Apa itu rehabilitasi narkoba?

rehabilitasi narkoba

Rehabilitasi narkoba adalah proses menjalani pengobatan untuk gangguan penggunaan zat. Ini juga dikenal sebagai rehab atau rehabilitasi, meskipun istilah ini sering digunakan secara bergantian. Kebanyakan orang yang pergi ke rehabilitasi akan tinggal di fasilitas perawatan selama 30 hari hingga satu tahun. Inilah yang harus Anda ketahui tentang proses ini:

Rehabilitasi narkoba atau rehab adalah proses melepaskan atau mengekang kebiasaan seperti narkoba atau alkohol. Di artikel hari ini, kita akan secara langsung membahas rehabilitasi narkoba atau narkotika.

Rehabilitasi narkoba adalah sebuah proses, bukan sebuah suatu tren yang terjadi dalam semalam saja. Anda tidak akan bangun suatu hari dan sembuh dari kecanduan Anda. Dibutuhkan kerja keras dan waktu untuk membuat perubahan yang diperlukan untuk mencapai ketenangan.

Jika Anda menjalani rehabilitasi, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Akan ada konselor, dokter, perawat, dan sesama pasien yang tidak menginginkan apa pun selain kesuksesan Anda. Jika ini adalah pertama kalinya Anda di rehabilitasi atau jika Anda pernah ke sini sebelumnya (dan gagal), kami memahami betapa sulitnya hal itu pada awalnya. Tetapi ketahuilah bahwa kita telah melihat kesuksesan terjadi berkali-kali, rehabilitasi pasti bisa terjadi.

Apa Saja Bagian dari Rehabilitasi?

Rehabilitasi bukan hanya masalah tubuh fisik. Karena itu juga berkaitan dengan kesejahteraan pasien secara keseluruhan. Jadi, ini mungkin melibatkan beberapa konseling atau terapi keluarga. Selain itu, proses rehabilitasi narkoba adalah proses yang bisa memakan waktu.

Meskipun ada perbaikan cepat untuk kecanduan narkoba, rehabilitasi narkoba bukanlah salah satunya solusinya. Intinya adalah rehab membutuhkan kontrol sendiri juga. Anda harus melakukan semua pekerjaan sendiri dan bermain sesuai aturan jika Anda ingin menjadi lebih baik.

Apa yang Terjadi Pada Pecandu Narkoba?

Ketika seseorang kecanduan narkoba, otak mereka benar-benar akan terprogram ulang. Ketika seseorang menggunakan obat-obatan, bahan kimia di dalamnya mempengaruhi sistem penghargaan otak.

Ini adalah bagian dari otak Anda yang membuat Anda merasa baik ketika Anda melakukan hal-hal yang baik untuk Anda seperti makan, berhubungan seks dan berteman.

Obat menyebabkan otak Anda memproduksi lebih banyak dopamin dari biasanya. Dopamin adalah bahan kimia yang memberi kita perasaan senang dan membantu kita merasa termotivasi untuk aktivitas tertentu.

Ketika orang kecanduan obat-obatan seperti heroin atau kokain, otak mereka menjadi tergantung pada bahan kimia ini. Tujuannya adalah untuk berfungsi secara normal.

Untuk menghindari rasa sakit atau gejala putus obat. Mereka terus menggunakan narkoba meskipun mereka tahu itu tidak baik untuk mereka atau kehidupan mereka secara umum.

Mengapa Harus Rehabilitasi?

Tujuan rehabilitasi adalah untuk mematahkan kecanduan ini dengan membantu otak kembali ke keadaan normal.

Tujuan rehabilitasi adalah untuk mematahkan kecanduan ini dengan membantu otak kembali ke keadaan normal. Sistem penghargaan otak telah rusak, dan untuk membantu menyembuhkannya. 

Anda harus berhenti menggunakan obat-obatan dan memberi waktu bagi tubuh Anda untuk pulih. Tanpa perawatan, otak Anda akan terus memproduksi lebih sedikit dopamin dengan sendirinya dari waktu ke waktu. Dan itu berarti Anda akan kesulitan menikmati aktivitas yang dulunya menyenangkan bagi Anda.

Tapi dengan pengobatan pasti anda bisa pulih kembali. Karena ketika Anda berhenti menggunakan narkoba dan memberi diri Anda waktu untuk pemulihan. Fungsi otak Anda sebenarnya bisa kembali normal. Anda akan merasa lebih bahagia secara keseluruhan, yang akan membuat menjauhi narkoba lebih mudah dari sebelumnya.

Inilah sebabnya mengapa rehabilitasi narkoba seringkali memakan waktu beberapa tahun dan membutuhkan banyak langkah berbeda.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa rehabilitasi membutuhkan waktu begitu lama dan mengapa membutuhkan begitu banyak langkah. Ini karena rehabilitasi bukan hanya tentang menghentikan penggunaan narkoba. Ini juga tentang kembali normal.

Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari kecanduan, dan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Selain itu, karena penyalahgunaan narkoba mempengaruhi tubuh fisik dan pikiran, pulih dari kecanduan berarti berurusan dengan lebih dari sekadar membersihkan diri.

Alasan lain untuk membutuhkan begitu banyak langkah dalam rehabilitasi narkoba adalah bahwa jalan setiap orang melalui proses ini akan berbeda tergantung pada kebiasaan pengalaman, dan preferensi mereka.

Itulah mengapa penting bagi terapis atau konselor profesional seperti Ashefa Griya Pusaka untuk membantu memandu Anda melalui langkah-langkah ini. Tetapi yang lebih penting, penting juga bagi mereka untuk mendengarkan dengan cermat.

Pemulihan dari kecanduan berarti lebih dari sekadar tidak menggunakan NAPZA lagi. Itu juga melibatkan perawatan untuk masalah kesehatan mental lainnya seperti kecemasan dan depresi. Kemudian anda bisa bekerja untuk mengembangkan mekanisme koping yang sehat. Ini juga memudahkan anda dalam membangun hubungan baru dengan orang-orang yang mendukung Anda dalam pemulihan Anda.

Pemulihan dari kecanduan adalah proses yang panjang, dan penting untuk diingat bahwa Anda tidak sendirian. Jumlah orang yang telah menjalani rehabilitasi narkoba atau sedang dalam pemulihan sangat mengejutkan, dan ada banyak kelompok pendukung untuk orang dengan segala jenis kecanduan.

Kesimpulan

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa orang membutuhkan rehabilitasi sejak awal. Jawabannya sederhana: kecanduan adalah masalah serius yang dapat merusak hidup Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Meskipun tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk pemulihan, rehabilitasi menawarkan solusi efektif bagi banyak orang yang menderita penyalahgunaan narkoba atau alkoholisme. Ini melibatkan kombinasi perawatan medis dan konseling perilaku untuk membantu pasien memahami kecanduan mereka sehingga mereka dapat mengubah perilaku mereka untuk selamanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 3 =

Scroll to Top