Pura Batu Bolong di Lombok, Destinasi Menarik untuk Dikunjungi

Pura Batu Bolong di Lombok, Destinasi Menarik untuk Dikunjungi - min

Rasakan pengalaman baru, dengan datang ke Pura Batu Bolong di Lombok. Tempat ini, memberi kesan berbeda bagi Anda. Pura ini, berada di pinggir pantai. Pura didirikan, di atas batu berwarna hitam yang besar.

Keindahan pura ini, akan membuat Anda terkagum. Pura ini sangat menarik, untuk dikunjungi. Ada banyak cerita, di balik pura ini. Sebelum memutuskan untuk berwisata ke sini, Anda bisa baca dulu info berguna berikut ini.

Informasi Penting Terkait Tempat Wisata Pura Batu Bolong di Lombok

Sejarah dari Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong mulai di bangun, sejak tahun 1533. Pura ini didirikan, atas gagasan dari seorang resi. Nama resi tersebut adalah, Dang Hyang Dwijendra. Resi Dwijendra, datang berasal dari Jawa Timur. Ia melakukan penyebaran agama Hindu, di Bali dan Lombok.

Penamaan Pura

Pertama kali mendengar nama pura ini. Anda mungkin penasaran, dengan asal nama tersebut. Nama pura ini, tidak dipilih sembarangan. Nama pulau ini, terinspirasi dari bentuk batu hitam tempat pura berdiri.

Nama ‘batu bolong’ berasal dari lubang di batu hitam, tempat pura dibangun. Lubang ini unik, karena bisa dimasuki. Dahulu, batu ini dipakai warga lokal untuk jalan keluar masuk. Termasuk jalan untuk menuju pura.  

Lokasi Pura yang Strategis dan Penginapan

Letak pura ini mudah untuk diakses. Pura ini berjarak 5 menit, dari Pantai Senggigi. Jika Anda berangkat dari kota Mataram, hanya dibutuhkan waktu 20 menit perjalanan. Tempat ini bisa dijangkau, dengan kendaraan motor atau taksi.

Tempat ini, sangat populer dikalangan wisatawan. Selain karena letaknya strategis, tempat ini juga menyediakan banyak penginapan. Wisatawan, dapat memilih penginapan yang diinginkan. Harganya juga relatif terjangkau.

Suasana di Sekitar Pura

Saat Anda berada di pura ini. Anda bisa merasakan suasana yang tenang. Anda bisa menyaksikan peribadatan umat Hindu di pura ini. Suasana pura ini, sangat berbeda dari tempat lain. Keindahan arsitektur pura, menambah kesan spiritual dari tempat ini.

Pemandangan di Pura

Selain suasana yang berbeda. Pura ini menawarkan keindahan pemandangan alam. Anda pasti akan dibuat terpesona, dengan panorama di sekitar pura. Anda akan melihat pemandangan Selat Lombok, ditemani dengan Gunung Agung. Jangan lupa, untuk mengabadikan pemandangan tempat ini.

Keindahan Matahari Tenggelam

Pemandangan sekitar pura jadi lebih sempurna, saat matahari tenggelam. Pura ini merupakan tempat yang pas, untuk melihat matahari tenggelam. Pemandangan saat matahari tenggelam, sangat menakjubkan.

Anda akan menyaksikan, perubahan warna langit dan air laut. Kesan temaram dengan sedikit sinar matahari, membuat suasana makin memesona. Ditambah, dengan suara deburan ombak. Membuat pengalaman Anda kian istimewa.

Selendang

Saat masuk ke Pura Batu Bolong. Anda akan membayar donasi. Kemudian, Anda akan mendapat selendang kuning. Selendang tersebut, akan Anda kenakan di area pinggang. Selendang ini, menjadi tanda bahwa Anda tamu pura.

Tempat Peribadatan

Pura ini merupakan, tempat peribadatan umat Hindu. Oleh karena itu, Anda harus menjaga sikap saat berada di dalam pura. Anda tidak boleh terlalu ribut. Anda juga harus menjaga ketenangan, supaya tidak mengganggu peribadatan.

Selama di pura, Anda bisa melihat proses peribadatan. Anda dapat melihat, umat Hindu membawa sesajen. Serta mengenakan pakaian tradisional. Saat momen upacara besar. Anda bisa menyaksikan peribadatan yang diiringi dengan musik khas.

Setelah membaca tulisan di atas. Anda mungkin, jadi makin tertarik untuk datang ke Pura Batu Bolong di Lombok. Tempat ini, memang sangat bagus. Anda bisa membawa serta keluarga Anda, untuk menikmati keindahan pura ini.

Baca juga; destinasi wisata lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top