Fashion

Tips Membeli Sepatu Online agar Aman

Berbelanja sepatu di internet tidak boleh sembarangan karena pembeli bisa terjebak penipuan yang kerugiannya mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, terapkan tips...

Written by Dennis · 2 min read >
tips membeli

Berbelanja sepatu di internet tidak boleh sembarangan karena pembeli bisa terjebak penipuan yang kerugiannya mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, terapkan tips membeli sepatu online yang amanah supaya masalah tidak dialami pembeli.

Tips belanja sepatu online dilakukan sejak transaksi pertama hingga mendekati masa pembayaran sepatu yang telah dipesan atau yang akan dipesan. Sebab, terkadang penjual tidak amanah di akhir padahal transaksi pertama komunikasi lancar dan terkesan dipercaya.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips membeli sepatu di toko sepatu online yang bisa dicoba oleh calon pembeli. Kalau perlu kiat dicatat supaya bisa diterapkan maksimal agar pembeli terhindar dari masalah-masalah transaksi bisnis. Ini tips yang dimaksud:

Membeli di Marketplace Resmi

Penjual sepatu online jumlahnya banyak bahkan tersebar di seluruh media sosial dengan nama akun berbeda plus foto profil beragam. Agar tercegah penipuan lebih baik beli sepatu di marketplace yang merupakan lapak “bersama” yang di dalamnya dipenuhi penjual asli.

Jika membeli di marketplace calon pembeli tidak perlu takut uang hilang dan barang tidak dikirimkan oleh pihak penjual. Sebab, bakal ada pengembalian uang secara utuh jika pembeli benar-benar telah dicurangi dan ditipu oleh penjual tidak bertanggungjawab.

Cek Ukuran Sepatu dengan Benar

Karena transaksi dilakukan secara online tentu calon pembeli tidak memiliki kesempatan untuk mencoba ukuran sepatu yang hendak dibelinya. Itu artinya, masalah kesalahan nomor kaki bisa menjadi halangan yang membuat transaksi menjadi was-was dan bimbang.

Nah tips membeli di toko sepatu online berikut adalah pastikan ukuran sepatu yang dipesan benar dan sesuai dengan nomor kaki Anda. Ingat pula kalau nomor sepatu memiliki dua pola yaitu nomor kecil dan besar sekalipun dari segi angka adalah sama.

Pilih Sepatu Harga Murah tetapi Tetap Logis

Tips membeli di toko sepatu online ketiga ialah memilih sepatu murah tetapi logis atau kesannya tidak membeli produk kualitas rendah. Di internet sepatu dijual dengan harga murah dibanding offline, tetapi terkadang ini hanya pancingan untuk menjual produk buruk.

Makanya, silakan pilih sepatu harga standar paling tidak selisih dengan toko lain tidak jauh termasuk tidak menyelisihi harga pasar konvensional. Memang budget yang dipersiapkan harus lebih banyak tetapi tidak mengapa asalkan sepatu berkualitas dan tahan lama.

Beli Sepatu di Hari yang Tidak Biasa

Membeli sepatu di hari tidak biasa maksudnya berbelanja di hari besar seperti agustusan, tahun baru dan hari pertama sekolah. Biasanya, di hari-hari tersebut marketplace banyak mengeluarkan promo yang salah satu programnya menjual sepatu dengan harga murah.

Jika memilih berbelanja dengan konsep ini keuntungan pembeli lebih besar paling tidak sisa uang masih banyak sehingga bisa dialokasikan untuk tabungan. Maka dari itu, silakan cermati terus marketplace langganan agar tidak sampai terlewat atau kehabisan promo.

Biasanya program promo tidak diterapkan permanen tetapi hanya parsial atau aksidental (dadakan) semata untuk menarik minat pelanggan di hari istimewa. Makanya silakan catat jadwalnya jika kebetulan ada marketplace yang mengucurkan program promo semacam ini.

Usahakan Membeli Produk Satu Merek Saja

Bagi pembeli yang pernah membeli sepatu online dan puas dengan produk silakan lakukan transaksi lanjutan dengan membeli merek yang sama. Sebab, jika sepatu yang dipesan merek berbeda potensi kekecewaan tetap ada karena tidak semua merek memuaskan.

Artinya membeli sepatu online bukan ajang coba-coba kecuali Anda siap menanggung rugi dan rasa sesal akibat merek produk yang salah. Jadi, sekali puas dengan merek sepatu dari toko online, beli terus produk tersebut jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan sepatu baru.

Pilih Toko Online Terdekat

Tips membeli di toko sepatu online berikutnya adalah memilih toko online terdekat dengan alamat pembeli atau minimal berada se-provinsi. Tujuannya ialah supaya pengiriman lebih cepat sehingga potensi kerusakan produk di perjalanan tidak terjadi.

Selain itu, pembeli bisa mengirit biaya karena belanja di toko terdekat ongkir lebih murah dibanding belanja di toko yang lokasinya jauh. Sebab alasan inilah, berbelanja sepatu di lapak terdekat lebih direkomendasikan terutama untuk pembeli pemula.

Baca Testimoni Pelanggan dengan Teliti

Tips beli sepatu online terakhir adalah baca testimoni dengan teliti dan jangan membeli jika pelapak tidak menyertakan testi di dalam akun. Sebab, testimoni adalah ujaran tanggapan pembeli sebelumnya terkait pelayanan penjual dan kualitas sepatu yang dijual.

Dengan membaca testimoni akan terlihat seperti apa penjual sepatu tersebut baik dari segi pengemasan, kecocokan sepatu dengan motif dan semacamnya. Jika terlalu banyak komentar negatif, berarti si penjual mengecewakan dan pembeli bisa beralih ke toko lain.

Ingin membeli sepatu di internet? Silakan lakukan dengan tetap memperhatikan tips membeli di toko sepatu online yang ulasannya sudah dijelaskan di atas. Semuanya untuk kenyamanan dan keamanan transaksi termasuk untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *