Urutan Skincare Sebelum Make Up yang Benar, Jangan Sampai Salah!

urutan skincare sebelum make up

Skincare menjadi rutinitas perawatan kulit wajah yang tidak boleh diabaikan, khususnya bagi yang sering menggunakan make up. Kenapa? Sebab, penggunaan skincare sebelum make up bisa membantu wajah terlindungi dari bahan kimia dan menjaga make up lebih tahan lama. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentulah harus tahu urutan skincare sebelum make up yang benar.

Sebagaimana dijelaskan pakar kecantikan, penggunaan skincare tidak boleh asal-asalan dan harus diaplikasikan sesuai takaran yang ditentukan. Pasalnya, setiap skincare memiliki kandungan dan cara kerja yang berbeda saat sudah menyentuh kulit. Nah, apalagi jika hendak menggunakan make up, pastikan jangan sampai skincare yang digunakan tidak sesuai dengan urutan. Lantas, bagaimana urutan yang benar? Berikut ini dijelaskan:

Urutan Skincare Sebelum Make up

1. Cleanser

Hal paling penting yang harus diingat sebelum menggunakan make up adalah pastikan wajah dalam keadaan bersih. Untuk membersihkan wajah, disarankan menggunakan facial wash khusus yang sesuai dengan jenis kulit, Baru setelah itu, gunakan cleanser untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran di wajah.

Cleanser seperti apa yang mampu mengangkat sisa kotoran dan menyempurnakan penggunaan facial wash? Adalah yang mengandung gliserin, ceramide atau bahan-bahan aktif yang mampu mengangkat minyak di wajah. Apalagi setelah bangun tidur, sudah pasti wajah cenderung berminyak.

2. Toner

Urutan kedua setelah memakai cleanser adalah menggunakan toner di wajah. Produk kecantikan yang satu ini bisa membantu membersihkan hidrasi di kulit wajah pasca mencuci muka. Pasalnya, setelah cuci muka, kelembaban kulit menjadi berkurang dan akan cenderung kering.

Toner yang digunakan pun pastikan sesuai dengan jenis kulit dan jangan sampai menggunakan toner yang kandungan bahannya keras. Seperti misalnya mengandung alkohol tinggi, pemutih dan lain sebagainya. Adapun cara penggunaan toner yang benar adalah dengan meneteskan di telapak tangan, kemudian tepuk-tepuk lembut di wajah.

3. Serum

Usai menggunakan toner, jangan terburu mengaplikasikan make up. Masih ada tahapan skincare berikutnya. Apa itu? yaitu serum. Skincare satu ini akan membantu kulit wajah menjadi lebih lembab dan ternutrisi sepanjang hari saat menggunakan make up nantinya.

Namun, pastikan juga memilih serum yang kandungannya sesuai dengan kulit wajah. Kenapa? Tentunya agar make up yang sudah diaplikasikan tidak rusak dan tahan lama.

Tidak hanya untuk menjaga kelembaban kulit saat dipoles make up, serum juga bisa membantu kulit terhindar dari penuaan dini. Bahkan, serum yang tepat dan cocok di kulit bisa mencegah kulit wajah dari paparan sinar matahari, sehingga sekalipun bermake up, wajah tidak akan merasa terbakar.

4. Moisturizer

Urutan skincare sebelum menggunakan make up yang berikutnya adalah pelembab atau moisturizer. Skincare satu ini sudah pasti tidak asing didengar, bahkan sudah banyak yang menggunakannya. Lantas, apa pentingnya menggunakan pelembab sebelum mengaplikasikan make up?

Tidak lain adalah untuk mengunci semua kandungan skincare yang sudah digunakan sebelumnya. Serta, pelembab juga bisa menjaga ketahanan make up agar tidak crack atau mengelupas akibat kulit kering. Nah, penting diketahui juga, bagi yang kulit wajahnya berminyak, pastikan memilih pelembab khusus agar produksi minyak bisa terkontrol.

5. Sunscreen

Urutan terakhir skincare yang sangat tidak boleh diabaikan adalah sunscreen. Skincare satu ini harus diaplikasikan terakhir sebelum menggunakan make up agar wajah aman dari paparan sinar matahari. Serta, membuat wajah tidak belang saat make up dihapus.

Itulah urutan skincare sebelum make up yang benar dan harus diperhatikan. Jangan sampai urutan di atas digunakan dengan asal-asalan atau terlewat salah satunya. Sebab, nantinya akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah, bahkan bisa berpotensi merusak make up yang diaplikasikan. Semoga informasi di atas membantu, ya!

Informasi lainnya Teknologi Mikrodermabrasi Diamond Efektif Meremajakan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top