Lifestyle

Sulitnya Mencari Tempat Pemakaman Universal, Apakah Terdapat Solusinya?

Dari informasi yang dipunyai oleh Dinas Pertamanan serta Pemakaman DKI Jakarta, saat sekarang ini tempat pemakaman universal di Ibu Kota cuma tersisa...

Written by Jeng Susan · 3 min read >

Dari informasi yang dipunyai oleh Dinas Pertamanan serta Pemakaman DKI Jakarta, saat sekarang ini tempat pemakaman universal di Ibu Kota cuma tersisa lahan siap digunakan seluas 31 hektar yang diperkirakan hanya bisa menampung sekitar 6 ribu jenazah saja.

Menipisnya ketersediaan lahan makam ini pasti membuat warga sangat khawatir, terlebih semacam yang telah kita tahu kalau jumlah tanah tidak dapat meningkat tetapi jumlah manusia terus menjadi banyak.

Apabila tidak terdapat solusinya, maka hukum permintaan serta penawaran bakal berlaku disini. Yaitu bila permintaan besar tetapi produk yang dimohon terbatas, maka harga akan naik drastis. Dapat kita bayangkan, di kemudian hari harga sebidang tanah berdimensi 2×1 m biayanya bertambah pesat bersamaan berjalannya waktu.

Bila pemerintah tidak lekas mengambil aksi, maka bakal banyak orang yang akan tidak sanggup buat mendapatkan lahan pemakaman.

Untuk memenuhi pengeluaran hidup mereka tiap hari saja telah susah, malah ditambah terbebani dengan tingginya bayaran rumah masa depan ini.

Jangan Mati di Kota Besar

Ungkapan diatas menggambarkan realitas yang ada saat sekarang ini. Kemudian apa pemicu krisis liang lahat tersebut? Para pengamat perkotaan berkata, banyaknya lahan yang tergerus diakibatkan oleh dibangunnya tempat bisnis ataupun sarana universal.

Pembangunan masif tersebut memunculkan banyak kekhawatiran di golongan warga menimpa nasib mereka dan keluarganya apabila memerlukan kuburan. Terlebih saat ini terus menjadi diperparah dengan maraknya calo makam yang membuat pengeluaran sampai 10 kali lipat dari bayaran sepatutnya.

Sementara itu lahan yang diberikan juga bukan lahan kosong melainkan ditumpuk di atas liang lahat orang lain ataupun lebih diketahui dengan“ tumpangsari”. Untuk menanggulangi kasus tersebut, salah satu program pemerintah yakni mensosialisasikan kepada warga buat memesan tempat pemakaman universal lebih dini.

Perihal ini disebabkan karena rata-rata orang wafat di Jakarta dapat menggapai 150–200 orang/hari, jadi jangan kaget apabila terdapat sanak kerabat ataupun sahabat yang wafat, hendak hadapi kerepotan.

Dari informasi, iuran kuburan dekat 100 ribu, tetapi buat pemakaman dapat sebesar 3– 5 juta rupiah. Sesungguhnya bila pengelolaan tanah di posisi TPU bisa dicoba secara optimal, hingga lahan dapat digunakan dengan efisien.

Pemecahan jangka pendek dari pemerintah menimpa sosialisasi pembelian semenjak dini lahan TPU sepatutnya tidak butuh diterapkan sebab cuma hendak memunculkan ketimpangan sehingga butuh dicari pemecahan yang lain yang lebih baik.

Bisa jadi hendak memerlukan waktu lama, tetapi senantiasa wajib dicoba secepatnnya karena lahan terus menjadi kecil akibat tergerus oleh arus pembangunan infrastruktur yang sangat masif.

Praktek percaloan pula wajib lekas diberangus sebab cuma memunculkan keresahan masyarakat, terlebih banyak laporan yang masuk menimpa korban penipuan oleh calo menimpa pembayaran lahan yang nilainya dapat menggapai jutaan rupiah per orang.

Sulitnya menguak percaloan ini menimbulkan kian maraknya perihal tersebut, sebagian oknum yang tertangkap juga senantiasa saja susah ditindak sebab hambatan pembuktian.

Tergusurnya Ribuan Tempat Pemakaman Umum

Terus menjadi berkembangnya bermacam pembangunan infrastruktur ialah salah satu aspek utama pemicu menipisnya lahan tempat pemakaman universal. Bukan cuma itu saja, apalagi demi kepentingan proyek sarana, sebagian lahan TPU juga turut tergusur contohnya buat banjir kanal, jalur raya ataupun tol serta yang lain.

Pasti disini pemerintah telah bijaksana dengan membagikan ubah rugi kepada pihak- pihak yang terserang gusuran.

Bagi informasi dari dinas kehutanan pertamanan serta pemakaman DKI jakarta di tahun 2019 telah terdapat dekat 2. 300 lebih permohonan perizinan pelayanan pemakaman. Itu belum tercantum korban- korban di luar perhitungan semacam akibat musibah ataupun peristiwa lain yang tidak teridentifikasi.

Kemudian Apa Solusinya?

Tiap permasalahan tentu senantiasa terdapat jalur keluarnya, tercantum buat hambatan sempitnya lahan tempat pemakaman universal. Silakan ikuti ulasan menarik dari kami berikut ini.

Saat sekarang ini para pengembang swasta telah mulai masuk ke bisnis “rumah masa depan”. Ini terjalin sebab sulitnya warga memperoleh lahan makam yang aman serta bermutu. Salah satu contohnya merupakan San Diego Hills yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Dikatakan aman karena konsep yang ditawarkan sangat indah dan mempesona. Tidak semacam TPU pada biasanya, melainkan semacam halaman yang membuat Kamu seolah tidak lagi terletak di makam. Keunggulan yang lain yakni tidak terdapat yang namanya pungli ataupun pengemis, leluasa dari efek penggusuran, tertib serta tertata apik dan jauh dari kesan mengerikan/angker.

Belum lagi banyaknya sarana luar biasa lengkap yang sangat memanjakan pihak keluarga semacam lounge, tempat ibadah, halaman berbunga serta masih banyak lagi. Bagaikan data kalau atensi dari warga sangatlah besar buat TPU tipe ini, tetapi pasti bayaran yang wajib dikeluarkan bukanlah murah.

Tetapi jangan takut karena terdapat kelas-kelasnya, sehingga tidak seluruh biayanya sama sehingga dapat menjangkau banyak golongan.

Konsep pre need jadi terobosan baru di bisnis makam elegan ini sehingga untuk Kamu yang dikala ini telah mulai membelinya, hingga nanti kala diperlukan oleh keluarga, tidak butuh merasakan kerepotan lagi. Jadi saat sebelum wafat, siapkanlah seluruhnya sebab semacam yang suda dipaparkan tadinya kalau keterbatasan lahan makam telah jadi momok menakutkan untuk kita seluruh.

Hendaknya jangan menunda lagi karena tingginya permintaan, harga pula hendak meningkat naik. Bila merasa berat dengan biayanya, sebagian pengembang juga menawarkan skema pembayaran yang mempermudah untuk seluruh orang.

Keuntungan Membeli Makam Elegan di Dini( Pre Need)

Dari informasi penjualan sepanjang 2 tahun terakhir, pembelian lahan makam pre need jauh lebih besar dibanding at need. Ini menunjukkan kalau program semacam ini sangat diterima oleh warga luas yang telah mulai mempersiapkan rumah masa depan untuk dirinya ataupun keluarga tercinta.

Terdapat 3 keuntungan yang dapat diperoleh bila membeli makam pre need:

Harga Jauh Lebih Murah

Meski cuma berbentuk tempat pemakaman universal, tetapi bukan berarti biayanya tidak menghadapi peningkatan. Dari tahun ke tahun terus menjadi banyak permintaan sehingga nilainya juga turut naik. Ini berarti sama dengan tipe proerti lain semacam rumah, apartemen ataupun ruko.

Sekedar contoh, di salah satu pengelola pemakaman swasta, pada dini penjualan harga makam 1 unitnya cuma 10 jutaan namun saat ini biayanya sudah 40 jutaan. Oleh karena itu tidak butuh berpikir panjang karena bisa jadi ini dapat pula jadi portofolio investasi Anda.

Merasakan Ketenangan

Bila suatu ketika nanti Anda ataupun keluarga tercinta terserang bencana yang tidak terduga, maka kerabat dan sahabat tidak lagi terbebani kesulitan buat mencari liang lahat yang saat ini telah sangat terbatas ketersediaannya.

Kelebihan pemakaman elegan San Diego Hills yakni tidak terdapat lagi bayaran perpanjangan sewa lahan, tidak terdapat bayaran buat perawatan makam, sehingga Kamu dapat berziarah dengan tenang. Tidak timbul perasaan khawatir hendak digusur karena ini eksklusif serta berbeda dibanding TPU pada biasanya ataupun sangat istimewa.

Munculnya Rasa Kepuasan

Keuntungan yang lain merupakan Anda akan sangat leluasa memastikan posisi cocok kemauan kita, apakah mau dekat keluarga ataupun menyewa sebagian lahan buat 1 keluarga sekalian. Tiap cluster juga banyak tipe serta fasilitasnya, yang dimana sangat mengasyikkan hati apabila telah memilikinya.

Dengan bermacam kelebihan tersebut, hingga tidak ada alibi lagi buat tidak lekas membelinya.

Demikian postingan tempat pemakaman universal ini kami buat, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat berarti untuk Anda.

Terima kasih.

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *