Travel

20 Daftar Tempat Wisata di Jogja Paling Populer

Ketika berbicara destinasi wisata di Yogyarkarta, memang ada banyak opsi. Namun tempat wisata di Jogja paling popler berikut ini, wajib masuk dalam...

Written by Jeng Susan · 9 min read >
Daftar-Tempat-Wisata-di-Jogja-Paling-Populer-20

Ketika berbicara destinasi wisata di Yogyarkarta, memang ada banyak opsi. Namun tempat wisata di Jogja paling popler berikut ini, wajib masuk dalam catatan paling atas untuk dikunjungi.

Prolog Wisata Jogja;

Jogja selalu berhasil untuk menampilkan pesonanya, sehingga membuat banyak wisatawan tidak pernah jenuh untuk mendatangi kota cantik satu ini. Ragam budaya Jogja serta perpaduan yang apik dengan modernitas dan seni, membuat Jogja tidak pernah habis untuk dijelajahi.

Sejarah Jogja yang panjang juga membuat kota ini begitu spesial di mata banyak orang. Lihat saja pengunjung domestic maupun mancanegara silih berganti berkunjung ke Jogja.

Tempat ini merupakan perpaduan sejarah, kuliner, seni, pendidikan, budaya, kesederhanaan, dan cita rasa yang tinggi.

Beautiful Jogja

Kelebihan lain dari Jogja, tentu saja adalah kesederhanaannya, yang mampu membuat siapa saja tanpa kantong tebal pun, masih bisa menyusuri dan menikmati keindahan kota Jogja.

Ketika Anda mencari tempat wisata murah dan eksotik di Indonesia, maka Jogja lah pilihannya. Suwer…

Kali ini, kita akan membahas tentang daftar tempat wisata di Jogja Paling populer. Wajib untuk anda datangi! ūüôā

Baca juga artikel traveling lainnya:

20 Daftar Tempat Wisata di Jogja Paling Populer

1. Kawasan Jl. Malioboro

Daftar Tempat Wisata di Jogja Paling Populer - Kawasan Jl. Malioboro

Membicarakan tempat wisata populer di Jogja yang pertama kali tentu saja kawasan Jl. Malioboro. Tempat ini sudah terkenal sejak lama menjadi destinasi utama wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Malioboro sendiri merupakan Jalan yang disepanjang kanan kirinya terdapat toko berderet, termasuk /mall yang menjual berbagai macam barang dagangan termasuk tempat makan. Anda juga dapat menemui pedagang yang berjualan di sepanjang jalan Malioboro yang menjual berbagai pernak pernik mulai dari aksesoris, tas, hingga baju.

2. Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo Jogja
Instagram.com/infojogja.co

Biasanya tempat pertama yang akan dikunjungi jika pergi ke Jogja adalah berkunjung ke pasar Beringharjo. Masih terletak di kawasan Malioboro, pasar satu ini tidak seperti pasar kebanyakan. Dagangan yang dijajakan adalah baju, aksesoris, perlengkapan, tas, kain, dan sebagainya.

Pasar Beringharjo menawarkan berbagai jenis pakaian dengan harga miring, terutama untuk anda yang sangat menyukai batik. Ada banyak model baju batik yang dapat anda temui disini. Dan jika pandai menawar, niscaya anda akan mendapatkan harga baju dengan murah.

3. Tugu Jogja

Tugu Jogja

Ikon satu ini tidak pernah lepas dari kota Jogja. Sebenarnya tidak ada atraksi tertentu yang membuat spesial Tugu Jogja. Justru letak spesial dari tempat ini adalah Tugu itu sendiri, serta latar belakang dan letaknya yang berada di tengah kota membuat Tugu Jogja adalah lokasi yang fotogenik.

Menginjak sore hari atau lebih tepatnya menjelang malam hari biasanya Tugu Jogja akan ramai dengan pengunjung. Wisatawan berlomba untuk mengabadikan momen yang tepat dengan melakukan selfie di tempat ini. Nyala lampu di sekitar Tugu membuat pemandangan semakin menarik di malam hari.

Sekedar saran, jika ingin mengambil foto yang bagus di tempat ini sebaiknya anda datang ketika jalanan sudah sepi. Cobalah untuk datang di atas jam 10 malam, apalagi jika akhir pekan tiba, dijamin jalanan masih ramai jika di bawah jam tersebut. Plus anda bisa sekalian menyusuri Jl. Mangkubumi sebelum tiba di Tugu Jogja dengan berjalan kaki.

4. Tamansari

Rental Mobil Jogja
https://jogjarentalmobil.net/

Satu lagi tempat wisata yang tidak boleh dilupakan untuk dikunjungi jika bertandang ke Jogja adalah Taman Sari. Istana Air Taman Sari Yogyakarta yang terletak di Jl. Taman, Yogyakarta ini terletak dekat dengan Keraton Yogyakarta dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari alun-alun utara keraton.

Tempat yang semula merupakan tempat rekreasi keluarga kerajaan ini juga merupakan benteng pertahanan terakhir jika istana Kerajaan diserang. Mempunyai luasan kurang lebih 10 hektar dan total 57 bangunan anda dapat menemukan kompleks kolam pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, kanal air, taman, lorong bawah tanah dan beberapa bangunan yang gaya arsitekturnya dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan.

Sayangnya saat ini kompleks Taman Sari sudah mulai berkurang karena banyak yang dijadikan sebagai tempat pemukiman penduduk. Namun tempat ini masih tetap menarik untuk dikunjungi, dan yang jelas sangat instagramable.

Buka dari pukul 08.00-14.00 WIB anda cukup mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp 3-7 ribu dan jika menginginkan jasa pemandu wisata, terdapat beberapa orang yang menawarkan jasanya di luar pintu masuk. Biasanya tarif yang diberikan wisatawan sebesar Rp 25 ribu untuk jasa pemandu wisata tersebut.

5. Istana Ratu Boko

Ratu Boko-7001

Komplek Candi satu ini juga wajib untuk anda datangi karena cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Tidak terlalu banyak candi sebenarnya di komplek satu ini, tidak seperti Prambanan atau Borobudur, namun Istana Ratu Boko tetap tidak kehilangan pamornya.

Kompleks ini terdiri dari gapura, lapangan, paseban, kolam serta pembakaran. Biasanya pengunjung datang kesini untuk menikmati suasana sunset yang indah. Berlatarkan warna jingga kemerahan, Candi Ratu Boko ini merupakan lokasi yang tepat untuk mengambil berbagai foto spesial.

6. Hutan Pinus Mangunan

Wisata-Alam-Pinus-Asri-Bantul-tempat-wisata-di-Jogja

Membicarakan Jogja rasanya tidak tepat jika tidak menampilkan Hutan Pinus Mangunan dalam daftar tempat wisata populer di Jogja. Jika anda sangat mencintai suasana yang tenang dan dekat dengan alam serta dikelilingi rindangnya pepohonan, tempat ini harus masuk dalam daftar kunjung anda selama di Jogja.

Hutan Pinus Mangunan terletak kurang lebih 24 km dari pusat kota dan memakan waktu selama 45 menit untuk tiba disini. Belum ada tiket masuk resmi untuk memasuki tempat ini, namun anda harus menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 3-10 ribu. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari lokasi outbound, toilet, gardu pandang, mushola hingga area parkir.

7. Puncak Becici

Yogyakarta
flickr.com

Masih dalam satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan terdapat satu lagi objek wisata yang cukup populer yakni Puncak Becici. Disini anda dapat melihat pemandangan bukit-bukit hijau yang indah dan menenangkan.

Tempat ini terletak kurang lebih sekitar 15 menit dari kawasan Hutan Pinus Mangunan sebagai objek wisata utama. Atau lebih tempatnya berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2 ribu untuk tiket masuk, dan biaya parkir sebesar 2 ribu untuk motor, 5 ribu untuk mobil, dan 20 ribu untuk bus.

Pemandangan di Puncak Becici ini sangat cocok digunakan untuk tempat berfoto. Dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola, toilet, dan lokasi outbound, disini juga tersedia gardu pandang untuk menikmati pemandangan. Sunset di Puncak Becici adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan.

8. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Presents.   Jogja Bay Pirates Park  #underculture
flickr.com

Tempat wisata satu ini lumayan hits di Jogja beberapa bulan belakangan. Tempat yang sangat sesuai untuk kegiatan keluarga, anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain di tempat wisata yang merupakan salah satu waterpark terbesar, terlengkap, dan tercanggih di Indonesia.

Terletak di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman sebelah utara stadion Maguwoharjo tempat ini dikelola oleh PT Taman Wisata Jogja (TWI) di atas tanah kas desa seluar 7.7 hektar.

Wahana yang terdapat di tempat ini sangat lengkap dengan total 19 jenis wahana termasuk ‚ÄúHow to survive in tsunami and earthquake‚ÄĚ dan labirin ‚ÄúJogja Bay Lighthouse‚ÄĚ. Buka dari pukul 09.00-18.00, tiket masuk berkisar antara Rp 60-90 ribu. Sedangkan untuk anak-anak kurang dari 2 tahun free atau gratis.

9. Kalibiru

Tempat yang terletak di Bukit Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta ini juga sedang naik daun dan banyak di datangi oleh wisatawan. Pemandangan alam serta beberapa wahana yang terdapat di tempat ini menjadi daya tarik utama. Disini anda akan merasakan udara sejuk dan segar yang masih belum teremar polusi.

Hutan yang  masuk ke dalam kepemilikan pemerintah ini saat ini memang dikelola oleh masyarakat dan dijadikan sebagai objek wisata alam serta edukasi. Terkelola dengan sangat baik, jika anda ingin berkunjung ke tempat ini anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 90 menit dari pusat kota. Kami sarankan untuk sewa mobil di Jogja jika membawa rombongan untuk berwisata ke tempat ini, karena sarana angkutan umumnya masih belum fleksibel.

Fasilitas wisata sudah cukup lengkap termasuk ketersediaan pondok atau penginapan yang mampu menampung 10-15 orang. Dengan harga tiket masuk Rp 2 ribu, anda bisa berfoto di gardu pandang dan menaiki wahana flying fox dengan biaya antara Rp 5-10 ribu/orang. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang menggemari fotografi karena pemandangannya sangat fotogenik.

10. Tebing Breksi

Tebing Breksi
https://www.onejogja.com/

Rasa-rasanya datang ke Jogja kalau tidak singgah di tempat ini akan dirasa kurang. Banyak anak muda yang menggemari lokasi wisata ini karena menawarkan spot foto kekinian yang keren dan unik. Tebing satu ini terkenal karena terdapat beberapa pahatan berbentuk wayang yang memang ditujukan sebagai wisata edukasi seni dan budaya.

Di puncaknya anda juga dapat menikmati berbagai keindahan candi diantaranya Candi Ijo dan Candi Ratu Boko dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tiket masuk tebing breksi sendiri kurang lebih sebesar Rp 5 ribu.

Tebing Breksi terletak di desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dengan jam buka dari pukul 06.30-22.00, dengan harga tiket masuk kurang lebih Rp 2-10 ribu. Sebaiknya anda berkunjung ke tempat ini dikala sore hari, untuk menikmati sunsetnya yang sangat indah. Beberapa hal yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain panjat tebing, pre-wedding, selfie, belajar geologi dan menikmati keindahan pemandangannya. Tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini karena fasilitas penunjangnya sudah sangat lengkap termasuk ketersediaan foodcourt (tempat makan).

11.¬†The World Landmarks ‚Äď Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks ‚Äď Merapi Park Yogyakarta
canalblog.com

Tempat yang berlokasi di Jl. Kaliurang KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman ini buka dari pukul 09.00-16.30 WIB. Disini anda dapat menemukan wahana berupa berbagai macam landmark atau bangunan terkenal yang terdapat di berbagai negara. Anda dapat mencapai lokasi objek wisata ini  dengan menempuh perjalanan 45-60 menit dari pusat kota Jogja.

Selain landmark disini anda juga dapat menemukan beberapa wahana lain seperti Cowboy Town, Indian Village, Kids Waterpark dan juga taman bermain anak. Tempat ini juga menyediakan restoran jika anda dan keluarga merasa lapar atau haus. Cukup dengan tiket sebesar Rp 15-20 ribu anda sudah bisa menikmati keseruan berwisata di tempat ini.

Oiya satu lagi, tempat wisata ini juga berdekatan dengan lokasi tempat wisata lainnya seperti Museum Gunung Api Merapi dan The Lost World Castle.

12. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi
Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com

Masih berada di kawasan Kaliurang, satu lagi wisata yang tidak boleh dilewatkan selama berkunjung ke Jogja adalah dengan melakukan Lava Tour Merapi. Disini anda akan diajak untuk melakukan wisata dengan menggunakan jeep off-road dan menelusuri kawasan Merapi yang sempat terdampak lava 5 tahun silam.

Disini anda akan diajak untuk berkeliling menyusuri sungai dan naik turun tanjakan serta menikmati pemandangan di sekitar perjalanan. Sangat menarik dan tentunya memacu adrenalin. Anda bisa memilih berbagai operator yang menawarkan paket wisata Jogja satu ini, harganya cukup beragam tergantung paket yang ditawarkan. Berkisar antara Rp 300-500 ribu, wisata ini dapat anda coba bersama rombongan keluarga, teman, atau rekan kerja.

13. Candi Ijo

Tempat satu ini juga mulai mendapatkan tempatnya di kalangan wisatawan. Dibangun pada abad ke-9, Candi Ijo merupakan candi yang terletak di ketinggian sekitar 410 m di atas permukaan air laut.

Dengan harga tiket masuk Rp 5-10 ribu dan jam buka dari pukul 06.00-17.00 disini anda akan dimanjakan dengan wisata edukasi sejarah, alam, serta seni sebagai paket komplit. Bangunan candi terdiri 1 Candi Utama dan 3 Candi Perwara. Namun secara keseluruhan terdapat 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi 11 teras berundak yang siap untuk dijelajahi.

Bangunan candi ini merupakan perpaduan antara budaya Hindu dan Budha sehingga sangat menarik dan unik untuk dipelajari. Terletak di Bukit Ijo atau Gumuk Ijo, desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, letaknya tidak terlalu jauh dari Tebing Breksi. Tempat ini juga merupakan salah satu spot untuk berburu sunset.

14. Candi Prambanan

Objek wisata ini memang sudah terkenal puluhan tahun sebagai salah satu situs yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya dunia, Candi Prambanan menyimpan berbagai cerita dan keeksotikannya sendiri.

Komplek Candi Prambanan terdiri dari 3 candi di halaman utama yakni Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Lokasi objek wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota yakni di tepi Jl. Raya Yogyakarta-Solo dan dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan angkutan umum.

Harga tiket masuk kurang lebih Rp 8 ribu untuk wisatawan lokal dan USD 10 untuk wisatawan mancanegara. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap mulai dari toilet, tempat makan, penginapan, toko cinderamata, dan sebagainya.

Satu lagi yang bisa dinikmati disini adalah Sendratari Ramayana Prambanan, yang mempertunjukan drama tari dengan latar belakang Candi Prambanan. Pagelaran satu ini rutin diselenggarakan seminggu tiga kali yakni tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sebelum menyaksikan pagelaran tersebut sebaiknya anda rajin-rajin untuk mengetahui jadwal pentas dan datang lebih awal agar tidak kehabisan tiket.

15. Goa Pindul

Objek wisata yang terletak di desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta dan berjarak kurang lebih sekitar 2-2.5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Kami sarankan untuk menggunakan sewa mobil di Jogja karena tempat ini memang cukup jauh dari pusat kota dan medan yang ditempuh lumayan berat jika ingin menggunakan motor.

Harga tiket masuk kawasan Goa Pindul kurang lebih Rp 10 ribu/orang sedangkan untuk masuk ke Goa Pindulnya sendiri dipatok harga Rp 35 ribu/orang. Jika anda ingin mengikuti kegiatan lainnya di Goa Pindul anda harus menyediakan dana ekstra. Hal ini dikarenakan terdapat wahana seperti cave tubing dan rafting yang tersedia untuk wisatawan coba.

Penyusuran dengan menggunakan ban (Cave Tubing) ini membutuhkan waktu kurang lebih 40-60 menit tergantung situasi dan kondisi. Selama perjalanan anda akan diajak untuk menikmati pemandangan kemegahan stalagtit dan stalagmit di dalamnya.

16. Telaga Biru Semin Yogyakarta

Satu objek wisata lagi yang masih terletak di Gunungkidul, lebih tepatnya berada di Dusun Ngentak, Kelurahan Candirejo, Semin ini merupakan wisata air telaga yang sangat memanjakan mata.

Telaha berwarna biru ini dikelilingi oleh perbukitan yang masih hijau dan asri. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni biaya parkir sebesar Rp 2-5 ribu anda sudah dapat menimati pemandangan di Telaga Biru Semin tersebut.

Uniknya tempat ini terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih yang dulu pernah dilakukan. Sehingga danau ini sebenarnya adalah danau buatan, dimana penggalian ke dasar tanah menyebabkan benturan dengan lapisan air tanah yang kemudian naik ke permukaan dan mengisi cekungan batu bekas penambangan. Banyak pengunjung berdatangan untuk berburu foto serta latar belakang Telaga yang sangat cantik ini.

17. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau yang disebut juga dengan pantai Pulang Sawal ini cukup terkenal di Gunungkidul karena pemandangannya yang cantik dan eksotik. Jika berkunjung ke pantai ini anda dapat menikmati pula bberapa wisata pantai lainnya seperti pantai Pok Tunggal, Sundak, dan Krakal.

Garis pantai objek wisata ini memang lebih panjang dibandingkan pantai lainnya dengan ombak yang besar serta pemandangan sunset yang tidak boleh dilewatkan.

18. Pantai Timang

Anda menyukai wisata yang cukup memacu adrenalin? Cobalah untuk mendatangi pantai Timang, karena beberapa wahana yang ditawarkan sangat cocok bagi pecinta adrenalin. Terletak di padukuhan Danggolo, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul tempat ini terbagi menjadi 2 area utama.

Salah satu bagian pantai sama seperti pantai pada umumya yang berpasir putih sedangkan satu kawasan lainnya merupakan berbatuan yang juga menarik untuk dilihat. Di kawasan berbatuan ini terdapat batu karang yang cukup besar dan sering disebut dengan Pulau Timang. Menariknya untuk sampai di tempat ini anda dapat mengunakan jembatan gantung atau menggunakan gondola tradisional yang telah disiapkan.

19. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata ini selain populer juga terbilang unik karena menawarkan wisata yang berbeda dibandingkan tempat lain. Disini anda diajak untuk menikmati lautan pasir, hal yang jarang terdapat di Indonesia, bahkan hanya ada segilintir di dunia.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Terletak di antara sungai Opak, Pantai Parangtritis, dan Pantai Depok, tempatnya cukup mudah untuk diakses dengan kendaraan.

Harga tiket masuknya cukup murah yakni biaya parkir kendaraan yang berkisar antara Rp 3-10 ribu saja. Disini anda dapat mencoba wisata sandboarding dengan berseluncur menggunakan papan di Gumuk Pasir dengan mengeluarkan biaya sebear Rp 150-200 ribu untuk sewa papan. Selain sandboarding, anda dapat mencoba hal lain seperti berfoto, duduk di ayunan, taman bunga, menikmati sunset, dan sebagainya.

20. Kebun Teh Nglinggo

Tempat satu ini juga cukup populer karena menawarkan wisata edukasi serta tempat wisata di Jogja dengan nuansa alam yang sangat indah. Terletak di Samigaluh, Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Kulonprogo, tempat ini merupakan kawasan perkebunan dan desa wisata.

Hawa sejuk serta hamparan hijaunya pohon the dapat anda nikmati, selain itu disini anda dapat menikmati wisata trekking dan melihat pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Fasilitasnya sangat lengkap termasuk penginapan, tempat maka, toilet, dan mushola.

Kesimpulan

Banyak objek wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi, namun ke-20 tempat tersebut wajib untuk masuk daftar kunjungan anda. Selain menarik, wisata di Jogja tergolong murah dibandingkan wisata di tempat lainnya.

Selain tiket masuk yang terjangkau dan banyak yang gratis, akomodasinya juga beragam dari yang murah, sedang, bahkan hingga yang paling mahal. Banyak paket wisata di Jogja yang dapat anda coba juga untuk melengkapi liburan anda. Selamat mencoba!

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *