Tips Perawatan Wajah untuk Berbagai Jenis Kulit Wajah

Tips Perawatan Wajah untuk Berbagai Jenis Kulit Wajah

Kiat Perawatan Wajah Bagi Anda yang Punya Kulit Berminyak

Setiap wanita menginginkan kulit wajah yang cantik dan sehat. Berbagai perawatan wajah dicoba untuk bisa mendapat kulit wajah yang menawan. Anda boleh saja melakukan perawatan kulit wajah. Hanya saja, Anda harus menyesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Perawatan yang tepat dapat memaksimalkan hasil perawatan. Berikut ini perawatan yang bisa Anda coba terapkan sesuai jenis kulit Anda.

Perawatan Kulit Wajah yang Cocok untuk Kulit Wajah Berminyak

Pemakaian Pembersih Wajah yang Benar

Kulit wajah berminyak akan lebih mudah kotor. Hal ini dikarenakan debu dan kotoran sangat mudah menempel di wajah. Anda disarankan untuk mencuci wajah, 2 kali dalam sehari. Pilihlah sabun pembersih wajah yang formulanya khusus untuk kulit berminyak.

Utamakan untuk memilih bahan sabun pembersih yang memiliki kandungan anti bakteri serta bebas alkali. Untuk menghindari kelembaban alami kulit terkikis, Anda harus memilih sabun dengan kandungan yang lembut untuk kulit.

Bahan lainnya yang sebaiknya ada dalam sabun pembersih wajah Anda adalah Vitamin B5. Bahan tersebut dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan membuat kulit Anda terawat dengan baik.

Gunakan Scrub secara Rutin

Penggunaan scrub jadi hal wajib bagi pemilik wajah berminyak. Anda yang punya kulit berminyak perlu melakukan scrub paling tidak 2 kali seminggu. Kulit wajah berminyak membutuhkan pembersihan yang mendalam untuk mengurangi penyumbatan pada pori-pori wajah.

Saat melakukan scrub, gosoklah wajah dengan lembut. Terlalu keras menggosok wajah akan membuat kulit Anda iritasi dan kemerahan.

Pakai Krim Wajah yang Cocok

Sama dengan sabun pembersih, krim perawatan wajah yang Anda pilih harus ramah untuk kulit berminyak. Pilihlah krim yang mudah meresap ke dalam pori-pori tapi tidak menyebabkan kulit jadi berminyak.

Usahakan untuk membeli krim wajah berbahan lidah buaya, kaya vitamin, dan mengandung asam hialuronat. Bahan tersebut dapat menutrisi wajah Anda dan membuat kulit lembab tanpa efek berminyak.

Perawatan Kulit Wajah yang Cocok untuk Kulit Wajah Sensitif

Meminum Air Lemon

Perawatan wajah tidak cukup hanya dilakukan dari luar. Perawatan kulit wajah sensitif bisa dilakukan dengan meminum air lemon secara rutin di pagi hari. Air lemon mengandung vitamin C serta kandungan antioksidan. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi efek radikal bebas yang bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah sensitif. Kandungan dalam lemon juga dapat membersihkan darah dari racun, sehingga kulit wajah jadi lebih sehat.

Pakai Tabir Surya

Saat Anda keluar rumah gunakan tabir surya minimal SPF 30 Tabir surya yang Anda pilih haruslah mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Kandungan tersebut aman untuk kulit wajah sensitif. Pemakaian tabir surya akan mencegah kulit wajah Anda terbakar akibat terik matahari. Jangan lupa untuk mengulangi pemakaian setiap beberapa jam sekali agar kulit tetap terlindungi dengan baik.

Hati-Hati dalam Menggunakan Produk untuk Kulit Wajah

Saat Anda memilih produk perawatan untuk kulit wajah, Anda harus membaca baik-baik kandungan dalam produk. Hindari produk yang mengandung alkohol, asam, pewarna, dan bahan keras lainnya. Bahan-bahan tersebut akan membuat kulit wajah Anda iritasi. Pilih produk yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi, supaya wajah Anda lebih ternutrisi.

Membersihkan Kulit Wajah dengan Susu

Susu murni tidak hanya baik untuk tulang. Susu dapat digunakan sebagai pembersih alami kulit wajah sensitif. Susu mengandung zat anti inflamasi yang mencegah kulit menjadi gatal dan kering. Kandungan nutrisi dalam susu akan melembapkan kulit Anda dengan mendalam.

Lakukan Pengelupasan Kulit Setiap Minggu

Pengelupasan kulit sangat bermanfaat untuk membersihkan sel mati. Pengelupasan juga mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang lebih sehat. Lakukan pengelupasan kulit wajah tiap Minggu. Setelah melakukan pengelupasan kulit, selalu gunakan pelembap dan serum untuk membuat kulit lebih sehat.

Perawatan Sederhana untuk Kulit Berjerawat

Sabun Pembersih yang Lembut

Ketika kulit wajah berjerawat, lakukan perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Hal ini dilakukan agar kulit berjerawat tidak iritasi dan bertambah parah. Untuk mencuci wajah, gunakan sabun berbahan lembut tanpa butiran scrub, butiran pada scrub dapat memicu jerawat jadi bertambah banyak.

Toner Berbahan Alami

Toner jadi produk yang perlu Anda gunakan. Pemakaian toner akan menjadikan kulit Anda lebih sehat dan segar. Selain itu, toner juga mengurangi produksi minyak pada wajah. Pakailah toner dengan bahan alami yang bagus untuk jerawat. Toner berbahan lemon atau tea tree oil sangat baik untuk kulit Anda.

Pelembap yang Tidak Berminyak

Kulit wajah berjerawat tetap membutuhkan pelembap, agar kulit tetap mendapat nutrisi yang mencukupi. Anda lebih baik memilih pelembap berbahan dasar air atau memiliki tekstur gel. Pelembap tersebut mudah menyerap dalam pori-pori dan tidak membuat kulit wajah jadi tambah berminyak. Salah dalam memilih pelembap akan membuat kulit makin berminyak dan membuat kulit wajah makin berjerawat.

Obat Jerawat

Anda mungkin sangat tergoda untuk segera menghilangkan jerawat Anda dengan cara memencetnya. Cara tersebut memang membuat jerawat kempis, tetapi juga memicu masalah lain pada kulit Anda yakni bekas jerawat. Supaya hal tersebut tidak terjadi, gunakan obat jerawat yang sesuai untuk kulit Anda.

Pilih Makanan Sehat

Jerawat tidak hanya disebabkan karena pengaruh dari luar tubuh tetapi juga berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan berlemak dan berminyak biasanya menjadi salah satu sumber munculnya jerawat. Makanlah lebih banyak sayur dan buah untuk mendapat cukup asupan vitamin. Selain itu, minumlah banyak air untuk membantu membersihkan racun yang menyebabkan kulit tidak sehat.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering agar Selalu Sehat

perawatan wajah cuci muka
rajin mencuci muka

Rajin Memakai Pelembap

Perawatan wajah yang utama bagi Anda pemilik kulit wajah kering adalah pemakaian pelembap. Gunakan pelembap tidak hanya sebelum menggunakan kosmetik tapi juga saat wajah sudah dibersihkan. Penggunaan setelah kulit wajah bersih dapat memaksimalkan penyerapan kandungan dalam pelembap. Pilihlah pelembap yang bertekstur krim, sebab pelembap tersebut lebih tahan lama dan bisa menambah kelembapan kulit kering.

Mencuci Muka

Kulit pada dasarnya menghasilkan minyak alami untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Bagi Anda yang punya kulit kering, minyak alami pada wajah sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Minyak ini dapat terkikis jika Anda terlalu sering mencuci wajah. Jadi pilihlah produk sabun pembersih khusus kulit kering dan kurangi frekuensi mencuci wajah dengan sabun pembersih.

Kurangi Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit menjadi hal yang harus Anda kurangi. Pengelupasan kulit terlalu sering akan membuat wajah makin kering, Lakukan pengelupasan kulit setiap seminggu sekali. Gunakan scrub berbutir halus serta tambahkan minyak zaitun atau minyak esensial, agar kulit tetap lembap dan tidak mengalami iritasi.

Perawatan wajah memang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perawatan yang benar akan membuat kulit Anda lebih sehat dan bebas masalah. Perawatan harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah yang Anda punya. Pilih juga produk perawatan kulit wajah yang memang diformulasikan sesuai jenis kulit Anda.

Baca juga : 10 Suplemen Kecantikan Untuk Wanita Di Usia 40-An

2 komentar untuk “Tips Perawatan Wajah untuk Berbagai Jenis Kulit Wajah”

  1. Pingback: Urutan Skincare Emina Pagi Dan Malam Yang Perlu Dipahami Remaja - JENGSUSAN

  2. Pingback: Manfaat Natur E Untuk Usia 40 Tahun Keatas - JENGSUSAN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top