Begini Urutan Make Up yang Benar Untuk Kulit Berminyak Agar Riasan Wajah Tetap Menempel

urutan make up yang benar untuk kulit berminyak

Tahukah bahwa urutan make up yang benar untuk kulit berminyak ternyata bisa membantu riasan menempel dengan maksimal di wajah? Ternyata, memperhatikan urutan memakai make up adalah salah satu kunci keberhasilan agar bisa menghasilkan riasan wajah yang bagus dan tampak flawless.

Khususnya bagi pemilik kulit wajah berminyak, rasanya sungguh merepotkan ketika minyak di wajah keluar secara berlebih. Hendak menggunakan produk kecantikan apapun seolah tidak ada gunanya dan tetap saja wajah terlihat mengkilap.

Untuk itu, bagi yang ingin bermake up tanpa harus khawatir make up rusak, maka perhatikan urutan menggunakan make up khusus kulit berminyak di bawah ini:

Urutan Make Up Yang Benar Untuk Kulit Berminyak

1. Pelembab

Urutan pertama make up yang harus digunakan adalah pelembab. Apakah pelembab tidak membuat wajah yang berminyak semakin parah? Tentu saja tidak, asalkan pelembab yang dipilih sesuai dengan jenis kulit dan memang dikhususkan untuk kulit yang berminyak. Pengaplikasian pelembab yang tepat bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Adapun pelembab ini digunakan setelah membersihkan wajah menggunakan facial wash dan setelah menggunakan cleanser. Pastikan wajah kering dengan sempurna, barulah mengoleskan pelembab sesuai takaran yang ditentukan ke wajah. Oleskan secara merata ke wajah agar make up bisa menempel dengan sempurna.

2. Primer

Setelah menggunakan pelembab, tunggu beberapa menit dan biarkan pelembab meresap sempurna ke dalam pori-pori wajah. Apabila dirasa wajah sudah kering dan tidak terlalu basah, maka segera aplikasikan primer. Apa gunanya primer? Produk kecantikan ini berfungsi sebagai dasaran make up agar produk make up yang lain bisa menempel dan mudah di blend.

Khusus untuk kulit berminyak, pastikan memilih primer yang dilengkapi dengan kandungan vitamin C dan E. Kenapa? karena kandungan kedua vitamin tersebut bisa membantu mencegah produksi minyak berlebih saat make up diaplikasikan nantinya.

3. Foundation

Kemudian, urutan make up yang benar untuk kulit berminyak berikutnya adalah menggunakan foundation. Produk kecantikan satu ini juga sebaiknya dipilih yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Tidak lain agar hasil make up nantinya terlihat lebih matte dan tidak terlalu glossy.

4. Bedak Tabur

Setelah menggunakan foundation, jangan terburu menggunakan riasan mata atau lain sebagainya. Melainkan, fokuskan dulu di area T zone, yaitu dagu, hidung, bawah mata dan dahi. Tap-tap T zone dengan bedak tabur menggunakan brush berbulu lembut dengan agak tebal.

Pastikan bedak tabur tersebut menutup area T zone agar nantinya di area tersebut minyak bisa terkontrol. Biarkan beberapa saat dan pada tahap ini, bisa diselingi dengan memakai make up di area mata. Seperti memakai pensil alis, eyeshadow, eyeliner hingga memasang bulu mata.

Setelah selesai, barulah sapu-sapu bedak tabur menggunakan brush sampai area T zone terlihat bersih. Mudah ya ladies.

5. Bedak Padat

Tidak hanya cukup menggunakan bedak tabur, ketika merias wajah kulit yang berminyak maka harus menggunakan bedak padat untuk melapisi foundation. Aplikasikan bedak padat menggunakan tutul bedak atau sponged yang permukaanya halus. Ratakan dan jangan terlalu tebal agar make up di wajah tidak terasa berlapis-lapis.

6. Setting Spray

Pasca mengaplikasikan bedak padat, belum lengkap rasanya jika tidak menggunakan setting spray. Produk kecantikan ini bisa membantu make up terkunci tidak crack selama seharian. Untuk wajah berminyak, pilih setting spray yang memang dikhususkan untuk mencegah minyak di wajah keluar secara berlebih.

7. Face Paper

Terakhir, gunakan face paper di area hidung, dahi dan dagu, Tidak dapat dipungkiri, minyak di wajah memang cukup sulit dikontrol. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan make up akibat minyak di wajah, sesekali tempelkan face paper agar minyak bisa terserap.


Itulah urutan make up yang benar untuk kulit berminyak dan bisa menjaga riasan wajah tetap menempel selama berjam-jam. Penting dipahami, setelah semua make up diaplikasikan, hindari menyentuh wajah menggunakan tangan, sebab hal tersebut bisa merusak make up dan membuat wajah menjadi kotor.

Kamu bisa baca Urutan Skincare Sebelum Make Up Yang Benar, Jangan Sampai Salah! yang sudah saya posting sebelumnya, bagaimana kita merawat hingga menampilkan kulit sehat indah dan make up yang tahan lama. Urutan make up dan skincare ini berlaku untuk semua jenis kulit apapun dengan pemakaian produk yang sesuai jenis kulit kamu ya. See You

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top