Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motherhood

Tips Mendidik Anak Laki-laki Agar Tidak Tumbuh Manja

tips mendidik anak laki-laki

Sudah sewajarnya jika cara mendidik anak perempuan jelas berbeda dengan anak laki-laki. Anak laki-laki tentu perlu dididik supaya lebih mandiri. Pasalnya mereka nantinya akan menjadi kepala keluarga sehingga dituntut punya pribadi yang mandiri dan tidak manja. Berikut tips mendidik anak laki-laki supaya menjadi lebih mandiri dan bermental kuat :

1. Ajarkan Beberapa Peraturan Sejak Dini

Tips mendidik anak laki-laki yang pertama dengan mulai mengajarkan beberapa peraturan pada anak. Tujuannya agar mereka lebih punya tanggung jawab. Selain itu anak laki-laki juga perlu diajarkan bahwa ada batasan-batasan tertentu yang tidak boleh dilakukan. Karena masih tergolong kecil, ajarkan anak beberapa peraturan yang sederhana saja.

Misalnya seperti beberes mainan sendiri setelah tidak digunakan. Bisa juga peraturan tidak boleh sembarangan mengambil barang milik orang lain, dan lain sebagainya. Anak-anak tentu saja tidak akan langsung mengerti dengan peraturan tersebut. Maka orang tua perlu kesabaran ekstra karena memang semua butuh proses.

2. Usahakan Tidak Terlalu Menuruti Semua Keinginannya

Salah satu yang membuat anak bersikap manja adalah orang tua yang cenderung menuruti semua keinginan anak mereka. Seperti membelikan semua yang diinginkan saat itu juga, hanya mau makan makanan tertentu, dan masih banyak lagi. Kadang karena orang tua terlalu sayang pada anaknya orang tua cenderung pasrah saja. Satu hal yang dipikirkan yakni asalkan sang anak menjadi senang.

Padahal hal seperti itu jika dilakukan terus malah tidak baik dan bahkan berpotensi membuat anak menjadi keras kepala. Nanti di suatu saat ketika keinginannya tidak bisa dikabulkan anak pasti akan marah. Kondisi ini yang malah membuat anak tidak akan bisa mandiri nantinya.

3. Sesekali Ajarkan Bagaimana Konsep Timbal Balik

Tips mendidik anak laki laki selanjutnya adalah ajarkan bagaimana konsep timbal balik. Hal ini dimaksudkan agar si anak terbiasa untuk tidak hanya sekedar meminta. Tapi harus berusaha dulu baru yang diinginkan bisa didapat. Misalnya jika mereka ingin mainan ajarkan untuk lebih dulu melakukan sesuatu yang baik.

Jika sudah berhasil melakukannya baru beri hadiah sesuai dengan apa yang diinginkan. Ini akan menghindarkan anak dari sikap malas dan hanya bisa berpangku tangan. Mereka harus berusaha dulu jika ingin mendapatkan sesuatu.

4. Ajarkan Bagaimana Cara Bertanggung Jawab Pada Apa Yang Sudah Dilakukan

Sikap tanggung jawab sudah pasti harus dimiliki oleh anak laki-laki. Kelak mereka akan menjadi seorang pemimpin terutama di lingkungan rumah tangganya dimana sikap ini mutlak diperlukan. Tips mendidik anak laki-laki dengan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab pada hal-hal sederhana.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mulai dari beberes kamar tidur setelah bangun, meletakkan mainan pada tempatnya, dan lain-lain. Setelah mereka bisa melakukan dengan benar, orang tua bisa memberikan sanjungan supaya anak melakukan hal itu kembali di lain waktu.

5. Sebaiknya Ajarkan Tentang Pengendalian Emosi Sejak Dini

Emosi anak laki-laki cenderung lebih tinggi dari anak perempuan pastinya. Sedikit banyak hal ini disebabkan karena hormon testosteron yang berperan dalam mengatur perilaku agresif pada laki-laki. Tapi tenang, anak laki-laki bisa kok diajari untuk bersikap tidak mudah marah.

Caranya orang tua harus melatih anaknya untuk belajar mengendalikan emosi. Sebisa mungkin ajarkan pada mereka untuk bisa bersikap ramah dan sabar terutama ketika keinginannya tidak bisa terkabul. Kadang anak kebanyakan marah ketika keinginannya tidak kunjung didapatkan. Beri pengertian mereka jika tidak berhasil mendapatkan keinginannya tidak boleh marah-marah.

6. Ketika Memasuki Usia Cukup, Ajarkan Untuk Merawat Diri Sendiri

Jika ingin membentuk pribadi yang mandiri pada anak laki-laki, orang tua perlu membiasakan sikap tersebut bahkan sejak dini. Misalnya ketika usianya memasuki 3 atau 4 tahun. Pada umur tersebut ajarkan mereka merawat diri sendiri. Seperti mencuci tangan, pakai sepatu, dan lainnya dengan bertahap sesuai perkembangan umur mereka.

Itu tadi beberapa tips mendidik anak laki-laki supaya tidak tumbuh manja dan bisa mandiri. Memberikan ajaran supaya bisa mandiri sangat penting terutama bagi anak laki-laki. Pasalnya mereka nanti akan bertindak sebagai pemimpin keluarga. Sikap mandiri sangat diperlukan dalam hal tersebut. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...