Tips Mudah Belajar Daring

tips belajar daring

Belajar secara daring adalah tantangan yang harus dihadapi oleh banyak pelajar. Tips mudah belajar daring adalah cara terbaik untuk memudahkan semua itu. Tidak hanya satu atau dua sekolah, namun puluhan sekolah di seluruh dunia harus terpaksa belajar secara daring. Belajar dengan daring bisa membuat seorang pelajar jenuh. Itulah mengapa kami akan membantu teman teman semua untuk tetap menyerap ilmu dengan baik. Ini penting supaya masa masa pembelajaran anda tidak akan terbuang secara sia sia.

Terkadang, banyak sekali pelajar yang malah melenceng dan susah untuk memfokuskan keseharian mereka dalam proses pembelajaran online. Banyak pelajar malahan menganggap enteng akan belajar secara daring. Ini adalah perilaku yang tidak baik karena anda meremehkan pembelajaran yang mungkin dibutuhkan beberapa bulan atau bahkan tahun tahun kedepan. Di artikel hari ini, kita akan berbincang mengenai tips tips terbaik supaya teman teman tetap bisa semangat untuk belajar. Pastikan anda simak artikel Academia berikut ini sampai selesai ya.

Tips mudah belajar daring:

Mengatur Jadwal Secara Konsisten

Tips mudah belajar daring pertama adalah dengan mengatur jadwal. Saat berjalannya proses belajar secara online, banyak orang akan mengalami perubahan jadwal. Contohnya adalah jadwal anda belajar, jadwal anda masuk kelas, dan juga jadwal anda mengerjakan tugas. Karena belajar menjadi daring, pelajar juga kehilangan sikap pertanggung jawaban terhadap tugas dan sering sekali menunda nunda. Jadwal dapat memperbaiki hal tersebut.

Dengan adanya jadwal yang tetap, anda bisa mengatur keseharian anda lebih mudah. Pertama, pastikan bahwa sobat sobat Academia memiliki catatan lengkap mengenai jadwal pembelajaran di sekolah maupun perkuliahan. Contohnya adalah kelas apa saja, dihari apa saja, dan juga dari jam berapa saja. Ini harus menjadi jadwal utama yang diprioritaskan oleh teman teman sekalian. Karena, jadwal pembelajaran ini bersifat wajib dan mutlak. Anda tidak dapat mengubah jadwal ini supaya lebih fleksibel. Semua jadwal tambahan anda yang lainnya akan dibentuk mengelilingi jadwal utama tersebut.

Setelah memiliki jadwal tepat, anda juga bisa mulai dengan bebas membentuk jadwal tambahan. Contohnya adalah harus bangun jam berapa, sarapan, mandi, dan lain lain. Jika di hari tersebut anda tidak mempunyai kelas pagi, maka anda bisa bangun lebih siang di hari tersebut. Namun sebaliknya juga bisa diterapkan jika anda mempunyai kelas pagi, maka anda harus tau malamnya untuk tidak terlalu larut tidurnya.

Yang terakhir adalah jadwal paling fleksibel yaitu waktu untuk mengerjakan tugas dan waktu hiburan. Kami sangat menyarankan sobat sobat Academia untuk mengerjakan tugas secepatnya. Ini mungkin terdengar sangat klise dan sudah sering anda dengar. Namun dalam pembelajaran online, anda akan jauh lebih efektif jika mengerjakan tugas secara cepat. Alasan pertama adalah anda masih mempunyai materi yang segar di dalam pikiran.

Sehingga tugas tugas yang berkaitan dengan materi tersebut dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Selain itu, teman teman Academia juga bisa mendapatkan waktu luang yang lebih banyak kedepannya ketika tugas sudah selesai. Hiburan harus menjadi prioritas terakhir setelah anda sudah menyelesaikan semua kewajiban kewajiban lainnya. Hiburan juga harus disesuaikan dengan berapa jam atau aktivitas yang dilakukan supaya tidak terlalu konsumtif.

Merekam Materi Pembelajaran

Satu keunggulan yang bisa anda terima dari belajar secara daring adalah merekam. Karena proses pembelajaran berlangsung secara digital, kini anda mempunyai kesempatan untuk menekan satu tombol saja supaya materi pembelajaran terekam. Untuk merekam materi pembelajaran, biasanya anda bisa menggunakan aplikasi meeting secara langsung seperti Zoom atau Google Meet.

Namun jika tidak bisa, teman teman Academia juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam proses pembelajaran. Dengan merekam, anda bisa melihat video ini kembali pada saat ujian berlangsung. Terutama pada tanggal tanggal yang berat dengan banyak materi. Video ini juga bisa diputar berkali kali atau anda pause kapan saja. Ini adalah tips mudah belajar daring yang tidak kalah penting.

Mempersiapkan Materi Belajar dan Pelajaran

Jika ingin belajar, anda harus bisa fokus ke satu hal dan satu hal saja. Pikiran manusia tidak dapat melakukan multi tasking atau berfungsi dengan banyak sekali gangguan. Itulah mengapa anda harus menetapkan satu mata pelajaran atau satu tugas sebagai target pertama. Target ini bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu. Anda juga harus bisa fleksibel dan mengikuti alur pembelajaran.

Namun secara singkat, anda wajib memilih satu mata kuliah atau target harian. Ini penting supaya pelajaran tidak akan terlalu membosankan ketika anda berpikir mengapa tidak selesai selesai. Dengan adanya sebuah target, pikiran kita akan terfokuskan pada materi tersebut. Ini karena pikiran kita ingin melakukan yang terbaik supaya bisa menyelesaikan sebuah tugas atau topik pembelajaran secara cepat. Ini dapat anda lakukan dengan memilih mata kuliah atau mata pelajaran, kemudian pilih beberapa halaman. Contohnya adalah baca atau meringkas halaman 10 sampai halaman 20.

Membuat Jadwal Pembelajaran

Setelah anda menyelesaikan proses pencarian mata kuliah dan target, selanjutnya adalah untuk membuat jadwal. Jadwal berfungsi sebagai panduan anda selama belajar. Anda bisa mengatur target anda di dalam jadwal ini. Jadwal dapat ditata dengan menggunakan catatan dalam kertas atau anda bisa mencatat secara digital. Waktu efektif untuk setiap materi pembelajaran adalah sekitar 30 menit sampai 1 jam. Jadi anda bisa membuat jadwal berdasarkan kebutuhan.

Jika anda memiliki 2 mata kuliah, maka susun saja jadwal menjadi 2 jam di hari tersebut. Jam pertama akan dialokasikan kepada pelajaran pertama dan yang berikutnya difokuskan kepada materi berikutnya. Pastikan anda menggunakan timer atau alarm supaya tidak kelewatan. Dengan adanya sebuah alarm, pikiran anda akan terus terpaku untuk fokus dan tidak melakukan hal hal aneh yang dapat menghabiskan waktu anda.

 Melakukan Riset Selama Belajar

Banyak orang tidak mengetahui hal ini. Tapi riset atau “searching” bisa dilakukan dengan lebih mudah. Karena teman teman Jengsusan bisa mengakses internet dengan mudah, ini berarti anda juga mempunyai kesempatan untuk membuka Google.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari materi materi yang masih kurang. Contohnya adalah anda masih kurang mengerti atau rumus tidak lengkap, maka Google bisa menyediakan materi secara lengkap. Tentunya anda juga bisa menanyakan hal ini secara langsung kepada guru atau dosen. Namun akan jauh lebih lengkap jika informasi tersebut dapat anda akses secara langsung.

Kesimpulan

Ada banyak sekali hal dan faktor yang bisa menentukan efektifitas anda dalam pembelajaran. Pastikan teman teman semua bisa belajar dengan baik dimasa masa pembelajaran secara daring. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa untuk membaca hanya dari website kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top