Skip to content →

Tradisi Wanita Suku Madura yang Legendaris, Penuh Filosofi

Ini Dia Tradisi Wanita Suku Madura yang Terkenal Hingga Seantero Negeri

Suku Madura sejak dahulu telah terkenal akan ramuan herbalnya yang cukup berkhasiat. Hingga wajar saja banyak yang mendatangi pulau Madura hanya untuk mendapatkan ramuan tersebut. Tidak hanya untuk kesehatan, ramuan tersebut juga baik untuk kecantikan.

Para wanita Madura dengan kecantikannya yang khas, telah punya tradisi tersendiri untuk menjaga kecantikan dan perawatan dirinya. Tradisi tersebut berasal dari nenek moyang yang selalu dijaga dan diwariskan hingga sekarang.

Penasaran bagaimana tradisi wanita suku Madura dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuhnya, simak uraian penting di bawah ini:

Photo: Indonesiaexpat

Perawatan Wajah Tradisi Wanita Suku Madura

Untuk merawat wajahnya agar tetap cantik paripurna, para wanita Madura punya resep ramuan andalan yang digunakan sebagai bedak atau lulur wajah. Ramuan tersebut terbuat dari  beras yang telah direndam kemudian dicampur dengan temu kuning dan beg ramuk yang merupakan tanaman semacam pohon sereh yang berkhasiat.

Ramuan tersebut dibentuk bundar kecil-kecil layaknya telur cicak. Ramuan ini telah terbukti dapat mempercantik dan mencerahkan wajah hingga banyak wanita lain yang memakai ramuan ini.

Perawatan Bagian Dada dan Area Intim

Tidak hanya area wajah saja yang perlu perawatan penting, wanita Madura juga memperhatikan dengan serius perawatan dada dan daerah intimnya.

Daerah dada yang mendapat perawatan serius adalah area payudara. Perawatan payudara penting dilakukan bagi wanita Madura yang memberikan Asi dengan minum ramuan kejja atau olahan daun katuk. Pemijatan juga biasanya dilakukan di area ini agar terlihat kencang.

Sedangkan daerah intim, wanita Madura sering meminum jamu sari rapet untuk menjaga kesehatan daerah tersebut dan menghilangkan keputihan.

Perawatan Rambut

Rambut adalah mahkota wanita, agar tetap terlihat bagus wanita Madura melakukan perawatan dengan menggunakan tirisan air abu dapur dan mengkudu merah. Kedua bahan tersebut terkenal berkhasiat membuat rambut menjadi subur, berkilau dan mencegah terjadinya uban.

Ketiga perawatan wanita Madura tersebut bukanlah jenis perawatan yang susah untuk dilakukan. Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan mudah dan cepat agar bisa secantik wanita Madura.

Berbicara tentang wanita Madura, tidak hanya berkutat pada kepiawaiannya dalam merawat diri. Wanita Madura juga punya banyak peran penting dalam sebuah rumah tangga. Kedudukan wanita Madura sangatlah dihormati, dilindungi dan dipelihara.

Sejak kecil mereka dididik dengan pendidikan agama yang sangat kuat, karena kultur Madura memang kental dengan keagamaan.  Pendidikan dalam sebuah rumah sangatlah penting dan beban tersebut banyak dilakukan oleh wanita. Oleh karena hal tersebut pendidikan wanita Madura sangat diperhatikan. Misalnya dengan memasukkan mereka ke pesantren agar bekal agamanya kuat.

Namun, seiring dengan kemajuan jaman, peran penting wanita Madura tidak hanya berkisar pada area rumah tangga. Peran mereka telah meluas dengan banyak berkarya di luar rumah.

Meskipun demikian hal tersebut tidak mengurangi porsi peran wanita secara utuh dalam rumah tangga. Sibuk dengan karier pun rumah tangga adalah prioritas utama.

Demikian ulasan tentang bagaimana tradisi wanita suku Madura yang piawai merawat diri dengan berbagai ramuan peninggalan nenek moyang yang bermanfaat hingga sekarang. Tradisi perawatan yang kemudian banyak diadopsi para pembuat kosmetik terkenal di Indonesia. Pun dengan peran penting wanita Madura yang tidak bisa diremehkan karena mereka adalah jantung rumah tangga.

Baca juga artikel tentang wanita lainnya →

Related Posts

Published in Intermezzo

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *