Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Tips Mendidik Anak Di Era Digital Yang Bisa Diterapkan Para Orang Tua

mendidik anak di era digital
mendidik anak di era digital

Persoalan mendidik anak di era digital bagi orang tua bisa jadi cukup menantang. Di era digital seperti saat ini, memang pada dasarnya makin memudahkan anak untuk mengeksplor bakat dan minat dalam dirinya. Semua serba mudah berkat adanya koneksi internet yang lancar serta dapat diakses oleh siapa pun.

Dari sisi orang tua, pasti harus mulai bisa membiasakan diri di jaman teknologi seperti saat ini. Seperti misalnya senantiasa mengajarkan anak bagaimana cara menggunakan internet tapi yang sehat. Orang tua juga harus paham saat ini aplikasi dan konten baru terus bermunculan.

Membuatnya sedikit kewalahan untuk mengontrol apa yang telah diakses oleh anak. Jika terlalu mengekangnya juga ternyata kurang baik, karena bisa jadi membatasi si anak untuk mengeksplor apa yang ingin dicari. Jadi orang tua sebaiknya perlu memahami cara mendidik anak di era digital seperti di bawah ini :

1. Berikan Batasan Screentime

Paling penting adalah berikan batasan anak untuk screentime (penggunaan gadget untuk internet). Bagusnya per hari cukup 2 jam saja. Tapi sekarang sepertinya internet bukan hanya untuk hiburan saja, tapi juga untuk sarana pendidikan.

Maka batasan yang tepat untuk screentime pada anak adalah sesuaikan dengan kebutuhannya. Usahakan porsi screentime lebih kecil dibandingkan waktu mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2. Dampingi Anak Ketika Menggunakan Gadget

Membiarkan anak menggunakan gadget bukan berarti melepasnya begitu saja. Orang tua juga harus terus memantau apa saja yang diakses oleh si anak. Dampingi mereka baik ketika menggunakan gadget untuk bermain maupun belajar. Misalnya temani ketika melihat konten dari youtube. Pastikan tontonan yang disajikan benar-benar berguna bagi anak.

Baca juga : Panduan Cara Mengajari Anak Toilet Training

3. Sebisa Mungkin Berikan Contoh Baik Pada Anak

Bagaimanapun juga anak seperti gelas yang kosong. Apa yang dilihatnya kemungkinan besar akan mereka tiru. Bila orang tuanya punya kebiasaan berjam-jam main smartphone atau berkutat di depan laptop anak juga berpotensi menirunya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Maka sebisa mungkin jadilah contoh yang baik di depan anak. Hindari kebiasaan buruk bermain gadget dalam waktu lama. Tunjukkan bagaimana cara menggunakan internet dengan sehat.

4. Bangun Komunikasi Yang Terbuka

Kemajuan teknologi seperti sekarang memang membawa dampak besar. Misalnya memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh. Tapi bagaimanapun juga komunikasi langsung tetap sangat penting.

Ajarkan pada anak tentang pentingnya komunikasi langsung. Ini bisa melatih perkembangan otaknya, menjaga kesehatan mentalnya, sekaligus dapat membangun kejujuran dan rasa percaya dirinya. Jika anak sudah biasa berkomunikasi langsung, akan sangat mudah ketika mereka bercerita pada orang tua. Bukan hanya bisa curhat melalui sosial media.

5. Tetapkan Saat Tertentu Dimana Tidak Boleh Pegang Gadget

Tidak sedikit anak yang malah melewatkan kewajibannya, atau mulai menghilangkan kebiasaan baiknya karena internet dan gadget. Ini bisa terjadi, misalnya sering telat tidur karena keasyikan lihat youtube. Tidak fokus jika diajak berbicara karena terlalu terpusat pada game yang dimainkannya, dan masih banyak lagi.

Jika sampai ini terjadi ada baiknya orang tua sudah harus mulai melakukan sesuatu. Bisa dengan menetapkan saat tertentu di mana anak sama sekali tidak diperkenankan memegang gadget untuk berselancar internet. Contohnya saja ketika di meja makan, maka harus fokus pada makanan yang ada di depannya saja.

6. Hindari Menggunakan Gadget Sebagai Penenang Anak

Orang tua jaman sekarang kebanyakan memberikan gadget sebagai penenang anak yang mulai rewel. Padahal cara ini malah bisa membawa dampak buruk pada anak. Anak akan berpikir, gadget adalah jalan satu satunya ketika merasa bosan dan kesal.

Sebaiknya anak perlu diajari bagaimana cara mengendalikan emosinya sendiri. Bisa dengan bertanya solusi ke orang tuanya atau mengalihkan perhatian pada sesuatu yang disenangi. Jadi ketika mulai merasa kesal atau bosan tidak hanya bisa lari ke internet atau gadget.

Itu tadi bagaimana cara mendidik anak di era digital. Jaman sekarang mau tidak mau semua akan hidup berdampingan dengan teknologi. Kehadirannya pasti akan berpengaruh pada semua hal termasuk pada cara mendidik anak. Tips di atas mungkin bisa jadi referensi.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...