Inspirasi, Lifestyle

Toolkit untuk Menyebarkan Kesadaran Bahaya Coronavirus

Ada banyak langkah yang bisa diambil untuk mencegah penyakit baru yaitu COVID-19. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran wabah yang semakin meluas....

Written by Jeng Susan · 2 min read >

Ada banyak langkah yang bisa diambil untuk mencegah penyakit baru yaitu COVID-19. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran wabah yang semakin meluas. Namun, tidak banyak orang melakukan langkah – langkah yang tepat untuk menangani wabah tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyampaikan informasi selama pandemi ini untuk meningkatkan kesadaran.

Wabah sangat berisiko membuat orang menjadi khawatir. Jika salah menyampaikan informasi, orang bisa stres hingga merasa kesepian. Maka, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menyampaikan informasi yang tepat dan akurat. Hal ini sebagai bentuk menyebarkan kesadaran mengenai bahaya virus ini.

Langkah Mudah Menyebarkan Kesadaran Bahaya COVID-19

Salah satu hal yang terpenting dalam penanganan coronavirus adalah mengenai penyebaran informasi. Masyarakat perlu memahami dan sadar mengenai bahaya dari virus ini. Langkah tepat dalam pencegahan juga penting untuk diketahui. Maka, berikut sederet langkah yang bisa dilakukan.

1. Mengikuti Media Sosial WHO

Sebagai organisasi kesehatan dunia, WHO adalah salah satu sumber kredibel dalam menyampaikan informasi seputar COVID-19. Anda bisa membagikan pesan yang disampaikan oleh WHO. Biasanya informasi tersebut bisa dilihat dari situs WHO atau media sosial seperti Twitter dan Instagram. Informasi yang dibagikan adalah seperti cara pencegahan penyakit, gejala penyakit hingga informasi terkini mengenai perkembangan virus.

2.Pakai U-Report

Salah satu platform digital yang bisa dimanfaatkan adalah U-Report. Dengan platform ini, Anda bisa mendapatkan update terkini mengenai kasus COVID-19 di Indonesia. Bahkan, ada fitur quiz yang bisa menguji pengetahuan kita mengenai penyakit satu ini. Uniknya lagi, Anda akan menemukan karya karya kreatif untuk membantu penyebaran informasi.

3.Buat Konten Kreatif

Pastinya Anda memiliki kreativitas tinggi dalam membuat konten di media sosial. Misalnya, cobalah untuk membuat konten mengenai cuci tangan yang benar. Anda juga bisa membuat konten yang membuat orang sadar akan pentingnya menjaga jarak. Jika membutuhkan referensi, Anda bisa melihat media sosial atau situs WHO.

4. Berikan Perhatian Kepada Orang Sekitar

Anda wajib meningkatkan kesadaran dengan cara berkomunikasi bersama orang disekitar. Coba menjelaskan tentang beberapa informasi dengan keluarga di rumah. Semua anggota keluarga harus dipastikan memahami pentingnya cuci tangan dan menjaga jarak. Beritahu cara tepat untuk mendapatkan informasi yang valid seputar coronavirus atau COVID-19.

Jika ada anggota keluarga yang sulit mendapatkan informasi ini, segera telepon dan beri informasi kepada mereka. Apalagi jika ada keluarga atau kerabat yang sedang melakukan isolasi mandiri. Tak hanya memberikan informasi penting saja, tetapi Anda harus memberikan dukungan mental agar bisa melewati masa ini.

Jika sekolah atau kampus Anda ditutup, cobalah untuk terus berkumpul secara virtual dengan teman-teman. Sesuaikan diri untuk melakukan banyak hal dengan jarak jauh. Jangan lupa beri bantuan pada teman yang merasa kesulitan dalam melakukan ini.

Buatlah kelompok kecil supaya Anda dan masyarakat mendapatkan informasi yang faktual dan akurat. Lakukan perencanaan mengenai sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan. Jangan ragu untuk menegur orang yang memberikan informasi palsu atau tidak menaati peraturan. Tapi jangan lupa juga membantu mereka agar bisa mendapatkan akses informasi yang tepat.

5. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Langkah terakhir adalah untuk tetap menjaga fisik dan mental. Jangan sampai Anda juga sakit karena masa sekarang adalah masa yang sulit. Makan makanan bergizi dan jangan lupa untuk cuci tangan. Patuhi aturan dari pemerintah seperti menjaga jarak. Jangan keluar rumah dengan alasan tidak penting. Belajar dan bekerja sebaiknya dilakukan dari rumah.

Kesehatan mental juga wajib Anda perhatikan.Luangkan waktu untuk sekedar menghibur diri seperti bermain game atau membaca buku. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan orang sekitar dan saling berbagi cerita bila mengalami kesulitan. Anda harus sehat secara fisik dan mental sebelum membantu orang lain dalam menyebarkan kesadaran dari bahaya coronavirus ini.

Itu dia sederet cara untuk membantu menyebarkan kesadaran pandemi coronavirus. Kini tak perlu khawatir jika Anda merasakan ada gangguan kesehatan. Aplikasi Halodoc siap membantu Anda berkonsultasi dengan dokter tanpa perlu keluar rumah. Cukup download aplikasi Halodoc dan rasakan berbagai fitur yang bermanfaat untuk kesehatan.

Written by Jeng Susan
Ibu rumah tangga. Hobi menulis, traveling, dan praktisi meditasi. Senang berbagi pengalaman dalam menjalani hidup. Khususnya yang berhubungan dengan dunia wanita. Tips kecantikan, kesehatan, budaya, destinasi wisata dan lainya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *