan. Malah hal tersebut mendukung untuk mengeksplor lebih dalam lagi. Yang menghasilkan bertambahnya kemampuan yang dimiliki.

Bahkan disinipun kebutuhan psikologis juga terpenuhi. Mulai dari relasi, bertukar pikiran, dan hal lainnya. Tentu juga akan menyehatkan mental mu. Terlebih lagi konten yang di unggah adalah hal yang bermanfaat dan positif. Wah semakin indah lagi dunia ini dengan kedamaian.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan memiliki minat yang dikembangkan. Semakin mengeksplor lebih jauh, semakin paham dengan dunia tersebut. Tentu hal tersebut sangat berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan diri. Karena orang akan berani menyuarakan.

Jadi, itulah hal – hal yang menjadi pertimbangan untuk memulai membangun branding. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya. Maka dari itulah sangat penting membangun branding pada akun Instagram mu.  Tidak ada paksaan untuk harus seperti itu. Namun membahagiakan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi dapat membangun rasa mencintai diri sendiri. Karena kamu adalah sosok yang akan membahagiakan dirimu sendiri.

Teknologi Mobile Tercanggih 2020

Jeng Susan in Teknologi
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *