Skip to content →

Serunya Berlibur ke Pantai Kuta Mandalika di Lombok

Last updated on Februari 22, 2019


Pantai Kuta Mandalika di Lombok, telah resmi dibuka tahun 2018. Bertepatan dengan Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pantai Kuta di Lombok ini, tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali.  Mengunjungi pantai ini, tidak dikenakan tarif khusus. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, hanya wajib mengeluarkan biaya parkir saja.

Pantai Kuta Mandalika di Lombok yang Mempesona

Kuta Mandalika, Lombok

Pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Kuta Mandalika adalah pantai yang luas, garis pantainya sekitar 7,2 km. Jika Anda berada di Kota Mataram, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 90 menit. Jaraknya dari Kota Mataram kurang lebih sekitar 72 km.

Pantai ini dapat ditempuh, kurang dari 30 menit dari bandara Internasional Lombok, Praya. Rencananya, Mandalika pun akan memiliki sirkuit balap Moto GP, convention center dan ribuan hotel. Jadi, para traveler lokal maupun mancanegara, akan betah berkunjung ke kawasan ini.

Lalu, apa saja kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta Mandalika? Simak berikut rangkumannya:

Surfing dan Snorkeling

Pantai Kuta di Lombok, cocok sebagai tempat snorkeling. Pemandangan bawah lautnya yang indah. Memungkinkan pengunjung, untuk melakukan kegiatan snorkeling. Di pantai ini, telah disediakan tempat penyewaan peralatan snorkeling. Jadi, bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan, tidak perlu khawatir.

Sekitar 2 KM dari Pantai Kuta Mandalika. Terdapat Pantai Seger, untuk pencinta surfing. Ombak di Pantai Seger, cocok untuk pecinta selancar.  

Menyaksikan Keunikan Upacara Adat Setempat

Selain aktivitas wisata, di tempat ini Anda bisa menyaksikan kegiatan wisata budaya. Berkunjunglah pada bulan Februari – Maret, untuk menyaksikan Upacara Bau Nyale. Upacara adat ini, hanya diadakan satu tahun sekali.

Upacara Adat Bau Nyale biasanya diadakan di Pantai Seger. Upacara ini adalah, penangkapan cacing nyale yang dilakukan masyarakat setempat. Tujuan dari upacara tersebut, untuk mengenang Putri Mandalika.

Berenang di Pantai

Jika tidak mampu ber-snorkeling, Anda bisa berenang biasa di pantai. Pantai Kuta Mandalika memiliki  air yang jernih. Selain itu, pasirnya pun putih sehingga nyaman untuk bersantai. Pantai ini pun aman, untuk yang suka berenang di pantai. Namun, jika Anda membawa anak-anak, tetap harus mengawasinya.

Kegiatan Olahraga Air

Pantai ini telah tersentuh dengan fasilitas-fasilitas modern. Sehingga, selain berenang dan bermain di pantai, pengunjung bisa melakukan kegiatan olahraga air. Ada banyak olahraga air yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya seperti, banana boat, jetski hingga windsurfer. Banyaknya pilihan aktivitas di pantai ini, tentu akan membuat pengunjung tidak bosan saat berlibur.

Menyaksikan Keindahan Sunset

Sunset adalah keindahan yang juga ditawarkan, oleh Pantai Mandalika. Di kawasan pantai berpasir putih ini, pengunjung bisa menikmati sunset yang indah nan memesona. Bagi pencinta fotografi, pantai ini cocok untuk dijadikan spot terbaik. Tempat ini, cocok juga bagi yang sedang bulan madu.

Fasilitas Bermain Anak-Anak

Pantai Kuta Mandalika juga telah menyediakan fasilitas bermain, untuk anak-anak. Terdapat sebuah pelataran luas, untuk bermain skateboard anak-anak, bangku untuk duduk, dan lampu penerangan di malam hari. Anak-anak akan senang bermain di pantai ini. Dengan demikian, pantai ini sangat cocok, untuk menghabiskan libur Anda bersama keluarga.

Itulah berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pantai tersebut. Pantai Kuta Mandalika di Lombok pun, memiliki fasilitas umum yang lengkap. Tidak jauh dari lokasi, terdapat mesjid besar, beachwalk yang nyaman, area parkir luas, dan warung-warung penjaja makanan. Semua fasilitas tersebut, untuk mendukung wisatawan yang datang ke pantai ini.

Related Posts

Published in Travel

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *