Fashion

Tie dye : Fashion Kekinian Para Remaja Sekarang

                       Fashion merupakan cara/gaya/mode berpakaian yang populer di suatu budaya dan bersifat cenderung digemari oleh seseorang ataupun sekelompok. Semakin tahun, semakin banyak fashion...

Written by Dennis · 3 min read >
Fashion tren Tie Dye

                       Fashion merupakan cara/gaya/mode berpakaian yang populer di suatu budaya dan bersifat cenderung digemari oleh seseorang ataupun sekelompok. Semakin tahun, semakin banyak fashion bermunculan. Salah satu fashion yang akan dibahas disini adalah “ Tie Dye “. Dari banyaknya pilihan art yang ada, tie dye menjadi salah satu yang cukup populer. Siapasih yang tidak tahu tie dye? .

Tie dye adalah teknik pewarnaan pakaian yang ditemukan pertama kali di Amerika pada pertengahan tahun 1960-an. Proses pewarnaan yang juga disebut teknik ikat celup ini dilakukan dengan menggunakan pewarna khusus yang disebut dye.

                    Nah, di tahun 2020 ini “ Tie Dye “adalah suatu gaya yang sedang viral-viralnya. Sebenernya, sejak tahun 2019 tie dye sudah menjadi trend tetapi belum se trend sekarang. Sekarang, tie dye menjadi trend dan banyak sekali orang-orang yang membuka bisnis pakaian dengan metode tie dye ini. Tie dye juga semakin viral karena adanya tiktok yang dimana banyak sekali orang-orang memposting tentang tie dye ini.

Mulai dari menunjukkan motif-motif tie dye sampai dengan cara-cara style untuk pakaian tie dye. Jaman sekarang motif-motif tie dye dibuat di kaos atau hoodie. Banyak sekali teenagers yang menggunakan ini sebagai fashion trend saat ini. Sehingga, orang-orang yang membuat bisnis pakaian tie dye inipun dari kalangan-kalangan remaja.

Apa itu Tie Dye?

                         Warna-warna yang cerah dan motif-motif unik dari kreasi tie dye memang sangat  menarik untuk dipandang. Apalagi kalau dibikin jadi salah bagian dari koleksi fashion item kamu. Perpaduan kaos tie dye dipakai dengan celana jeans merupakan fashion yang sangat unik, simple dan menarik. Nah, untuk hoodienya, tie dye yang dibuat di hoodie sangat cocok untuk dipakai dengan pasangan.

Ini akan sangat menarik apabila kamu dan pasangan kamu menggunakan hoodie yang berwarna dan bermotif sama dengan teknik tie dye. Dengan pola dan cara pembuatan yang khas, pakaian hasil tie dye memang dapat mencuri perhatian orang. Apalagi jika perpaduan warna yang digunakan sangat cocok dan bagus. Tentunya sangat akan mencuri perhatian orang-orang.

                        Teknik tie dye tidak hanya di kreasikan pada kaos dan hoodie. Tetapi, tie dye juga sekarang digunakan di sepatu, celana, denim jacket dan lainnya. Untuk sepatu, merk Vans sekarang mengeluarkan produk baru yaitu “Vans Authentic Sneakers in Tie-Dye” gaya sepatu khas merk Vans yang sudah tidak asing dipadukan dengan motif tie dye yang membuatnya tampak menarik dan unik. Jadi, trend motif tie dye ini memang sudah banyak digunakan dimana-mana.  

                       Tak perlu khawatir, tie dye yang bersifat sangat artsy ini ternyata cara pembuatannya mudah dan bisa kamu praktekkan dirumah. Nah, caranya gampang banget loh. Kamu hanya perlu siapkan kaos polos. Atau kalau kamu mau buat versi hoodie, celana, jacket dan lainnya juga bisa. Tetapi harus polos dan untuk pemula disarankan mencoba pada kaos dulu karena pembuatan di kaos lebih mudah daripada lainnya.

Persiapan Membuat Fashion Trend Tie Dye

                       Ok, yang pertama kamu siapkan kaos putih polos sesuai ukuran kamu. Bahan kaos putihnya adalah kain katun karena kain katun adalah bahan yang mudah diserap oleh warna-warna yang akan dikreasikan menjadi teknik tie dye nantinya. Selain kain katun, kamu dapat menggunakan bahan rayon dan sutera. Tetapi, kain katun sangat mudah kamu jumpai dimana-mana. Setelah itu, kamu memerlukan pewarna kain yang dapat kamu jumpai di took-toko kain.

Biasanya warna-warna yang dijual masih berbentuk bubuk yang dimana nanti kamu akan mencampurkannya dengan air. Setelah itu pilih warna sesuai dengan seleramu. Jika warna kesukaanmu tidak ada, kamu dapat mencampurkan beberapa warna untuk membentuk warna kesukaanmu. Biasanya teknik yang paling mudah kamu nantinya akan membuat dengan 2 warna dulu karena teknik dengan 2 warna sangat mudah untuk dilakukan oleh para pemula.

                       Setelah itu, kamu memerlukan karet gelang atau tali untuk mengikat kaos polosmu saat proses pewarnaan. Tali dan karet gelang akan digunakan untuk mengikat kaos agar mudah untuk diwarnai dan menghindari bercampurnya warna-warna yang telah kamu persiapkan. Jangan lupa menyediakan kantong plastik untuk membungkus kaos yang telah diwarnai. Membungkus kaos setelah proses tie dye dapat membuat warna menyerap dengan lebih cepat dan maksimal.

Langkah Membuat Tie Dye Dirumah

                      Pertama-tama, bentangkan kaos polosmu. Setelah itu, ambil dengan gaya menyubit bagian tengah kaos, lalu gulung hingga membentuk spiral. Setelah itu, gunakan karet atau tali untuk mengikat gulungan dengan saling berlawan arah hingga menjadi 8-10 bagian. Lalu, berikan satu warna pada setiap bagian kaos. Kamu dapat mengkreasikan warnanya dengan cara kamu sendiri.  

Setelah itu, masukan ke dalam kantong plastik dan tunggu minimal 8 jam hingga 24 jam untuk hasil warna yang maksimal. Nah, setelah 8 jam hingga 24 jam keluarkan kaos dari kantong plastik dan bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa pewarna yang masih menempel. Lalu, jemur seperti biasa hingga mengering. Setelah mengering, kaos tie dye mu siap kamu pakai!

                     Mudah sekali, bukan ?  kamu bisa mengajak kakak/adek kamu untuk membuat tie dye agar dapat dipakai bersamaan dan dapat saling berkreasi. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lain mengenai: Kombinasi Kandungan Berbahaya dalam Skincare

tips membeli

Tips Membeli Sepatu Online agar Aman

Dennis in Fashion
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *