Beauty Class Lifestyle

Rekomendasi 13 Makanan Anti Penuaan yang Tepat

Penjelasan Ilmu Pengetahuan Tentang 13 Makanan Anti Penuaan Untuk Kulit yang Terlihat Lebih Muda

Bisa Anda amati, sebuah anggur dan cheddar kulitnya akan terus kencang seiring bertambahnya waktu. Namun, tidak demikian dengan kulit Anda. Sel-sel kulit Anda akan mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kulit Anda akan menunjukkan tanda-tanda penuaan yang pertama ketika usia Anda menginjak dua puluhan. Meskipun tidak mungkin untuk mencegah datangnya penuaan, karena hal tersebut pasti terjadi, tapi tetap dapat memperlambat dan bisa menjaga kulit Anda terlihat lebih muda untuk waktu yang lama. Mempertahankan kulit yang indah dan bercahaya, dapat Anda mulai dari makanan yang Anda konsumsi.

Makanan yang mengandung zat anti penuaan terbaik adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi, antioksidan, air, lemak sehat. Penelitian juga membuktikan bahwa makan buah-buahan dan sayuran adalah langkah terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan flek dan kerutan pada kulit Anda.

Berikut ini adalah makanan yang mengandung zat anti penuaan yang bisa Anda gunakan untuk menyehatkan tubuh dan kulit dari dalam:

  • Selada

Sayuran banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk Anda. Sayuran hijau yang menyehatkan biasanya mengandung potasium, fosfor, kalsium, mangan dan vitamin B-1,A,C,B-2 dan K. Sayuran juga berguna sebagai antiseptik yang baik untuk kulit lapisan  dalam milik Anda.

Dengan adanya zat tersebut akan membantu meningkatkan sirkulasi dan pengiriman mineral untuk sel tubuh. Akibatnya, kulit Anda akan mendapat suplai oksigen secara intens. Dalam selada juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Antioksidan inilah yang akan membantu menjaga kulit Anda bebas dari kerutan dan garis-garis halus. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, cukup Anda tambahkan satu genggam selada dalam salad Anda. Salad dalam porsi kecil secara teratur akan meningkatkan kesehatan serta membuat kulit Anda senantiasa bercahaya.

Paprika Merah Makanan Anti Penuaan

Paprika adalah makanan anti penuaan yang mengandung zat antioksidan. Zat ini sangat penting dalam mencegah penuaan. Selain itu juga mengandung banyak vitamin c dan karoten.

Vitamin C berguna untuk menghasilkan kolagen. Sedangkan karoten pada buah dan sayur yang berwarna merah, oranye dan kuning mengandung zat anti-inflamasi yang melindungi kulit dari polusi, racun dan paparan sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaat dari paprika ini, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya dalam salad atau menumisnya.

  • Biji Delima

Delima adalah makanan anti penuaan terbaik karena manfaatnya yang beragam. Buah ini telah digunakan selama berabad-abad  untuk pengobatan. Ini dikarenakan delima mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang kuat.

Dengan kandungan ini, delima bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan dalam tubuh dan melindungi kulit Anda dari ancaman radikal bebas berbahaya. Buah ini juga mempunyai sifat  menjaga stabilitas kolagen di dalam kulit. Sehingga dapat membantu memperlambat penuaan.

  • Bayam

Bayam banyak mengandung antioksidan. Bayam berguna untuk memberikan suplai oksigen, yang berguna untuk melembabkan seluruh bagian tubuh. Bayam juga banyak mengandung vitamin C tinggi yang berguna untuk meningkatkan pembentukan kolagen.

Kolagen sendiri dapat membantu mempertahankan kekencangan dan kehalusan kulit. Bayam adalah jenis makanan anti penuaan karena banyak mengandung lutein, magnesium, zat besi nabati serta vitamin A,E,C dan K. Vitamin A yang terkandung dalam bayam dapat membuat rambut menjadi berkilau dan sehat. Sedangkan vitamin K dapat mengurangi peradangan dalam sel.

  • Blueberry

Bluberry banyak mengandung vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung zat antioksidan yang dikenal dengan nama antosianin. Antosianin ini yang bertanggungjawab pada pembentukan warna biru tua dari buah beri.

Antioksidan pada buah berry mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan adanya stres, polusi dan sinar matahari. Antioksidan ini juga dapat mencegah hilangnya kolagen dan mempercepat respon terhadap peradangan. Oleh karena itu, baik sekali mengonsumsi buah ini  atau smoothie blueberry di pagi hari untuk mendapatkan kulit yang cantik.

  • Ubi Jalar Oranye

Beta karoten yang terdapat pada ubi jalar bisa disebut sebagai antioksidan. Zat ini sendiri dapat ditransformasikan menjadi vitamin A yang membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Zat ini juga dapat membantu meningkatkan pembentukan sel baru yang membuat kulit menjadi lembut dan awet muda. Makanan ini masuk dalam daftar makanan anti penuaan karena adanya vitamin C dan E di dalamnya. Kedua vitamin ini berguna untuk menjaga wajah tetap bersinar dan melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Anda bisa mengonsumsi ubi jalar ini sebagai sarapan atau camilan di siang atau sore. Bagus juga untuk bahan diet.

  • Brokoli

Brokoli adalah sayur yang bermanfaat untuk mencegah penuaan serta peradangan. Sayur ini  banyak mengandung lutein, asam folat, kalsium, serat, vitamin C dan vitamin K. Vitamin C sendiri membantu dalam memproduksi kolagen.

Kolagen adalah protein utama yang dapat menjaga elastisitas dan kekuatan pada kulit. Oleh karena itu, baik sekali mengonsumsi brokoli mentah sebagai camilan atau bisa dengan mengukusnya sebelum dimakan. Namun, jika dimasak terlalu matang akan menghilangkan khasiat dari vitamin yang terkandung di dalamnya.

  • Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak yang berguna untuk melawan peradangan dan dapat membuat kulit lebih kenyal dan halus. Karena itu,  alpukat masuk sebagai makanan anti penuaan. Buah ini juga banyak mengandung nutrisi penting yang dapat mencegah efek buruk yang terjadi akibat penuaan.

Nutrisi yang terkandung adalah kalium, vitamin B, E,C,K dan A. Vitamin A yang ada dalam alpukat dapat membantu kulit untuk melepaskan sel-sel mati. Dengan demikian kulit akan terlihat halus dan bercahaya.

Alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat menangkal racun dan kerusakan akibat adanya sinar matahari sehingga terhindar dari kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya makanlah buah alpukat secara langsung atau dalam bentuk smoothie.

Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah yang dapat mencegah munculnya keriput pada kulit, melawan peradangan serta mengurangi kemerahan.

  • Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan anti penuaan terbaik karena mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang penting. Zat tersebut dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit.

Pepaya juga banyak mengandung vitamin C,E,K dan A yang berguna untuk melawan radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah adanya tanda penuaan yang muncul pada kulit Anda.

Pepaya mengandung enzim papain sebagai zat anti inflamasi alami terbaik. Zat ini berguna untuk melepaskan sel kulit mati. Oleh karena itu, sangat baik mengonsumsi buah ini karena dapat membuat kulit cerah dan bercahaya. Bisa dalam bentuk jus atau memakannya secara langsung. Bisa juga dijadikan masker wajah yang dipakai rutin pada malam hari.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan masuk dalam daftar makanan anti penuaan karena banyak mengandung vitamin E.  Vitamin ini berguna untuk memperbaiki jaringan kulit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan membantu melembabkan kulit.

Asam lemak dalam kacang  dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari, menguatkan sel, menutrisi kulit agar bercahaya dengan adanya minyak alami.

Konsumsi kacang sebagai camilan secara rutin sangat baik sekali karena lima puluh persen antioksidan ditemukan pada makanan ini.

  • Tomat.

Tomat adalah makanan anti penuaan terbaik selanjutnya yang mengandung likopen, senyawa yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan. Antioksidan pada makanan ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membatasi penurunan kolagen. Sehingga kulit bebas dari keriput.

Manfaat lain dari tomat adalah adanya sifat anti inflamasi yang mengandung flavanoid yang membantu memperlambat proses penuaan. Oleh karena itu, tambahkan tomat ke dalam salad Anda untuk membuat kulit Anda bebas keriput.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antioksidan dan detoksifikasi. Semua zat ini dapat menjaga kulit sehingga tampak awet muda. Oleh karena itu, bawang putih adalah makanan yang baik untuk mencegah penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah. Atau jika tidak suka bisa menambahkannya pada kentang goreng atau daging panggang karena dapat menimbulkan rasa pedas pada makanan.

  • Dark Coklat

Penelitian telah membuktikan bahwa dark coklat dapat mencegah timbulnya kerutan. Selain itu dapat menjaga elastisitas kulit dan tingkat kelembapannya. Dark coklat juga mengandung flavanol yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet.

Untuk mengonsumsinya, bisa menambahkannya sebagai hiasan kue atau sebagai tambahan pada sereal untuk sarapan pagi. Tidak perlu takut dengan rasa pahit coklat ini, bayangkan saja manfaat besarnya.

Makanan-makanan anti penuaan ini akan membantu menyehatkan tubuh Anda. Pilih buah dan sayur yang kaya warna. Warna ini yang biasanya  mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas.

Makanan berwarna juga akan membantu kulit Anda tetap cerah dan sehat. Kesehatan kulit menjadi lebih baik dan dapat memperlambat tanda-tanda penuaan sehingga kulit nampak bercahaya dan sehat.

Related posts

Ingin Tampil Glowing Bebas Jerawat? Ini 6 Cara Merawat Wajah

Jeng Susan

Rahasia Kecantikan Wanita Venezuela Agar Selalu Tampil Menawan

Jeng Susan

Inilah Rahasia Kecantikan Wanita Korea Selatan yang Mudah Ditiru

Jeng Susan

Leave a Comment