Culture, Fashion

Thrift shop: Belanja Baju Unik dan Murah!

Definisi thrift shop adalah sebuah aktivitas yang mengatur keuangan sekaligus meminimalisir atau menghindari pemborosan. Sedangkan thrift store dapat diartikan sebagai toko penghematan....

Written by Dennis · 3 min read >
Thrift Shop

Definisi thrift shop adalah sebuah aktivitas yang mengatur keuangan sekaligus meminimalisir atau menghindari pemborosan. Sedangkan thrift store dapat diartikan sebagai toko penghematan. Atau untuk memperjelas lagi yaitu toko yang menjual barang-barang bekas dari luar maupun dalam negeri.

Thrift shopping akhir-akhir ini sering digaungkan di berbagai kesempatan. Gerakan menyelamatkan bumi dengan berhenti mengenakan baju baru sangatlah penting. Sifat konsumtif ini sangat membahayakan lingkungan. Membeli busana dari thrift store merupakan cara baru yang sedang trend sekarang.

Akhirnya. thrift store mulai diminati banyak orang. Thrift store ( shop ) bisa menjadi pilihan bagi anda yang mudah bosan dengan barang mode yang mainstream.

Apa Saja yang Ditawarkan Thrift Shop?

Thrift shop rata-rata memiliki produk yang disumbangkan tanpa dikurasi terlebih dahulu. Di sebuah thrift store, Anda dapat menemukan bermacam barang dari mulai pakaian hingga topi unik. Namun banyaknya barang yang ditawarkan sebuah thrift store biasanya dipajang sedikit tidak teratur dan memiliki kondisi yang bermacam-macam.

Sehingga dibutuhkan waktu dan ketelitian untuk menemukan barang yang masih dalam keadaan bagus dan Anda sukai. Jadi tak jarang, harga-harga yang dijual oleh thrift seller kadang memasarkan harga yang sangat terjangkau. Karena barang-barang yang dijualpun memiliki kondisi yang bermacam-macam dan tidak teratur.

Ketersediaan Barang dan Kualitas

Thrift store pun tidak memiliki stok atau jumlah yang banyak untuk dijual. Hampir semua model baju, celana, topi, dan pakaian lainnya hanya memiliki 1 slot atau barangnya hanya berjumlah satu. Sehingga para pembelipun harus berebut untuk mendapatkan barang tersebut karena jumlah yang sangat terbatas.

Apalagi, barang yang dijual sangat terbatas dan juga tidak semua cocok dengan style orang. Sehingga jika kita menemukan item yang cocok dengan dengan harga yang sesuai. Jika menemukan barang yang cocok, langsung saja membeli dan membayar.

Barang yang dijual tentunya harus memiliki kondisi yang bagus atau layak dipakai. Yang dimana biasanya harus sudah di laundry dahulu oleh seller sehingga juga akan dalam keadaan yang bersih dan wangi. Tak jarang kita menemukan barang-barang yang dijual. Beberapa barang merupakan barang branded atau barang dengan harga yang sangat mahal seperti Gucci,balencia, LV, dan lainnya. Ini dapat dijual setengah harga atau lebih  kurang dari biasanya.

Namun, ini hanya dijual oleh sebagian thrift store saja. Selebihnya, mereka juga menjual barang-barang bekas semi branded atau clothing fashion seperti H&M, Zara, Stradivarius, Bershka dan lainnya.  Dan yang paling umum adalah barang-barang non-brand atau barang-barang biasa yang dijual dengan harga sangat murah. Walaupun sangat murah, kualitas yang dijual bagus dan yang pastinya unik.

Asal Usul Barang Thrift Shop

Barang-barang yang dijual di thrift shop pun dapat dari dalam negeri ataupun impor dari luar negeri. Jadi tak jarang kita melihat barang barang yang dijual sangat unik dan langka di dalam negeri kita.

Bagi kalian yang ingin mencari baju-baju atau pakaian unik lainnya dengan harga sangat terjangkau cobalah thirft shop. Pastinya jika kalian beruntung, kalian dapat menemukan barang-barang branded yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Dari official storenya, kalian sangat cocok untuk mengecek dan membeli di thrift store.

Di kondisi  pandemic ini, tidak memungkinkan pedagang-pedagang menjual barang bekas. Thrift seller tidak dapat menjual di tokonya lagi atau membuka tempat di luar seperti jalanan dan lain-lain. Karena di kondisi seperti ini, masyarakat harus melakukan social distancing dan harus mengikuti protocol kesehatan.

Yaitu tidak boleh keluar dengan alasan yang sekiranya tidak perlu atau tidak  penting karena virus yang semakin menyebar. Akhirnya, para pedagang inipun melakukan transaksi jual belinya di onlineshop. Seperti lewat instagram, web, shopee, tokopedia, dan perantara lainnya. Karena itu, tak heran jaman sekarang banyak sekali online shop yang menjual thrift stuffs di platformnya.

             Nah, kali ini saya akan memaparkan manfaaat-manfaat yang dihasilkan jika kalian belanja di thrift store.

Banyak sekali manfaat jika kalian belanja di thrift store, yaitu :

1. Harga Sesuai Dompet

Salah satu keuntungan thrift shop, yakni lebih hemat. Anda bisa mendapatkan banyak pilihan pakaian, bahkan lebih modis daripada pakaian yang sering ditemukan di pasaran. Hal ini menjadi keuntungan besar buat anda yang ingin tampil modis tanpa perlu mengocek kantong yang dalam. Jika beruntung, anda juga bisa mendapatkan barang bermerek dengan kualitas yang bagus dan harga miring!

2. Berburu Barang Unik

Jika anda suka mengoleksi barang unik, lakukanlah thrift shopping karena baju yang didapat biasanya langka dan sulit ditemukan di tempat lainnya. Kalau anda selektif memilih, banyak pakaian berkualitas bagus yang dijual dengan harga murah di thrift shop. Selain baju, anda bisa menemukan aksesori, tas, dan sepatu bermerek yang masih layak pakai.

3. Mix and Match

Anda bisa membeli beberapa pakaian dengan model yang berbeda. Kemudian, pakaian tersebut bisa anda padu padankan dengan aksesori yang lain untuk mempercantik mode. Padu padankan baju bergaya vintage, retro, atau sekadar baju-baju dengan potongan yang unik.

3. Turut Menjaga Lingkungan

Fashion waste memang sulit untuk dihindari, apalagi pakaian merupakan sebuah kebutuhan primer. Anda bisa ikut berkontribusi dalam usaha mengurangi sampah mode ini lewat thrift shop.

Dengan membeli kembali barang bekas pakai (reuse), anda dapat mengurangi jumlah barang yang akan berakhir di tempat pembuangan (reduce). Dari prinsip reduce dan reuse, anda sebagai pemilik baru dari barang yang sudah terpakai sebelumnya otomatis akan melakukan recycle.

Baca juga mengenai: Beragam Motif Batik yang Ada di Riau

tips membeli

Tips Membeli Sepatu Online agar Aman

Dennis in Fashion
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *