Bisnis

9 Tips Bisnis Kuliner Online Omzet Puluhan Juta

Saat ini ada banyak tips bisnis kuliner online yang dapat kamu temui di internet. Kenapa begitu? Karena bisnis kuliner merupakan bisnis yang...

Written by SEO Expert · 3 min read >
9 Tips Bisnis Kuliner Online Omzet Puluhan Juta

Saat ini ada banyak tips bisnis kuliner online yang dapat kamu temui di internet. Kenapa begitu? Karena bisnis kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan. Hanya dengan modal yang kecil saja, pendapatannya bisa berkali-kali lipat. 

Alasan utama dari bisnis kuliner ini sangat menjanjikan karena makanan merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia. Selain itu, membeli produk makanan yang unik juga menjadi bagian dari kehidupan untuk dimuat di media sosial. 

Ada banyak sekali tempat untuk memasarkan produk makanan secara online. Mulai dari media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter, hingga platform e-commerce seperti tokopedia dan shopee. 

Dari kelebihan tersebut, maka ada banyak sekali masyarakat yang mencoba untuk memasuki bisnis kuliner ini. Mulai dari warung kaki lima, warung sederhana, restoran cepat saji, restoran mewah, dan masih banyak lagi.

Namun, bisnis ini juga memiliki kelemahan, yaitu produk makanan tidak memiliki daya tahan yang tinggi. Sehingga jika tidak laku, maka makanan tersebut tidak dapat dijual kembali. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang membutuhkan tips yang jitu dalam berbisnis kuliner secara online. Agar bisnis kuliner online kamu lancar, simak tips di bawah ini ya!

9 Tips Bisnis Kuliner Online

Aktif di Media Sosial

Tips bisnis kuliner online yang pertama yaitu aktif di media sosial. Media sosial merupakan tempat untuk banyak orang menghabiskan waktunya. Dengan aktif di sana, kamu akan mengetahui jenis makanan apa yang sedang digemari oleh masyarakat. Jika kamu membuat produk yang sama dengan kualitas yang lebih baik, maka produk kamu akan memiliki banyak peminat. 

Selain itu, media sosial merupakan media yang tepat untuk kamu promosi. Banyaknya orang yang aktif di media sosial menjadi keuntungan untuk bisnis mu. Tampilkan foto-foto makanan yang menarik dan unik sehingga akan banyak pelanggan yang tertarik. Semakin aktif kamu di media sosial, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui bisnis tersebut. 

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memasang iklan di media sosial tersebut. Iklan tersebut akan muncul di setiap akun instagram sehingga produk yang kamu jual akan lebih dikenal. 

Memudahkan Proses Pemesanan Produk

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah mempermudah pelanggan dalam memesan produk. Para pelanggan menyukai hal-hal yang berbau mudah dan praktis, maka tawarkan hal tersebut sebagai fasilitas dari bisnis Anda.

Tidak hanya dalam proses pemesanan, kamu juga harus bekerja sama dengan penyedia jasa pengiriman barang. Hal ini karena kamu berjualan secara online, maka bisa saja pelanggan yang memesan makanan tersebut berada di luar kota. 

Dengan bekerja sama, kamu dapat menggunakan penyedia jasa tersebut untuk membantu mengantarkan produk ke pelanggan. Kamu tidak akan kehilangan pelanggan hanya karena produk tidak dapat dikirim ke luar daerah. 

Mengadakan Promo

Seluruh pelanggan menyukai yang namanya promo. Mereka rela untuk mengantri panjang demi mendapatkan promo. Termasuk juga dengan promo-promo secara online. 

Karena itu, buatlah berbagai macam promo yang menarik untuk memikat lebih banyak pelanggan. Dengan begitu, produk kamu akan lebih dikenal dan mereka tertarik untuk membelinya. 

Jika kamu berjualan di platform online seperti shopee, kamu dapat memanfaatkan saat-saat promo yang dibuat oleh platform tersebut. Seperti 11.11 atau 12.12. Selain itu, usahakan untuk terdaftar ke dalam toko yang memiliki fasilitas gratis ongkir. Hal ini karena ada banyak pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, namun ongkos kirimnya terlalu tinggi sehingga mereka tidak jadi membelinya. Sayang disayangkan. 

Bekerja sama dengan Influencer

Tips bisnis kuliner online selanjutnya adalah bekerja sama dengan influencer. Ini merupakan bentuk promosi yang tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tujuan dari penggunaan influencer adalah untuk membuat masyarakat lebih percaya akan produk atau usahamu. 

Selain itu, masyarakat cenderung membeli suatu produk jika telah dicoba oleh idolanya dan mendapatkan review yang baik. Maka dari itu, teknik endorsement merupakan teknik yang tepat. Walaupun di awal kamu mengeluarkan modal yang besar, percayalah bahwa modal tersebut akan kembali berkali-kali lipat. 

Baca juga: Berbagai Bisnis Online Mudah untuk Pelajar

Ramah Terhadap Pelanggan dan Pengantar Makanan Online

Sudah menjadi kewajiban bahwa pemilik usaha harus ramah terhadap seluruh pelanggannya. Hal itu sebagai bentuk pelayanan terhadap para pelanggan. Jika pelanggan menyukai pelayanan yang kamu berikan, maka ada kemungkinan mereka akan kembali untuk membeli produk tersebut. 

Tidak hanya ramah kepada pelanggan, kamu juga harus ramah kepada kurir pengantar makanan online. Hal ini karena usaha kamu akan lebih sering berinteraksi dengan mereka dibandingkan dengan pelanggan. Merekalah yang akan berinteraksi dengan pelanggan.

Bagaimana jika mereka mengatakan hal yang buruk akan perilaku mu? Bisa saja akan banyak pelanggan yang tidak suka dan tidak membeli makananmu selanjutnya.

Melakukan Inovasi

Tips bisnis kuliner online selanjutnya adalah melakukan inovasi. Inovasi dilakukan untuk menawarkan produk-produk baru yang disukai oleh pelanggan. Jika sebuah usaha hanya menawarkan produk yang sama dalam jangka waktu yang lama, maka pelanggan menjadi tidak tertarik. 

Inovasi produk makanan dapat dilakukan dengan membuat varian bentuk atau rasa dari produk yang sudah ada. Selain itu, inovasi juga dapat dilakukan dalam hal kemasan atau cara memakannya. 

Misalnya kamu memiliki sebuah usaha keripik pisang. Biasanya keripik yang kamu sajikan hanya dikemas dalam sebuah kemasan plastik biasa. Maka kamu dapat melakukan inovasi dengan menyediakan kemasan dalam bentuk kemasan standing pouch yang menarik. Dengan begitu, produk yang sama namun terlihat berbeda. 

Ikut Bazar

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa mengikuti bazar penting padahal kamu melakukan penjualan secara online. Kamu dapat memanfaatkan bazar tersebut untuk lebih memperkenalkan produk. Akan ada banyak orang yang mengunjungi bazar, maka akan ada banyak orang pula yang mengetahui mengenai usahamu. 

Membuat Event Berhadiah

Semua orang menyukai hadiah, termasuk juga para pengguna internet. Salah satu tips bisnis online yang mendatangkan lebih banyak konsumen yaitu dengan membuat event berhadiah. 

Kegiatan ini dapat kamu adakan menjelang hari-hari tertentu seperti hari raya atau hari kemerdekaan. Kamu dapat memberikan hadiah berupa produk makanan gratis maupun produk lain yang berkaitan dengan makanan tersebut.

Misalnya kamu memiliki usaha kedai kopi. Selain kamu memberikan kopi secara gratis sebagai hadiah, kamu juga dapat memberikan tumbler. Tumbler tersebut akan berguna untuk pelanggan yang mendapatkannya. Hal seperti ini juga sering dilakukan oleh brand makanan besar seperti starbucks dan mcd.

Posting Review/ Testimoni

Karena berjualan secara online, maka pelanggan tidak dapat melihat langsung bentuk dari produk yang kamu tawarkan. Maka dari itu, mereka memastikan diri untuk membeli dengan melihat berbagai macam review. 

Kamu dapat memposting review-review positif tersebut sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan yang membacanya. Review negatif juga tidak dapat kamu hindari dalam sebuah usaha. Jika kamu mendapatkannya, tanggapilah dengan baik. Dengan begitu, orang yang melihatnya akan merasa bahwa kamu mengutamakan pelanggan. 

Apakah kamu siap menerapkan 9 tips di atas dan menjadi pengusaha online yang sukses? 

Written by SEO Expert
Saya adalah konten writer yang gemar menulis untuk segala jenis topik. Profile
8 Ide Bisnis Kuliner di Bandung

8 Ide Bisnis Kuliner di Bandung

SEO Expert in Bisnis
  ·   3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *