Connect with us

Hi, what are you looking for?

Travel

Tragedi Dan Sejarah Dibalik Tugu Bom Bali

Tugu bom bali

Monumen Bom Bali  atau biasa dikenal sebagai Tugu Bom Bali. Tugu yang menjadi bangunan yang mengingatkan para wisatawan dan masyarakat dunia terhadap peristiwa memilukan. Setelah berjalannya waktu sekitar 14 tahun kemudian, Monumen ini menjadi sebuah monumen bersejarah. Monumen ini memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tepat pada tanggal 12 Oktober 2002 terjadi peristiwa Kuta berdarah. Terjadi tragedi menakutkan yaitu meledaknya bom di beberapa tempat antara lain Paddy’s Pub, Sari Club dan dekat Kantor Konsulat AS terjadi.

Peristiwa tersebut sangat sulit dihapus dalam memori masyarat. Hal tersebut dikarenakan tragedi bom Bali banyak sekali memakan korban. Bom tersebut mengakibatkan meninggalnya 202 jiwa yaitu 38 warga negara Indonesia. Sedangkan dari mancanegara berjumlah 88 orang berwarganegara Australia, 6 warga negara swedian, 7 warga negara Amerika. Peristiwa berdarah ini  kemudian disebut sebagai Bom Bali I. Hal tersebut dikeranakan tragedi bom terjadi dua kali.

TRI HITA KIRANA

Konsep Tri Hita Kirana yang ada di Bali seperti musnah  seketika. Tri Hita Kirana memiliki makna sebagai keharmonisan manusia dengan sesamanya yang terkenal di balu. Karena konsep Tri Hita Kirana lepas begitu saja akibat tragedi bom I. Tentu tragedi ini tidak dapat dilupakan begitu saja.

Maka dari itulah pemerintah daerah Bali  tergerak untuk membangun monumen. Maka dari itulah dibangun Tugu Bom Bali. Monumen tersebut adalah monument peringatan yang diberi nama Monumen Panca Buana.

Monumen tersebut untuk mengenang Bom Bali I. Monumen tersebut menarik banyak masyarakat. Terlebih lagi pada saat tanggal 12, masyarat atau turis berkumpul di monument ini untuk mengenang tragedi bom bali.

LETAK STATEGIS  

Monumen Panca Buana ini terletak di daerah yang sangat strategis. Stategis dikarenakan letaknya berada di sekitar toko – toko dan tempat hiburan malam. Sehingga para wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencari tempat ini. Terlebih lagi tempat ini berada di jantung kota.  Hal ini dikarenakan niat membangun monument ini unuk mengenang tragedi berdarah Bom Bali I. Mengingatkan bahwa kekerasan bukan jalan yang benar dan baik.

Lokasi monumen Bom Bali atau Tugu Bom Bali ini berada di jalan Legian Kuta. Dulu sebelum Monumen ini dibangun tempat ini merupakan lokasi Paddy’s Pub. Letaknya persis di depan Sari Club. Paddy’s Pub sendiri sekarang telah direlokasi lebih ke selatan. Selain berpindah tempat Namanya pun ikut berganti. Sekarang berada di depan monumen tersebut. Nama Paddy’s Pub kini telah berubah. Berawal dengan nama Paddy’s Pub kini menjadi Paddy’s Club atau lebih terkenal dengan sebutan Paddy’s reload.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Monumen ini  diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2004 oleh Bupati Badung. Pada saat itu  sedang dijabat oleh Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi.  Seketika monumen telah menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.  Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung menempakan monumen ini menjadi pilihan utama. Walaupun pantai dan laut selalu menjadi tempat favorit. Namun monumen ini tidak kalah menarik.

DAYA TARIK

Tugu Bom Bali memiliki daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Daya tarik utama atau ikonik dari monumen Panca Buana ini tentu saja adalah plakat besar. Plakat besar ini berisi 202 nama korban yang meninggal beserta nama negara asalnya. Terdapat pepohonan hijau yang rindang dan bunga warna-warni. Tanaman dan tumbuhan itulah yang memberikan kesan indah dan cantik di sekitar monumen. Selain itu, terlihat beberapa piring sesaji yang diletakkan di sana.

Banyak sekali wisatawan asing yang mengambil waktu untuk membaca dan mengatai nama korban. Tidak hanya itu, tidak sedikit para wisatawan dari berbagai belahan dunia yang berkunjung sekadar untuk mengabadikan foto kunjungan wisata. Monumen ini memang didirikan dengan desain yang sangat menakjubkan. Tidak heran jika terdapat banyak wisatawan  tertarik untuk berfoto dengan later belakang monumen bom Bali ini.

Satu hal yang menarik dari Monumen Panca Buana adalah memiliki banyak sebutan.  Orang dalam negri biasanya menyebut monumen Bom. Bali atau Panca Buana. Sedangkan bagi wisawatan asing monument ini lebih akrab di telinga sebagai Ground Zero Monumen. Bahkan dalam website resmi Kecamatan Kuta Kabupaten Badung tercantum sebagai salah satu wisata popular.

Dari Monumen Bom Bali itu pula, terlihat bagaimana Bali mampu kembali bangkit dari kejadian pahit di masa lalu dan kembali menjadi primadona wisata Indonesia. Oleh sebab itu Tugu Bom Bali sangat bermakna.

KULINER SEPANJANG MONUMEN

Dikarenakan letak yang strategis berada di antara toko – toko. Hal tersebut menyebabkan Ground Zero Monumen ini dikelilingi banyak sekali kuliner. Mulai dari kuliner masakan nusantara hingga masakan dari belahan dunia. Sehingga apabila hendak berkunjung ke Tugu Bom Bali sangat mudah sekali untuk mencari spot kuliner.  Berikut spot kuliner yang popular dan memiliki penilaian tinggi dari para wisatawan.

Scrummy Cafe & Bakery

Bagi pecinta jenis roti dan kue tempat ini adalah juaranya. Scrummy Café and Bakery ini terletak di Jl. Umalas II No.62, Kerobokan Kelod 80361 Indonesia. Tidak perlu usaha yang banyak untuk sampai ke café ini. Scrummy Café and Bakery ini 0 km dari Tugu Bom Bali. Sangat menarik bukan. Memiliki pilihan makanan dengan cita rasa nusantara dan internasional sekaligus. Menu yang disajikanpun sangat menarik, seperti es teler cake. Sehingga akan memberikan pengalaman menarik bagi yang datang.

Don Juan Mexican Kitchen and Bar

Pencinta masakan Meksiko mana suaranya?. Don Juan Mexican Kitchen and Bar adalah juaranya. Terletak Jl. Pantai Kuta No.3 Bemo Corner, Kuta 80361 Indonesia. Tempat makan dengan sajian makanan dari negara meksiko ini sangat menggugah selera. Ditandai dengan peringkat 1 dari 11 restaurant meksiko di Kuta. Hal tersebut juga didukung dengan pilihan makanan bebas gluten, vegetarian dan vegan.

Sehingga semua kalangan dapat menikmati masakan dari Don Juan Mexican Kitchen and Bar. Memiliki menu favorite seperti margarita, burrito dan nachos yang memiliki rasa yang menakjubkan. Terlebih lagi makanan yang disajikan di sini memiliki porsi yang besar. Cocok untuk pilihan makanan keluarga dan kalian yang jalan Bersama teman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

XOXO Ice Cream

Kuliner yang ini berada di pilihan makanan penutup. Xoxo Ice Cream terletak di Jl. Poppies Lane 2, Kuta 80361 Indonesia. Berjarak sekitar 0,2 km dari Tugu Bom Bali. Sehingga untuk sampai pada istana es krim ini tidak perlu menempuh waktu yang lama. Menyediakan banyak sekali varian es krim yang fantastis inilah yang menarik banyak wisatawan. Lebih unik lagi terdapat pilihan es krim yang bebas gluten.

Sehingga bagi yang sedang menjalankan diet tidak perlu cemas untuk menyantap makanan penutup ini. Selain itu, pelayan dari XOXO Ice Cream ini sangat ramah. Hal tersebutlah yang menjadi nilai plus bagi tempat satu ini. Bagi kalian pecinta es krim dijamin tidak akan menyesal ini datang ke XOXO Ice Cream.

Baca juga mengenai: Hal Menarik Seputar Pura Ulun Danu Bratan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Culture

Tari Remo ialah sebuah kesenian warisan budaya dari propinsi Jawa Timur. Tarian tradisonal ini kerap ditampilkan dalam acara penyambutan tamu kehormatan, khususnya di Jombang....

Info

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena aliran darah menuju otak terganggu. Akibat yang ditimbulkan dari stroke yakni jaringan dan sel otak kekurangan suplay...

Inspirasi

Emansipasi wanita di Indonesia saat ini kian terasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tokoh wanita Indonesia yang berprestasi. Setelah sekian abad R.A....

Info

Cara membersihkan kamar mandi ini wajib kamu tahu jika kamu akan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan...