Skip to content →

Wow! Ini Dia Rahasia Tradisi Wanita Suku Batak yang Terkenal

Tradisi Wanita Suku Batak Ini Telah Terkenal Sejak Jaman Dahulu. Patut Dicoba!

Bagi seorang wanita, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan diri. Jika yang paling dikenal di Indonesia adalah ritual perawatan ala wanita Jawa, nyatanya banyak daerah di Indonesia yang menyimpan ritual kecantikan dan perawatan yang hampir sama.

Salah satunya adalah tanah Batak. Wanita suku Batak amat menjaga kecantikan wajahnya serta perawatan tubuhnya agar selalu tampil prima dan mempesona.

Ada beberapa cara yang merupakan tradisi wanita suku Batak yang sering dilakukan hingga saat ini. yang paling terkenal adalah 2 ritual di bawah ini yaitu:

Martup Spa

Tradisi ala wanita Batak ini adalah semacam pijatan yang biasanya dilakukan di tempat spa. Tidak beda jauh dengan pijatan spa yang dilakukan wanita Jawa atau Bali, proses pemijatan suku Batak dimulai dari kepala. Karena kepala adalah pusat susunan syaraf yang bisa rileks jika dipijat.

Pemijatan ini dilakukan dengan membalurkan minyak yang berasal dari rempah-rempah khas tanah Batak.

Saat proses pemijatan pun penuh dengan filosofi Batak yang khas, seperti posisi terapis yang harus berada di sebelah kanan serta area pijatan yang sangat diperhatikan.

OukupTradisi Wanita Suku Batak

Perawatan ala wanita Batak selanjutnya adalah Oukup yaitu sejenis perawatan yang berupa mandi uap layaknya spa. Tradisi ini banyak dilakukan suku Batak Karo.  Dengan menggunakan beragam tanaman rempah dan herbal yang diyakini baik untuk kesehatan tubuh, memulihkan diri dari kelelahan, merawat dan menjaga kesehatan kulit.

Oukup sendiri juga banyak dilakukan oleh wanita Batak setelah proses melahirkan untuk mengembalikan stamina tubuh serta pembersihan badan dengan ramuan tradisional khas Batak yang penuh dengan rempah-rempah.

Di samping menjaga kecantikan wajah dengan melakukan banyak perawatan tubuh serta menjaga penampilan, wanita Batak juga melakukan banyak hal untuk melejitkan potensinya. Potensi yang terbesar banyak dilakukan di dalam rumah, karena dalam tradisi Batak Wanita tidak diharuskan berkarier di luar. Namun, menjadi bagian penting sebuah keluarga. Adapun peran penting tersebut adalah sebagai berikut;

Pendidik Bagi Anak-Anaknya

Sejatinya Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. hal tersebut juga berlaku dalam tradisi suku Batak. Ibu diwajibkan untuk mendidik anaknya dengan ulet. Pendidikan utama yang selalu diajarkan adalah tentang memuliakan Tuhan, Orang Tua dan perbuatan baik lainnya.

Tujuannya agar anak memiliki budi pekerti dan karakter yang baik.

Ibu Rumah Tangga

Menjadi Ibu rumah tangga bukanlah aib bagi wanita Batak, justru hal tersebut adalah sebuah kehormatan, meski kini banyak wanita Batak yang memilih untuk berkarier di luar rumah.

Jantung rumah adalah seorang istri, hal tersebut yang menjadikan wanita Batak harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga apa pun. Mulai dari mencuci,memasak, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Jika wanita Batak tidak pandai dalam hal demikian maka rumah akan terasa tidak harmonis.

Pengatur Ekonomi Keluarga

Walaupun yang wajib mencari nafkah adalah laki-laki, tapi yang mengatur keuangan adalah bagian wanita. Ini yang menyebabkan wanita Batak sangat ahli jika menyangkut urusan keuangan karena telah terlatih di dalam rumah.

Ada banyak warisan dari tradisi wanita suku Batak yang bisa diambil pelajarannya. Mulai dari perawatan yang bisa juga dilakukan di rumah sendiri dan juga betapa penting peran wanita Batak bagi kelangsungan sebuah rumah tangga. Kesuksesan anggota keluarga berawal dari keahlian wanita dalam menata keharmonisan sebuah rumah.

Baca juga: tradisi wanita Indonesia

Related Posts

Published in Culture Lifestyle

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *