5 Tips Make Up Tidak Crack ala MUA Professional

Tips Make Up Tidak Crack

Salah satu cara untuk mendapatkan make up flawless sudah pasti harus menerapkan beberapa tips make up tidak crack. Seperti yang kita ketahui, make up merupakan salah satu cara untuk mempercantik diri. Dengan menggunakannya, kepercayaan diri seseorang akan bertambah. 

Akan tetapi, tidak semua orang bisa menghasilkan tampilan make up yang tahan lama. Bahkan tidak sedikit juga yang mengeluh karena hasil make up yang didapatkannya justru membuat tampilan mudah berantakan dan tidak menarik. 

Sehingga bagian-bagian crack make up di wajah pun mengurangi percaya diri. Tenang saja, ada beberapa tips dari Jeng Susan yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi masalah tersebut. 

Tips Make Up Tidak Crack dan Tahan Lama

Sebenarnya, salah satu penyebab dari make up ngecrack adalah kulit yang kering karena kurang mendapatkan kelembaban. Penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit wajah juga bisa mengakibatkan make up menjadi pecah dan tidak enak dipandang. 

Selain itu, cara pengaplikasian yang salah juga turut berkontribusi sebagai penyebab dari masalah tersebut. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mengatasi masalah tersebut secara mudah dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini. 

1. Gunakan Basic Skincare Secara Rutin

Urutan Basic Skincare

Hayo, sudah rajin belum pakai skincare setiap hari? Pasalnya, tips make up tidak crack ini sangatlah penting untuk merawat dan membuat tekstur kulit menjadi lebih sehat, lembab, dan halus. Tanpa skincare, tentunya kulit bisa menjadi kering, kusam, berjerawat, dan timbul masalah lainnya yang bisa membuat tampilan make up nantinya jadi pecah. 

Basic skincare yang Jeng Susan maksud dimulai dari double cleanser (micellar atau milk cleanser + facial wash), toner, pelembab, dan sunscreen (untuk siang hari). Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan produk serum wajah yang digunakan setelah mengaplikasikan toner. 

Selain itu, basic skincare ini akan tetap digunakan sebelum Anda mengaplikasikan make up. Untuk itu, pastikan Anda sudah rajin menggunakan serangkaian perawatan wajah yang memang cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. 

2. Gunakan Primer Sebelum Menggunakan Make Up

Cara agar make up tidak crack yang kedua adalah dengan menggunakan primer sebelum mengaplikasikan make up ke wajah. Untuk Anda ketahui, primer ini merupakan base make up yang sangat penting digunakan karena dapat membuat make up tahan lama. Selain itu, kegunaannya juga bisa untuk menyamarkan pori-pori dan menahan minyak berlebih di wajah. 

Tunggu… Anda juga tidak boleh sembarang dalam memilih produk primer. Pasalnya, ada 4 jenis primer yang harus diketahui karena memiliki fungsi yang berbeda-beda, yakni:

Matte Primer

Tekstur Matte Primer

Matte primer di dalam tips make up tidak crack umumnya berbasis silikon yang bisa meratakan tekstur kulit wajah. Kandungan yang ada di dalamnya dapat mengisi pori-pori dan menciptakan dasar make up yang halus. 

Jenis primer ini cocok digunakan untuk kulit berminyak. Adapun beberapa rekomendasi matte primer yang bisa menjadi pilihan Anda: Make Over Velvet Mattifying Primer, Maybelline Fit Me Matte + Poreless Primer, dan L’Oréal Paris Infallible Lasting Primer.

Hydrating Primer

Tekstur Hydrating Primer

Kebalikannya dari matte primer, hydrating primer justru diformulasikan khusus dengan basis minyak. Oleh karena itu, jenis primer ini sangat cocok untuk digunakan pada kulit kering yang membutuhkan kelembaban ekstra. 

Berikut Jeng Susan berikan beberapa pilihan hydrating primer yang bisa menjadi rekomendasi: Make Over Hydration Serum, Studio Tropik Flawless Priming Water, PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer.

Illuminating Primer

Tekstur Illuminating Primer

Berdasarkan banyak sumber tips make up tidak crack yang Jeng Susan dapatkan, illuminating primer bekera mirip seperti matte primer. Hanya saja, jenis ini akan memberikan sedikit kilau pada kulit wajah. Sehingga sangat cocok digunakan pada acara formal yang akan membuat tampilan lebih glowing

Jika Anda merasa cocok untuk menggunakan jenis primer ini, berikut adalah beberapa rekomendasi produknya yang telah mendapatkan banyak review positif: NYX Born to Glow Illuminating Primer, Maybelline Facestudio Master Prime Primer Makeup Blur + Illuminate, Catrice Prime and Fine Beautifying Primer.

Colour Correcting Primer

Tekstur Color Correcting Primer

Yang terakhir, colour correcting primer bisa membantu menetralkan warna dasar kulit. Jika Anda memiliki masalah adanya lingkaran hitam di bawah mata, maka jenis primer ini sangatlah cocok untuk digunakan dalam tips make up tidak crack. Sehingga warna yang tidak merata pada kulit akan teratasi dengan mudah.

Apabila Anda merasa membutuhkan jenis primer ini untuk menutupi bagian-bagian yang tidak sempurna pada wajah, berikut Jeng Susan berikan beberapa rekomendasinya: Make Over Powerstay Color Correcting Primer, L.A. Girl HD Pro.Conceal, ESQA Flawless Liquid Corrector, Focallure 5 Colors Correcting Concealer Palette.

3. Aplikasikan Make Up Menggunakan Spons Yang Basah

Ilustrasi Spons Make Up Basah

Tips make up tidak crack yang selanjutnya adalah mengaplikasikan make up menggunakan spons yang basah. Banyak beauty influencer, salah satunya Tasya Farasya, yang merekomendasikan penggunaan spons basah untuk mengaplikasikan produk foundation dan concealer pada wajah. 

Spons yang basah akan membuat produk kosmetik lebih terserap oleh kulit. Nah, untuk membuat spons basah caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkannya ke dalam sedikit air matang, lalu peras sampai air tidak lagi mengendap pada spons. 

Setelah itu, gunakan tisu kering lalu di-tap-tap ke bagian spons yang masih basah. Hal ini bertujuan untuk menyerap kelebihan air pada spons. 

4. Gunakan Bedak Tabur atau Bedak Translucent

Bedak Translucent

Tips make up tidak crack dari Jeng Susan selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak tabur atau bedak translucent. Mungkin sebelumnya, Anda pernah mendengar adanya langkah ‘baking’ dalam menggunakan make up. Yup benar sekali, baking yang dimaksud adalah mengaplikasikan bedak tabur pada wajah, yang tujuannya adalah membuat produk kosmetik di bawahnya tahan lebih lama dan tampak lebih halus. 

Langkah ini bisa Anda lakukan setelah mengaplikasikan foundation dan concealer tadi. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mengaplikasikan terlalu tebal jika Anda akan menggunakan bedak padat untuk kulit berminyak lagi nantinya. 

Karena semakin tebal produk yang digunakan, maka resiko crack atau pecah akan semakin besar. Maka dari itu, ini menjadi tips make up tidak crack yang tidak boleh disepelekan. 

5. Gunakan Setting Spray di Akhir Tahap Make Up

Produk Setting Spray Lokal

Jika dirasa Anda sudah mendapatkan tampilan make up yang sempurna, jangan lupa untuk menggunakan setting spray di tahap akhir. Setting spray di dalam tips make up tidak crack benar-benar menjadi kunci dari make up yang tahan lama dan tidak pecah. 

Selain itu, produk ini juga bisa membuat tampilan make up tersebut jadi terlihat lebih halus, sehat, natural, dan menyatu dengan kulit. Sehingga tidak akan ada produk-produk kosmetik yang terlihat tebal.

Yup, jadi itu tadi adalah beberapa tips make up tidak crack yang bisa Jeng Susan jelaskan. Pastikan Anda memahami semuanya dengan jelas, ya! Karena semuanya adalah kunci mendapatkan tampilan make up yang cantik, flawless, natural, dan sehat. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + one =

Scroll to Top