Connect with us

Hi, what are you looking for?

Beauty Class

Kenali Tanda Menopause Awal Wanita Yang Sering Terjadi

Tanda Menopause Awal Wanita

Menopause adalah masa menstruasi atau haid yang terhenti dikarenakan faktor umur, kesehatan terganggu, dll. Pada masa menopause maka wanita tidak dapat bereproduksi lagi atau hamil. Ada banyak tanda menopause awal wanita yang sering terjadi dan dirasakan kebanyakan wanita. Tanda awal menopause terjadi sangat penting untuk wanita agar berkonsultasi pada dokter terkait kesehatannya.

Pada umumnya wanita mengalami menopause pada saat berusia lebih dari 39 tahun. Namun bukan hal yang tidak mungkin jika di usia 50 tahun masih mengalami menstruasi. Setiap tubuh dan organ tubuh wanita berbeda-beda, hal ini dipantau sesuai dengan rata-rata kejadian. Langsung saja tanda menopause awal wanita yang sering terjadi, berikut ini.

Kenali Tanda Menopause Awal Wanita

Tanda Menopause Awal Wanita
Gambar oleh holdosi dari Pixabay

1. Siklus Haid Berbeda Secara Tiba-Tiba

Hal umum yang menjadi tanda awal menopause adalah siklus haid yang berbeda di setiap bulannya. Bahkan seorang wanita tidak mengalami haid dalam beberapa bulan atau tahun. Dan ada juga wanita yang mengalami haid dalam sebulan full dengan darah yang tak wajar. Pada wanita hamil akan terjadi siklus haid yang tidak teratur namun sangat kecil kemungkinannya.

2. Kesehatan Yang Terganggu

Hal yang akan dirasakan wanita menopause biasanya mengalami gelisah, sakit pada bagian tertentu, dan jantung berdebar kencang. Masa normal yang biasanya dialami menjadi terganggu akibat munculnya menopause. Pada saat itu hormon wanita berubah drastis yang membuat tubuh kaget dan tidak terbiasa. Biasanya tubuh akan cepat lelah dan sakit jika melakukan kegiatan yang berat saat munculnya tanda menopause lainnya.

3. Sensasi Hubungan Seks Menurun

Pada wanita yang mengalami menopause tidak ingin melakukan hubungan intim dikarenakan tidak bergairah. Hormon di dalam tubuh akan sulit terangsang sehingga hanya membuat wanita lelah. Selain itu vagina akan terasa kering karena sedikit mengeluarkan cairan, dapat diatasi dengan pelumas buatan. Sensasi atau rasa berhubungan seks menurun merupakan hal yang umum terjadi pada wanita yang akan mengalami menopause.

4. Sulit Tidur

Sulit tidur adalah salah satu tanda menopause awal wanita yang sering terjadi akibat perubahan pada tubuh. Mengalami insomnia yang berlebihan dari hari biasanya pada wanita berumur dapat menandakan menopause akan terjadi. Namun insomnia berlebih sangat mengganggu karena dapat menimbulkan penyakit lainnya. Kunjungi dokter untuk mendapatkan resep terbaik sehingga insomnia berkurang.

Baca juga: Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan

5. Perubahan Tubuh

Tubuh akan berubah tiba-tiba secara drastis menjadi tanda awal menopause pada wanita berumur. Wanita dengan tubuh kurus akan mengalami kenaikan berat badan dalam waktu dekat terutama bagian pinggang. Pada wanita bertubuh gemuk akan mengalami penurunan berat badan tanpa melakukan diet. Perubahan tubuh terjadi karena adanya tanda menopause lainnya yang mengganggu nafsu makan dan juga penyakit.

6. Terjadinya Gangguan Pada Saluran Kemih

Hal ini sangat umum terjadi pada wanita yang akan mengalami menopause karena berkurangnya elastisitas saluran kemih. Pada saat menahan pipis maka tidak dapat menahannya pada waktu yang lama. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wanita yang mengalami tanda menopause akan mengalami buang air kecil sesering mungkin. Jika terjadi berangsur lama maka kesehatan saluran kemih akan terganggu dan dapat terjadi infeksi. Untuk itu konsultasi pada dokter segera mungkin.

Itulah beberapa tanda menopause awal wanita yang umum terjadi dan dapat melakukan konsultasi pada dokter. Tanda yang terjadi membuat tubuh merasa tidak nyaman dan mengganggu keseharian wanita. Mengenali tanda menopause sejak dini membuat diri siap dalam perubahan yang terjadi tanpa rasa panik. Penyakit tertentu juga dapat menjadi pemicu menopause terjadi dengan cepat.

Menopause dapat terjadi pada wanita yang berumur di bawah 45 tahun atau di atas 50 tahun. Studi hanya mengambil sampel rata-rata wanita menopause di dunia bukan menutup kemungkinan tidak terjadi di umur 45 hingga 50 tahun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...