Connect with us

Hi, what are you looking for?

Culture

Ratu Shima: Sosok Berpengaruh yang Memerintah Kerajaan Kalingga

sddefault 1

Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan bercorak Hindu yang ada di Jawa Tengah. Kerajaan ini berdiri pada abad 6 Masehi dan berpusat di Kabupaten Jepara. Kerajaan ini terkenal akan tanahnya yang subur. Bukan hanya itu, sejarah juga mencatat bahwa pernah ada seorang wanita yang memerintah kerajaan ini di tahun 674 M, yaitu Ratu Shima. Lantas siapakah sosok sang Ratu?

Ratu Shima, Salah Satu Ratu Berpengaruh di Jepara

Silsilah Ratu Kerajaan Kalingga yang Terkenal

Ratu tidak hanya dikenal akan kecantikannya namun juga kebijaksanaannya dalam memerintah. Berikut ini merupakan sumber yang menerangkan silsilah sang ratu, antara lain:

  • Istri Raja Kalingga

Ada riwayat yang menyatakan bahwa sang Ratu merupakan istri dari Raja Kartikeyasinga yang merupakan raja yang memerintah Kalingga sejak tahun 648 sampai tahun 674 Masehi. Sementara ayah Raja Kartikeyasinga tidak diketahui namanya dan memerintah sejak tahun 632 sampai 648 Masehi.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Inline Related Posts” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”4″ style=”grid” align=”none” withids=”” displayby=”recent_posts” orderby=”rand”]

Menurut catatan sejarah, Raja Kartikeyasinga berasal dari keturunan Kerajaan Melayu Sribuja yang berada di Palembang. Meski riwayat suaminya telah diketahui, namun riwayat Ratu cantik rupawan ini masih belum diketahui dengan pasti hingga saat ini.

  • Berasal dari keturunan pendeta Hindu Sriwijaya

Ada pula sumber yang menyatakan bahwa Ratu merupakan anak dari seorang pendeta yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya. Ratu lahir di tahun 611 M di daerah Musi Banyuasin. Kemudian pada tahun 628 M, Ratu menikah dengan pangeran Kartikeyasinga yang juga adalah keponakan kerajaan melayu Sribuja.

 Sepak Terjang Ratu Kerajaan Kalingga

Sosok Ratu Shima - Ratu Berpengaruh yang Memerintah Kerajaan KalinggaRatu merupakan pemeluk taat Hindu Siwa yang awalnya tidak terlibat langsung dalam urusan pemerintahan Kerajaan Kalingga. Ratu sendiri memiliki dua orang anak dari suaminya Raja Kartikeyasinga, yaitu Parwati dan Narayana.

Sebelum pengangkatan ratu cantik tersebut menjadi raja yang berkuasa, Kerjaan Kalingga dibagi menjadi dua yaitu utara serta selatan. Kerajaan Kalingga di bagian utara atau Bumi Mataram dipimpin oleh Raja Parwati (695 M-716 M).

Sementara bagian Selatan atau Bumi Sambara dipimpin Raja Narayana. Pada masa pemerintahan sang Ratu, kerajaan sempat mengalami ancaman penyerangan dari Kerajaan Sriwijaya yang sedang ekspansi besar-besaran. Penyerangan ini sendiri menyusul penolakan pinangan dari Raja Sriwijaya saat itu, yaitu Sri Jayanasa.

Nah, itu sedikit sejarah tentang Ratu Shima. Semoga kita bisa meneladani sosok ratu cantik tersebut, dan semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...