Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

TREN BERSEPEDA DI INDONESIA

Tren bersepeda

Bersepeda kini tengah menjadi tren gaya hidup sehat masyarakat di masa pandemi COVID19. Hal inilah yang sedang ramai di kalangan masyarakat. Hampir seluruh daerah di Indonesia kini melakukan aktivitas bersepeda saat pagi dan sore hari. Jalanan kini tak dipenuhi oleh kendaraan bermotor saja. Sepeda juga telah mengambil porsi pada jalanan. Bahkan tak sedikit orang – orang yang kini telah membentuk komunitas pecinta sepeda, gowes dan lainnya. Hal ini sangat timbal balik dengan kampanye kesehatan selama pandemic dimulai.

Terlebih lagi sudah empat bulan berjalan dalam kondisi yang tidak menentu.  Mulai dari gerakan di rumah saja, psbb dan lainnya yang menyebabkan masyarakat suntuk. Kini semuanya mengalihkan kesuntukan dengan bersepeda Bersama teman – teman. Terlebih lagi dengan era normal baru masyarakat merasa harus mengubah gaya hidup menjadi sehat. Bericara mengenai aktivitas bersepeda berikut manfaatnya :

MANFAAT BAGI KESEHATAN

Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat tren bersepeda yang utama ialah membuat kinerja kardiovaskular dan otot menjadi semakin optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Terlebih lagi apabila dikombinasikan dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Menurunkan risiko kanker

Terdapat Sebuah studi mengenai manfaat olahraga sepeda yang dapat mengurangi risiko kanker. Studi tersebut menjelaskan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker.

Menurunkan risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Mengikuti tren bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

Mencegah penyakit jantung dan risiko kanker

Berolahraga sepeda dapat meningkatkan detak jantung, memompa darah ke seluruh tubuh, membakar kalori, dan membatasi kemungkinan Anda kelebihan berat badan. Ini adalah salah satu pilihan bentuk olahraga yang direkomendasikan oleh National Health Service (NHS) sebagai cara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit utama seperti penyakit jantung dan kanker.

Bukti baru disajikan dalam bentuk studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow, awal tahun 2018. Para peneliti mempelajari lebih dari 260.000 orang selama lima tahun – dan menemukan bahwa bersepeda untuk bekerja dapat mengurangi risiko pengendara terkena penyakit jantung atau kanker.

MANFAAT BAGI INTELEKTUAL

Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga kerap sekali dikaitkan dapat menyehatkan otak – dan pengurangan perubahan kognitif. Sehingga dapat meminimalisir demensia pada saat tua nanti.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Studi pada tahun 2013 ditemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat  28 persen hingga 70 persen di area tertentu. Tidak hanya itu, manfaat tren bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga.

Menumbuhkan lingkaran sosial Anda

Selain dari kesehatan dan kekuatan otak terdapat manfaat lain. Sepeda merupakan olahraga yang tergolong sangat ramah. Bersepeda di sekeliling kompleks rumah memungkinan untuk menemukan orang lain yang juga menyukai bersepeda. Hal inilah yang mnejadi cikal bakal untuk menambah lingkup pertemanan. Tidak menutup kemungkinan bagi para pecinta sepeda untuk membentuk klub atau komunitas. Sehingga dapat menyesuaikan jadwal dan membuat janjian setiap pekan.

Bergabung dengan klub atau grup bersepeda adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial . Terlebih lagi pada dimensi obrolan yang sama. Tentu tiadk tertutup kemungkinan untuk menambah pengetahuan. Seperti cara pemeliharaan, aksesoris dan lainnya.

MANFAAT PSIKOLOGIS

Bersepeda meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda juga memiliki manfaat psikologis. Terlebih lagi dalam masa pandemi. Berada di dalam rumah dalam kurun waktu yang lama adalah hal yang tidak mudah bagi beberapa orang. Studi menunjukkan, orang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik memiliki tingkat kesejahteraan 32 persen lebih tinggi.Terdapat  banyak jenis olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. Bersepeda dapat membuat pelepasan dasar adrenalin dan endorfin, dan kepercayaan diri. Hal tersebutlah yang memicu kebahagiaan dan kesejatah orang yang aktif.

Dengan Bersepeda kita dapat menggabungkan sebuah aktivitas dan lingkungan luar.  Sehingga kita dapat menjelajahi dunia baru. Karena bersepeda sendiri bisa memberi waktu untuk mengatasi kekhawatiran. Sedangkan bersepeda bersama kelompok yang memperluas lingkaran sosial Anda. Dua pilihan itulah yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis seseorang.

Meredam stres

Manfaat lainnya dari bersepeda adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon inilah yang memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Apabila timbul rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran lebih tenang. Ketenangan pikiran ditambah lagi dengan pemandangan baru yang didapatkan saat bersepeda. Kondisi ini tentu  dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh. Sehingga stress dapat diredam. Dan pikiran akan istirahat sejenak.

Baca juga artikel mengenai: Kombinasi Kandungan Berbahaya dalam Skincare

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads

“Poppies Booth “ ~ Online Shop yang menjual aneka produk fashion, tas, dompet, jam tangan, sepatu, kacamata, import maupun lokal dengan kualitas terbaik dari berbagai macam merk (Branded) dengan harga yang murah.

Order & Chat :
WA ~ 081223239689 ( Fast Respon )
IG ~ grosir_poppies

Fanspage FB ~

 

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...