Tokoh

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Daftar Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia; Tahukah Anda bahwa tokoh wanita, merupakan inspirasi wanita masa kini. Agar berpikiran maju dan berani...

Written by Jeng Susan · 7 min read >
Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Daftar Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia; Tahukah Anda bahwa tokoh wanita, merupakan inspirasi wanita masa kini. Agar berpikiran maju dan berani mengekspresikan diri? Wanita yang sering dicap sebagai makhluk lemah, nyatanya dapat berdiri sejajar dengan pria.

Maklum saja, di balik sifatnya yang lembut, wanita merupakan sosok yang tegar dan kuat. Bahkan, terdapat ungkapan bahwa, di balik kesuksesan seorang pria terdapat wanita yang hebat.

Ungkapan tersebut tidaklah berlebihan, sebab sejumlah wanita berhasil membuktikannya. Dan menjadi inspirasi bagi wanita lain. Malah, keberadaannya memiliki pengaruh besar bagi perkembangan dan kemajuan dunia.

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh Dalam Agama

Beberapa wanita di dunia memiliki pengaruh dalam agama yang dianutnya. Bahkan, beberapa di antaranya dikenal sebagai tokoh yang aktif menyebarkan agama. Lantas, siapa saja tokoh wanita berpengaruh dan memiliki peran penting dalam agama?.

Tokoh Wanita Agama Islam – Fatimah Binti Maimun

Makam Fatimah Binti Maimun Gersik 1082
Makam Fatimah Binti Maimun Gersik 1082 – Credit; historyofcirebon.id

Fatimah Binti Maimun merupakan tokoh perempuan penyebar agama Islam di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Fatimah Binti Maimun dikenal sebagai wanita muda yang aktif berdakwah Islam pada abad ke-11 M.

Wanita berparas cantik yang kerap dipanggil dengan sebutan  Fatimah atau Maimun ini merupakan sepupu dari Sunan Gresik, salah satu tokoh dari Wali Songo. Bersama dengan keluarganya, Fatimah Binti Maimun yang masih berusia 17 tahun datang ke Pulau Jawa dengan maksud menyebarkan agama Islam melalui perkawinan.

Berkat kecantikan dan perilakunya yang menawan, Fatimah Binti Maimun berhasil membuat salah satu raja dari Kerajaan Majapahit meminangnya. Fatimah Binti Maimun kemudian menerima lamaran tersebut dengan syarat Sang Raja harus masuk Islam.

Naas, pernikahan tersebut akhirnya batal karena Fatimah Binti Maimun terkena wabah penyakit dan meninggal dunia. Meskipun demikian, hingga kini jasa Fatimah Binti Maimun dalam menyebarkan agama Islam patut diacungi jempol dan menjadi inspirasi bagi wanita muda.

Tokoh Wanita Agama Buddha – Master Cheng Yen

Tokoh Wanita Agama Buddha – Master Cheng Yen
Master Cheng Yen – Credit; tzuchi.org.sg

Master Cheng Yen yang memiliki nama asli Wang Jin Yun lahir di QingSui, Taiwan pada tahun 1937. Master Cheng Yen adalah pendiri Yayasan Kemanusiaan Buddha Tzu Chi yang tidak memandang ras, agama, suku, ataupun negara.

Sejak kecil, Master Cheng Yen telah merasakan dan melalui banyak duka dan kesukaran sehingga membuatnya mulai bertanya-tanya tentang kehidupan. Namun, kesulitan tersebut tidak pernah membuatnya patah semangat, melainkan semakin tekun mempraktekkan ilmu agama.

Puncak titik baliknya terjadi setelah kematian sang Ayah. Master Cheng Yen bertekad untuk memperdalam ajaran Buddha dan meninggalkan kehidupan duniawi dengan menjadi seorang Bhikkuni (Biksu wanita).

Melalui Yayasan Tzu Chi dan dengan cinta kasih, Master Cheng Yen banyak menolong orang dan bergerak dalam bidang kemanusiaan. Berkat kepedulian dan cinta kasihnya, Master Cheng Yen menerima banyak penghargaan dunia. Salah satunya adalah penghargaan orang paling berpengaruh di Taiwan pada tahun 2003.

Tokoh Wanita Agama Kristen – Ester

Tokoh Wanita Agama Kristen – Ester
Asuero y Hamán en la fiesta de Ester – Credit: wikimedia.org

Wanita seringkali digambarkan sebagai sosok yang lembut dan tunduk pada peraturan. Namun, berbeda dengan tokoh Ester dalam Alkitab. Ester mendapatkan julukan “Wanita Pemberani”. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu tokoh wanita paling berpengaruh dalam agama Kristen.

Julukan tersebut didapatnya melalui proses yang tidak mudah. Ester harus mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan bangsa Yahudi, bangsanya sendiri yang terancam dimusnahkan musuh.

Kendati menyadari perannya sebagai wanita sangat kecil pada zaman itu, Ester tidak pernah menyerah dan memikirkan segala cara untuk membela bangsanya. Bahkan, ia rela mati demi membela bangsanya.

Tak heran jika hingga kini Ester menjadi salah satu wanita paling menginspirasi umat Kristiani. Iman yang kuat dan pendirian teguh serta Ester sikap kepahlawanannya membuat Ester begitu dihormati dan dicintai. Berkat semangat Ester, wanita masa kini lebih berani dalam memperjuangkan derajatnya agar setara dengan pria.

Baca juga;

Tokoh Wanita Dalam Peperangan

Tidak hanya berpengaruh dalam bidang agama, sejumlah tokoh perempuan di dunia, juga dikenal memiliki keberanian dan tak gentar melawan musuh di medan perang. Adapun tokoh wanita berpengaruh di dunia perang, antara lain sebagai berikut;

Tokoh Perang Dunia – Lyudmila Pavlichenko

Tokoh Perang Dunia – Lyudmila Pavlichenko
Lyudmila Pavlichenko – Credit: Doc. xman.idnes.cz

Lyudmila Pavlichenko adalah penembak jitu paling sukses dari Uni Soviet yang mengambil peran dalam Perang Dunia II. Saat Jerman mulai menginvansi Uni Soviet, Lyudmila Pavlichenko berhasil lolos dan menjadi bagian dari dua ribu sniper perempuan terbaik.

Lyudmila Pavlichenko sangat ahli dalam menggunakan senjata. Bahkan, Lyudmila Pavlichenko menjadi pelatih bagi penembak jitu Tentara Merah setelah tak lagi ditugaskan dalam medan perang.

Berkat kelihaiannya, Lyudmila Pavlichenko berhasil menewaskan lebih dari tiga ratus tentara fasis. Lyudmila Pavlichenko juga tercatat sebagai salah satu dari lima ratus orang yang berhasil pulang dengan selamat dari medan perang.

Tak hanya itu saja, Lyudmila Pavlichenko juga pernah didapuk menjadi juru bicara publik bagi Tentara Merah dan dipercaya sebagai delegasi Uni Soviet untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt pada tahun 1942 di Gedung Putih.

Selain keahliannya dalam menembak, Lyudmila Pavlichenko juga dikenal sebagai pribadi yang ramah. Tak heran jika Lyudmila Pavlichenko bersahabat dengan Eleanor, istri dari Presiden Franklin D. Roosevelt.  

Tokoh Nasional – Maria Ulfah

Maria Ulfah, Advokat Bagi Kaum Perempuan yang Juga Menteri Sosial Pertama RI
Maria Ulfah, Advokat Bagi Kaum Perempuan yang Juga Menteri Sosial Pertama RI – Credit: goodnewsfromindonesia.id

Jika membahas tentang tokoh perempuan dari Indonesia yang memperjuangkan hak-hak wanita, maka mungkin Anda hanya mengenal R. A. Kartini. Namun, selain Kartini masih ada tokoh pergerakan wanita lain, yakni Maria Ulfah.

Maria Ulfah merupakan anggota dari BPUPKI sekaligus pendiri organisasi Istri Indonesia dan juga penggagas persamaan hak perempuan dan laki-laki untuk dicantumkan dalam UUD 1945 sebagai hak dasar dalam sidang BPUPKI yang kedua.

Upayanya tidak sia-sia dan usulan tersebut akhirnya benar terwujud dalam Pasal 27 Ayat (1) UUD 1945. Tidak hanya itu saja, sepanjang hidupnya Maria Ulfah aktif menyuarakan masalah-masalah terkait perempuan yang dipandang rendah kala itu.

Berkat tekad dan perjuangannya, Maria Ulfah mendapat penghargaan Anugerah HAM dari Komnas Hak Asasi Manusia  pada tahun 2014.

Tokoh dalam Intelijen – Nora Baker

Nora Baker – Credit: deadladiesshow

Nora Baker atau Nora Inayat Khan adalah wanita Asia beragama Islam yang dikenal sebagai pahlawan dalam perang Muslim pertama di Inggris melawan Nazi. Ketika Jerman menginvasi Perancis, Nora Baker menjadi sukarelawan dan mengisi posisi sebagai Aircraft Woman Second Class.

Berkat kemampuannya dalam berbahasa Perancis, Nora Baker berhasil diterima dalam tim khusus yang bertugas melakukan sabotase, spionase, dan pengintaian di Eropa. Nora Baker pantang menyerah dan berani melawan Nazi sebagai agen rahasia.

Pada akhirnya usaha Nora Baker diketahui dan ditangkap oleh Jerman. Nora Baker disiksa dan tewas setelah kepalanya ditembak. Untuk memperingati perjuangan Nora Baker yang notabene adalah wanita Asia, dibuatlah patung Nora Baker di Inggris yang diresmikan pada tahun 2012.

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh Abad Millenial

Selain tokoh wanita dunia yang terkenal di dunia perang dan memiliki andil besar dalam penyebaran agama, di masa kini wanita lebih banyak berperan dalam kemajuan dunia, seperti teknologi, politik, dan juga modeling.

Adapun beberapa wanita millenial yang dianggap sebagai sosok yang menginspirasi, di antaranya sebagai berikut.

Tokoh di Dunia Teknologi – Dayu Dara

Dayu Dara Permata: Senior Vice President of GO-JEK
Dayu Dara Permata: Senior Vice President of GO-JEK – Credit: angin.id

Anda tentu pernah menggunakan aplikasi GO-JEK, bukan? Tak banyak yang tahu bahwa di balik kecanggihan aplikasi tersebut terdapat sosok cerdas Daya Daru. Wanita yang juga menjabat sebagai Vice President GO-JEK sekaligus pendiri dari GO-LIFE ini mampu mematahkan anggapan bahwa wanita tak bisa berkontribusi dalam dunia teknologi.

GO-LIFE sendiri merupakan aplikasi gaya hidup terbesar di Indonesia yang terdiri dari GO-CLEAN, GO-MASSAGE, GO-GLAM, GO-DAILY, GO-LAUNDRY, dan GO-PERTAMINA. Sementara GO-JEK adalah aplikasi digital ekonomi yang diciptakan untuk memudahkan Anda beraktivitas.

Dayu Dara memandang GO-JEK sebagai layanan efisien yang membantu masyarakat perkotaan. Tidak hanya menawarkan kemudahan perjalanan, GO-JEK juga sukses membantu mengurangi angka pengangguran hingga dua persen dengan menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Berkat kerja kerasnya, Dayu Dara masuk ke dalam “10 Inspiring Woman” versi Forbes Indonesia pada tahun 2017.  

Tokoh di Dunia Politik – Michelle Obama

Michelle Obama – Credit: stubhub.com

Siapa tak kenal Michelle Obama? Istri Barack Obama ini, merupakan salah satu tokoh wanita paling berpengaruh besar dalam dunia politik dunia. Berpikiran cerdas dan kritis, Michelle Obama tercatat sebagai pendukung utama politik dunia, khususnya Amerika Serikat.

Kendati, Michelle Obama tidak pernah menjadi senator atau presiden. Namun, Michelle Obama banyak melakukan kegiatan untuk mendukung politik Amerika Serikat. Beberapa hal yang dilakukan Michelle Obama, antara lain menggalakkan kampanye emansipasi wanita, pemilihan umum yang lebih dinamis dan transparan, dan dukungan pada kebijakan Obama selama menjabat.

Michelle Obama pun dianggap sebagai pasangan yang sempurna karena selalu menemani suaminya, Barack Obama dalam setiap kunjungan kerja di dalam maupun luar negeri.

Tokoh di Dunia Modeling – Twiggy

Tokoh di Dunia Modeling – Twiggy
Twiggy – Credit: vogue.com

Leslie Hornby yang lebih dikenal dengan sebutan Twiggy merupakan pelopor dalam dunia modeling. Bahkan Twiggy dianggap sebagai super model pertama oleh dunia. Tubuhnya yang kurus membuatnya didapuk sebagai ikon kebudayaan Inggris dan bintang pada era 60an.

Bisa dibilang, hampir semua orang mengenal Twiggy karena wajah wanita cantik ini sering menghiasi sampul majalah terkenal kala itu. Tak hanya dalam dunia modelling, Twiggy juga melebarkan sayapnya ke ranah hiburan lainnya.

Twiggy mulai merilis album dan membintangi beberapa judul film. Hingga kini, Twiggy masih dikenal sebagai seorang wanita multitalenta yang berprofesi sebagai fashion designer, aktris, penyanyi, penulis, dan presenter.

Bakatnya yang luar biasa membuat Twiggy meraih gelar kehormatan ‘Dame’ dari Ratu Elizabeth II berkat jasanya dalam dunia fashion, industri hiburan, dan kegiatan amal.

Baca juga; Kategori Public Figure

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Bidangnya;

Di dunia ini, masih banyak wanita yang dapat menginspirasi orang lain dengan kelebihan yang dimilikinya. Beberapa tokoh wanita dunia yang dianggap menonjol dibandingkan wanita lainnya, antara lain sebagai berikut.

Tokoh Paling Cantik – Bella Hadid

Bella Hadid at Cannes 2019 with a slightly lighter hair color than her typical dark hue
Bella Hadid di Cannes 2019 dengan warna rambut sedikit lebih terang dari rona gelap khasnya – Credit: pagesix.com

Tak banyak yang tahu bahwa Bella Hadid adalah wanita paling cantik di dunia. Julukan ini didapat berdasarkan ilmu pengetahuan yang dihitung secara matematis.

Wajah model cantik adik dari Gigi Hadid ini dianggap sempurna oleh ahli bedah, Julian De Silva dari Centre For Advanced Facial Cosmetic and Plastic Surgery karena pemetaan khusus mata dan dahinya yang dinilai simetris.

Dalam perhitungannya, Julian De Silva menggunakan bantuan teknologi untuk mendapatkan rasio emas dari setiap wajah artis yang ada. Bahkan, dengan teknologi canggih ini, Julian De Silva berhasil mendapatkan rahasia apa yang membuat seseorang terlihat cantik secara fisik.

Berkat perhitungan tersebut dan kecantikan fisiknya, Bella Hadid dianggap mendekati sempurna dan menjadi nomor satu mengalahkan Beyonce, Amber Heard, Ariana Grande, Taylor Swift, dan sejumlah selebritis lainnya.

Tokoh Paling Karismatik – Angela Merkel

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Angela Merkel – Credit: bundesregierung.de

Angela Merkel merupakan wanita paling berpengaruh di dunia, utamanya di dunia politik. Maklum saja, Kanselir Jerman ini memiliki ambisi yang besar untuk memajukan negaranya. Angela Merkel pun ingin menunjukkan bahwa wanita bisa memiliki peran besar yang mengubah dunia dengan tekad, keberanian, dan kemampuannya.

Karisma dan keyakinannya terhadap diri sendiri yang begitu besar membuatnya sukses memenangkan kursi pada pemilihan umum pertama pada Desember 1990 di Bundestag. Satu tahun kemudian, Kanselir Helmut Kohl menunjuk Angela Merkel sebagai menteri kabinet.

Tokoh Wanita Paling Kejam –  Ranavolana I

Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Ranavolana I – Credit: supercurioso.com

Ranavalona I dianggap sebagai wanita paling kejam yang tidak segan menghabisi nyawa orang lain. Menguasai pulau di selatan Afrika selama tiga puluh tiga tahun, Ranavola I telah membunuh lebih dari sepuluh ribu orang.

Pertumpahan darah, sombong, arogan, dan kejam merupakan gambaran yang sempurna dari  Ranavalona I.  Sebelum dicap sebagai wanita paling kejam, dulunya Ranavalona I hanyalah seorang gadis biasa. Namun, Ranavalona I diangkat sebagai keluarga kerajaan setelah ayahnya membocorkan rencana pembunuhan Andrianampoinimerina, calon raja kala itu.

Setelah diadopsi dan menjadi bagian keluarga kerajaan, Ranavalona I beradaptasi dengan cepat hingga mencapai posisi tertinggi dalam kekuasaan politik. Untuk memenuhi ambisinya akan kekuasaan mutlak, Ranavalona I tega menghabisi nyawa keluarga angkatnya yang berhak atas tahta kerajaan.

Setelah mengambil alih tahta yang bukan miliknya, Ranavalona I  menjalankan pemerintahan secara brutal. Salah satu kebijakannya yang kontroversial dan dianggap paling kejam adalah membunuh siapa pun yang terbukti melakukan praktik kekristenan.

Akibat kebijakan tersebut, lebih dari tujuh puluh lima persen populasi rakyatnya habis dibunuh dengan kejam.

Tokoh Wanita Paling Fenomenal – Sri Mulyani Indrawati

Tokoh Wanita Paling Fenomenal – Sri Mulyani Indrawati - Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Sri Mulyani Indrawati – Credit: portonews.com

Sri Mulyani Indrawati merupakan salah satu wanita paling fenomenal dan berpengaruh di Indonesia. Berkat kecerdasan dan dedikasinya, Sri Mulyani mampu menuntaskan masalah krisis moneter dengan kebijakan-kebijakan yang revolusioner.

Kepiawaiannya membuat sejumlah orang iri hingga membuat Sri Mulyani diseret paksa dalam kasus dugaan korupsi. Setelah tak terbukti bersalah, Bank Dunia menyambutnya sebagai direktur pelaksana.

Tokoh Paling Legendaris – Lady Diana

Lady Diana – Credit: timeincuk.net

Diana Spencer atau lebih dikenal sebagai Lady Diana merupakan tokoh paling legendaris di dunia. Wanita cantik kelahiran 1 Juli 1961 ini dianggap sebagai sosok yang menginspirasi. Tidak hanya dikenal karena keramahannya, Lady Diana juga dikenal karena kedermawanannya.

Wanita yang sangat mencintai anak-anak dan pernah bekerja sebagai guru TK ini memiliki mimpi untuk menciptakan dunia yang indah dan lebih baik. Istri pertama Pangeran Charles ini tak pernah absen mengikuti berbagai kegiatan sosial.

Rasa sosialnya yang tinggi membawanya menjelajahi dunia. Lady Diana disibukkan dengan kegiatan amal untuk anak-anak yang sakit. Lady Diana pun melarang penggunaan ranjau darat yang membahayakan nyawa. 

Tak hanya memiliki paras yang cantik, Lady Diana pun memiliki hati yang lembut dan hangat. Lady Diana tak pernah membedakan orang lain dan menganggap dirinya tinggi hanya karena menjadi bagian dari keluarga kerajaan.

Buktinya, Lady Diana tak takut untuk berinteraksi langsung dengan penderita HIV/AIDS dan penyakit mental. Tak heran jika hingga kini Lady Diana selalu dikenang dan dicintai, meskipun ia telah tiada lebih dari dua dekade lamanya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tokoh wanita paling berpengaruh di dunia. Yuk, sebarkan informasi ini melalui media sosial! Untuk menginspirasi banyak orang..

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *