Skip to content →

Profil Lengkap Silvia Halim, Sosok Wanita di Balik Suksesnya Proyek MRT

Inilah Profil Silvia Halim dan Fakta-Fakta Menarik Seputar Kesuksesannya

Di balik kesuksesan MRT (Moda Raya Terpadu) yang baru-baru ini diresmikan, ternyata ada salah seorang sosok wanita di balik kesuksesannya.

Ia Adalah Silvia Halim yang menjadi superwoman dalam proyek tersebut. Silvia adalah seorang yang bertanggung jawab di dalam kesuksesan pembangunan mega proyek tersebut.

Silvia Halim merupakan sosok yang menjabat sebagai Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta. Ia pun merupakan sosok perempuan satu-satunya di dalam jajaran direksi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap mega proyek transportasi massal di Jakarta tersebut.

Perempuan yang lahir di Jakarta pada tanggal 18 Juni tahun 1982 itu, adalah sosok yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengawal pekerjaan hingga menjaganya dari segi kualitas, safety, dan keamanan pada saat proses pembangunan MRT.

Kesuksesan dirinya tidak lepas dari kepekaannya dalam menyerap aspirasi masyarakat untuk perbaikan layanan transportasi publik tersebut. Hal ini dibuktikan pada saat Silvia Halim mengundang kelompok masyarakat penyandang disabilitas agar bisa mendapatkan masukan di dalam perbaikan fasilitas yang ramah difabel.

Demi mendapatkan dukungan penuh terhadap pembangunan Moda Raya Terpadu, Silvia selalu melibatkan banyak pihak. Salah satunya seperti melakukan koordinasi dengan berbagai intansi agar dapat mengambil keputusan yang tepat.

Contohnya pada saat dirinya mengalihfungsikan terowongan di Jalan Kendal menjadi area pejalan kaki, saat itu dirinya melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Alhasil, terowongan tersebut beralih fungsi menjadi pedestrian sepanjang 700 meter yang menjadi penghubung antara jalan Kendal menuju jalan Blora. Padahal, dulunya terowongan tersebut berfungsi sebagai jalan untuk pengendara motor.

Tugas pokok seorang Silvia di dalam mega proyek ini sebagai Direktur Konstruksi yang meliputi banyak aspek. Silvia pun menjadi orang yang bertanggung jawab di dalam pembangunan sarana maupun prasarana sistem MRT di Jakarta.

Tugasnya pun meliputi pengendalian biaya, memastikan semuanya berjalan sesuai strategi awal yang telah ditetapkan, pengendalian waktu, hingga memastikan kualitas pembangunan. Selain itu, dirinya pun bertanggung jawab dalam pengawasan dan koordinasi pada saat pelaksanaan proyek.

Fakta Tentang Silvia Halim yang Belum Banyak Diketahui

Nama Silvia Halim saat ini sudah mulai harum, akan tetapi, masih sedikit orang yang tahu tentang fakta-fakta tentangnya. Berikut akan coba kami paparkan fakta-fakta menarik tentang dirinya:

Pernah Menimba Ilmu dan Kerja di Singapura

Silvia adalah orang yang pengalaman di dalam bidang konstruksi. Bahkan, pengalamannya bisa dibilang tidak sembarangan. Itulah kenapa dirinya dipercaya sebagai orang yang bertanggung jawab di dalam proyek MRT.

Menurut informasi yang terdapat pada situs MRT, Silvia adalah seorang lulusan S1 Teknik Sipil Nanyang Technological University. Bahkan, dirinya telah berpengalaman selama 12 tahun di dalam karier Land Transport Authority (LTA) Singapura.

Tahun 2016 Dirinya Kembali ke Indonesia

Pada tahun 2016, dirinya memutuskan untuk kembali pulang ke Jakarta. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, dirinya lalu bergabung dengan PT. MRT, lalu kemudian mewujudkan transportasi umum yang dapat melayani seluruh warga Jakarta.

Silvia mulai bergabung dengan PT. MRT pada tanggal 31 Agustus 2016, dan menjabat sebagai Direktur Konstruksi.

Satu-Satunya Perempuan yang Ada di Dalam Jajaran Direksi PT. MRT

Pada saat dirinya masuk dan menjabat menjadi Direktur Konstruksi di PT. MRT, sejak saat itulah Silvia menjadi satu-satunya sosok perempuan yang ada dalam jajaran direksi perusahaan.

Memiliki Harapan Besar Bagi Indonesia

Silvia memiliki segudang pengalaman yang membuat dirinya merasa tertantang untuk membangun MRT pertama di tanah air. Bagi Silvia, mega proyek MRT di Jakarta ini merupakan sarana untuk belajar bagi dirinya sebanyak mungkin dari teknologi infrastruktur transportasi umum di negara-negara lain, seperti Singapura dan Jepang.

Perjuangan Silvia Halim Dalam Membangun MRT

Silvia adalah sosok yang mampu membuka mata publik, bahwa setiap perempuan mampu berkembang dan bekerja di dalam industri teknik yang identik dengan kaum laki-laki, dan dianggap sebagai pekerjaan yang macho.

Pada wawancara yang tayang di channel Youtube, Jakarta Pos, Silvia memberikan sebuah penyemangat bagi perempuan-perempuan di tanah air, bahwa gender bukanlah suatu pembatas di dalam ranah karier. Selama dirinya tinggal di Singapura, perempuan kelahiran Jakarta ini meyakini bahwa tidak ada satu pun asosiasi jenis pekerjaan dengan gender.

Pada saat proyek Moda Raya Terpadu di Bundaran HI-Lebak Bulus sedang berlangsung, dirinya memantau secara langsung proyek pekerjaan lapangan. Dirinya mengenakan pakaian atau baju seragam khas orang-orang proyek lainnya, seperti kemeja putih, celana hitam, rompi dan dilengkapi dengan peralatan safety seperti helm.

Dirinya pun sanggup bersikap tegas pada saat menghadapi kontraktor maupun para pekerja laki-laki. Silvia tidak segan jika harus terpapar langsung oleh sinar matahari dan debu. Dirinya bersyukur, karena tempatnya bekerja telah memberi kesempatan yang setara untuk bagi laki-laki maupun perempuan dalam mengejar karier.

Menurutnya, pekerjaan ini bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, ia tetap bertahan karena apa yang ia kerjakan akan berguna untuk masyarakat. Hal ini dilansir dari wawancara yang dilakukan oleh Antaranews.

Baca juga tentang sosok wanita menginspirasi lainnya; PUBLIC FIGURE

Dirinya memiliki harapan besar agar Indonesia dapat membangun infrastruktur dengan menggunakan teknologi terbaru yang dilakukan secara mandiri, tanpa harus bergantung kepada negara-negara lain.

Tugas dirinya masih sangat panjang sekali. Moda Raya Terpadu di Jakarta yang baru saja diresmikan, ternyata masih fase I, terdapat dua fase lainnya yang menunggu dan harus dikejar oleh Silvia dan kawan-kawan redaksinya.

Pada saat peresmian MRT yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo, beserta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan jajaran para menteri, Silvia pun turut hadir dalam acara tersebut. Penampilannya pada saat itu sangat sederhana, namun tetap memukau di antara kerumunan pekerja proyek lainnya.

Semangatnya ketika kembali dari Singapura memiliki tujuan untuk membangun Indonesia. Dirinya pun telah melalui proses review serta urusan formal lainnya untuk bekerja di PT. MRT.

Meskipun gajinya tidak setinggi pada saat dirinya masih di Singapura, namun bukan itu yang membuatnya bersemangat untuk pulang ke tanah air. Dirinya memaparkan bahwa inilah saatnya untuk membantu tanah air tercinta agar lebih maju dari sebelumnya. Ia pun merelakan gajinya yang besar, dan keluar dari zona nyaman.

Silvia Kartini era baru

Silvia adalah Kartini di era baru yang berhasil membawa kesuksesan pada proses mega proyek MRT yang baru saja diresmikan. Keberhasilannya telah menginspirasi banyak orang di tanah air, bahwa kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja tanpa memandang gender.

Nah, itulah profil dan sejarah singkat tentang Silvia Halim yang namanya mulai mencuat dan populer setelah peresmian MRT. Keberhasilannya ini mampu menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya kaum perempuan yang ingin meraih kesuksesan di dalam berkarier.

Silvia pun merupakan sosok yang peduli terhadap bangsa dan tanah air, dirinya bersedia pulang kampung dan meninggalkan kariernya di Singapura demi memajukan infrastruktur di Indonesia.

Related Posts

Published in Tokoh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *